11 Cara Meninggikan Badan Tanpa Obat Peninggi Badan

Bagi sebagian orang tinggi badan menjadi hal yang penting. Maka tak heran jika banyak orang mencari cara meninggikan badan dengan mudah dan cepat.
Image title
28 Oktober 2021, 07:47
11 Cara Meninggikan Badan Tanpa Obat Peninggi Badan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Basket menjadi salah satu olahraga yang bisa meninggikan badan

Tinggi badan menjadi hal yang cukup penting. Sebab untuk beberapa keperluan, tinggi badan seringkali menjadi persyaratan. Tak heran jika kemudian banyak orang mencari cara meninggikan badan.

Sejatinya tinggi merupakan faktor genetik warisan orang tua. Namun faktor lingkungan juga bisa berpengaruh terhadap tinggi badan seseorang. Misalnya seseorang yang memiliki orang tua postur tubuh kecil namun karena ia rajin olahraga, maka tidak menutup kemungkinan ia memiliki postur lebih tinggi dari orang tuanya.

Cara Meninggikan Badan Secara Alami

Untuk mendapatkan tinggi badan sesuai keinginan, ada beberapa cara alami yang bisa ditempuh. Mengutip dari hellosehat.com dan alodokter.com, berikut ini beberapa cara cepat meninggikan badan secara alami.

1. Memperbaiki postur tubuh

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan memperbaiki postur tubuh. Kebiasaan berdiri, duduk, hingga tidur yang kurang benar bisa menyebabkan postur tubuh menjadi terlihat lebih pendek. Misalnya saat seseorang terbiasa membungkung, tentu akan membuat postur tubuhnya menjadi kurang proposional.

Agar memiliki tinggi badan sesuai dengan yang diinginkan, maka memperbaiki postur tubuh menjadi hal yang penting. Biasakan untuk duduk dengan sikap yang benar dan berjalan dengan tegap agar badan terlihat lebih jenjang.

2. Istirahat cukup

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan, istirahat yang cukup juga bisa membantu pertumbuhan tinggi badan. Pada anak-anak dan remaja cara ini sangat ampuh untuk diterapkan apabila ingin mendapatkan tinggi badan yang ideal.

Hal tersebut dikarenakan saat istirahat atau tidur energi akan terisi kembali. Energi tersebut sangat berguna selama proses pertumbuhan dan perkembangan. Adapun waktu istirahat yang ideal sesuai dengan usia seseorang sebagai berikut.

  • Bayi berusia 0 – 3 bulan                               : 14 – 17 jam
  • Bayi berusia 3 –1 1 bulan                              : 12 – 17 jam
  • Balita berusia 1 – 2 tahun                            : 11 – 14 jam
  • Balita berusia 3 – 5 tahun                           : 10 – 13 jam
  • Anak berusia 6 – 13 tahun                           : 9 – 11 jam
  • Remaja berusia 14 – 17 tahun                     : 8 – 10 jam
  • Orang dewasa berusia 18 – 64 tahun      : 7 – 9 jam

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Makanan menjadi faktor eksternal yang dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang. Asupan makanan sehat dan bergizi seimbang bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan menjadi hal penting.

Cara meninggikan badan melalui makanan yakni dengan mencukupi beberapa nutrisi seperti protein, vitamin D, dan kalsium. Beberapa makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut antara lain buah dan sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, makanan laut, tahu, tempe, telur, serta susu dan produk olahannya.

Untuk kasus malnutrisi atau gangguan hormon pertumbuhan terkadang diperlukan suplemen tambahan. Namun pemberian suplemen tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

4. Menguatkan otot tubuh

Cara meninggikan badan dengan cepat berikutnya yaitu dengan menguatkan otot tubuh. Bagian otot tengah diketahui bisa memebantu mempertahankan postur tubuh sehingga lebih terlihat lebih tinggi. Jika otot tersebut terlalu melemah maka, seiring berjalannya waktu postur tubuh menjadi membungkuk.

Adapun otot-otot yang harus diperkuat yaitu otot di area perut dan otot di sepanjang tulang belakang. Cara untuk mengencangkan otot tersebut bisa dengan latihan push up dan plank secara rutin.

