11 Cara Meninggikan Badan Tanpa Obat Peninggi Badan

Siti Nur Aeni
28 Oktober 2021, 07:47
11 Cara Meninggikan Badan Tanpa Obat Peninggi Badan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Basket menjadi salah satu olahraga yang bisa meninggikan badan

Tinggi badan menjadi hal yang cukup penting. Sebab untuk beberapa keperluan, tinggi badan seringkali menjadi persyaratan. Tak heran jika kemudian banyak orang mencari cara meninggikan badan.

Sejatinya tinggi merupakan faktor genetik warisan orang tua. Namun faktor lingkungan juga bisa berpengaruh terhadap tinggi badan seseorang. Misalnya seseorang yang memiliki orang tua postur tubuh kecil namun karena ia rajin olahraga, maka tidak menutup kemungkinan ia memiliki postur lebih tinggi dari orang tuanya.

Advertisement

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Untuk mendapatkan tinggi badan sesuai keinginan, ada beberapa cara alami yang bisa ditempuh. Mengutip dari hellosehat.com dan alodokter.com, berikut ini beberapa cara cepat meninggikan badan secara alami.

1. Memperbaiki postur tubuh

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaiki postur tubuh. Kebiasaan berdiri, duduk, hingga tidur yang kurang benar bisa menyebabkan postur tubuh menjadi terlihat lebih pendek. Misalnya saat seseorang terbiasa membungkung, tentu akan membuat postur tubuhnya menjadi kurang proposional.

Agar memiliki tinggi badan sesuai dengan yang diinginkan, maka memperbaiki postur tubuh menjadi hal yang penting. Biasakan untuk duduk dengan sikap yang benar dan berjalan dengan tegap agar badan terlihat lebih jenjang.

2. Istirahat cukup

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan, istirahat yang cukup juga bisa membantu pertumbuhan tinggi badan. Pada anak-anak dan remaja cara ini sangat ampuh untuk diterapkan apabila ingin mendapatkan tinggi badan yang ideal.

Hal tersebut dikarenakan saat istirahat atau tidur energi akan terisi kembali. Energi tersebut sangat berguna selama proses pertumbuhan dan perkembangan. Adapun waktu istirahat yang ideal sesuai dengan usia seseorang sebagai berikut.

  • Bayi berusia 0 – 3 bulan                               : 14 – 17 jam
  • Bayi berusia 3 –1 1 bulan                              : 12 – 17 jam
  • Balita berusia 1 – 2 tahun                            : 11 – 14 jam
  • Balita berusia 3 – 5 tahun                           : 10 – 13 jam
  • Anak berusia 6 – 13 tahun                           : 9 – 11 jam
  • Remaja berusia 14 – 17 tahun                     : 8 – 10 jam
  • Orang dewasa berusia 18 – 64 tahun      : 7 – 9 jam

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Makanan menjadi faktor eksternal yang dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang. Asupan makanan sehat dan bergizi seimbang bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan menjadi hal penting.

Cara meninggikan badan melalui makanan yakni dengan mencukupi beberapa nutrisi seperti protein, vitamin D, dan kalsium. Beberapa makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut antara lain buah dan sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, makanan laut, tahu, tempe, telur, serta susu dan produk olahannya.

Untuk kasus malnutrisi atau gangguan hormon pertumbuhan terkadang diperlukan suplemen tambahan. Namun pemberian suplemen tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

4. Menguatkan otot tubuh

Cara meninggikan badan dengan cepat berikutnya yaitu dengan menguatkan otot tubuh. Bagian otot tengah diketahui bisa memebantu mempertahankan postur tubuh sehingga lebih terlihat lebih tinggi. Jika otot tersebut terlalu melemah maka, seiring berjalannya waktu postur tubuh menjadi membungkuk.

Adapun otot-otot yang harus diperkuat yaitu otot di area perut dan otot di sepanjang tulang belakang. Cara untuk mengencangkan otot tersebut bisa dengan latihan push up dan plank secara rutin.

Cara Meninggikan Badan dengan Olahraga

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tinggi badan yaitu dengan melakukan latihan fisik. Menurut penjelasan di hellosehat.com, ada setidaknya tujuh jenis olahraga yang bisa meninggikan badan. Olahraga apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Basket

Cara meninggikan badan dengan olahraga basket nampaknyan bukan menjadi rahasia lagi. Saat bermain olahraga ini, Anda harus berlari dan melompat. Kedua gerakan tersebut diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke dalam lempeng pertumbuhan. Sehingga secara tidak langsung kedua gerakan tersebut bisa merangsang pertumbuhan

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement