19 Manfaat Kemiri untuk Kesehatan, Rambut, dan Kecantikan

Siti Nur Aeni
29 Oktober 2021, 11:20
Kemiri adalah rempah-rempah yang memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh
medkomtek.com
Kemiri adalah rempah-rempah yang memiliki banyak nutrisi dan bermanfaat bagi tubuh

Kemiri atau Aleurites moluccana merupakan tumbuhan yang bijinya biasa digunakan untuk sumber minyak dan rempah-rempah. Menurut Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gajah Mada, disebutkan bahwa tanaman ini memiliki berbagai nama daerah.

Nama-nama tersebut antara lain Kereh (Aceh), Hambiri (Batak), Buah koreh (Minangkabau), Kemiri (Melayu, Jawa), Muncang (Sunda), Kameri (Bali), Kawilu (Sumba), Sapiri (Makasar), Sakete (Ternate), Engas (Ambon),  dan Hagi (Buru). 

Tanaman rempah ini tersebar di berbagai daerah tropis. Tinggi tanamannya bisa mencapai 15 – 25 meter. Daun berwarna hijau pucat dan memiliki biji berdiameter 4 – 6 cm. Biji tanaman ini memiliki lapisan pelindung yang keras dan banyak mengandung minyak.

Kandungan Kemiri

Kemiri sudah sejak dahulu digunakan untuk berbagai keperluan. Rempah-rempah yang satu ini diketahui memiliki berbagai kandungan senyawa aktif. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 g kemiri diketahui memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut.

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan

Kandungan dalam kemiri menjadikannya bermanfaat bagi kesehatan. Mengutip dari hellosehat.com dan sehatq.com, berikut ini beberapa manfaat kemiri.

1. Memelihara kesehatan jantung

Kemiri bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Kalium dalam rempah ini juga diketahui memberikan efek relaksasi dinding pembuluh darah. Sehingga aliran darah lebih lancar. Dengan demikian, kinerja jantung menjadi lebih ringan.

2. Baik bagi pencernaan

Manfaat kemiri untuk kesehatan lainnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Kemiri mengandung serat dan minyak yang berperan sebagai pencahar ringan. Rutin mengkonsumsi rempah ini dipercaya bisa melancarkan buang air besar. Rempah ini juga bersifat antimikroba yang berguna mencegah diare.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Sama halnya dengan rempah lainnya, hambiri juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahya radikal bebas. Antioksidan tersebut dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit infeksi seperti flu.

4. Mengatasi eksim

Eksim merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti bahan kimia, paparan sinar matahari, bakteri, jamur, dan berbagai pemicu lain. Alergi kulit ini ditandai dengan munculnya warna kemerahan dan rasa gatal pada kulit.

Biasanya eksim diobati dengan menggunakan salep khusus. Namun ternyata kemiri juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit ini. Rempah-rempah ini dapat mencegah gatal, melembapkan kulit, dan mengatasi peradangan.

Selain mengatasi eksim, rempah ini juga dipercaya bisa melawan gejala penyakit kulit lainnya. Misalnya rosacea dan psoriasis.

5. Menyembuhkan luka

Manfaat kemiri untuk kesehatan lainnya yaitu bisa menghilangkan rasa sakit, melindungi luka, menghilangkan pembengkakan, dan menyembuhkan luka bakar. Minyak ini bisa diserap dengan mudah dan membentuk lapisan pelindung kulit.

Kandungan asam alfa linoleat dan asam linoleat berperan penting dalam hal ini. Kedua senyawa aktif tersebut dapat menjaga kulit tetap sehat dan bernutrisi.

6. Menyembuhkan gigitan serangga

Selain bisa mengatasi luka, rempah-rempah ini juga dapat menyembuhkan luka akibat gigtan serangga. Anda bisa memanggang kemiri bersama kunyit kemudian tumbuk sampai halus. Kemudian letakkan di bagian kulit yang tergigit serangga.

7. Mencagah kanker

Mengutip dari Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gajah Mada, kemiri juga mengandung senyawa anti kanker. Korteks rempah ini mengandung tanin yang berperan sebagai imunostimulan dengan meningkatkan sekresi Tumor Necrosis Factor. Selain itu rempah-rempah ini juga berperan sebagai antiproliferatif yang menginduksi apoptosis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...