Cara Meninggikan Badan dengan Olahraga

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tinggi badan yaitu dengan melakukan latihan fisik. Menurut penjelasan di hellosehat.com, ada setidaknya tujuh jenis olahraga yang bisa meninggikan badan. Olahraga apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Basket

Cara meninggikan badan dengan olahraga basket nampaknyan bukan menjadi rahasia lagi. Saat bermain olahraga ini, Anda harus berlari dan melompat. Kedua gerakan tersebut diketahui dapat meningkatkan aliran darah ke dalam lempeng pertumbuhan. Sehingga secara tidak langsung kedua gerakan tersebut bisa merangsang pertumbuhan

Selain itu, saat bermain basket Anda juga harus melompat secara konsisten yang membuat tubuh melayang vertikal di udara dengan melawan gravitasi. Kondisi tersebut ternyata bisa meregangkan otot dan saat mendarat, tubuh akan mengalami kontaksi. Hal inilah yang menyebabkan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.

2. Berenang

Olahraga lainnya yang dipercaya bisa meningkatkan tinggi badan yaitu berenang. Olahraga ini bisa memperkuat tulang belakang dan membantu membentuk postur tubuh yang baik.

Saat berenang otot tubuh akan bergerak. Ketika berada di dalam air tubuh juga harus bergerak melawan gravitasi. Hal tersebut berarti dada dan tubuh bagian atas akan melakukan peregangan dan kontraksi secara kontras. Gerakan tersebut yang bisa meningkatkan pertumbuhan tubuh.

3. Bersepeda

Cara meninggikan badan lainnya yaitu dengan bersepeda. Olahraga ini mengharuskan tubuh bagian bawah mendapatkan tugas berat. Hal tersebut bisa meningkatkan aliran darah di sekitar lutut dan otot paha yang dapat merangsang pertumbuhan.

Bersepeda juga bisa membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk memasok darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian tubuh bagian atas menjadi lebih kuat dan bisa meningkatkan pertumbuhan.

4. Sepak bola

Olahraga sepak bola menjadi favorit banyak orang. Olahraga yang dimainkan 11 orang ini memang selalu menarik perhatian banyak pasang mata. Selain menyenangkan, olahraga ini juga bisa meningkatkan pertumbuhan.

Sepak bola mengharuskan pemainnya untuk berlari. Kegiatan ini membuat otot lutut dan paha meregang sehingga membantu pertumbuhan.

Gerakan sepak bola lainnya yang berperan dalam meningkatkan tinggi badan yaitu menyundul, menggiring bola, dan menghindari lawan. Saat gerakan tersebut dilakukan maka lempeng pertumbuhan dapat menerima darah kaya oksigen dan hormon pertumbuhan. Dengan demikian tinggi badan bisa meningkat.

5. Yoga

Cara cepat meninggikan badan juga bisa dilakukan melalui yoga. Olahraga ini memiliki beberapa gerakan yang bisa menambah tinggi badan. Gerakan tersebut antara lain mountain pose, triangle pose, tree pose, Surya Namaskar, dan gerakan lain.

Pose dalam yoga juga bisa memperbaiki postul tubuh sehingga penampilan lebih proporsional. Yoga juga bisa menghilangkan stres dan ketegangan pada otot dan sendiri. Saat hal tersebut hilang, maka hormon pertumbuhan bisa mengalir lebih baik.

6. Lompat tali

Permainan masa kecil ini ternyata bisa menjadi salah satu cara meninggikan badan. Melompat akan membuat tubuh meregang dan berkontraksi sehingga bisa membantu meninggikan badan.

Selain itu, di telapak kaki juga diketahui memiliki banyak saraf yang berhubungan dengan tubuh bagian atas. Saat Anda bermain lompat tali, maka otot bagian telapak kaki akan meregang dan berkontraksi. Gerakan tersebut membuat peningkatan hormon pertumbuhan yang bermanfaat untuk menambah tinggi badan.

7. Bergelatung

Gerakan bergelantung ini bisa membantu meluruskan dan memanjangkan bagian tulang belakang. Bergelantung juga mendorong kita untuk melakukan pull up. Aktivitas ini bisa dilakukan di rumah. Namun pastikan tempat bergelantung  bisa menahan berat badan Anda. Aktivitas fisik ini dapat dilakukan sekitar 10 menit per hari.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait