19 Bumbu Dapur Nusantara dan Manfaatnya

Bumbu dapur merupakan bahan tambahan dalam masakan yang dapat menambah cita rasa dan aroma makanan. Bumbu dapur yang umumnya berasal dari rempah juga memberukan banyak manfaat untuk kesehatan.
Image title
1 November 2021, 20:57
Beberapa bumbu dapur yang biasanya digunakan dalam masakan Indonesia
pixabay.com
Beberapa bumbu dapur yang biasanya digunakan dalam masakan Indonesia

Bumbu dapur menjadi hal yang tak bisa lepas bagi masyarakat Indonesia. Bumbu ini biasanya berasal dari tanaman rempah yang banyak tumbuh di Nusantara. Makanan khas Indonesia memang tidak bisa lepas dari rempah yang menjadi bumbu andalannya. Aroma dan rasa yang kuat membuat cita rasa masakan Indonesia selalu sedap saat dinikmati.

Bumbu masakan ini ternyata sangat banyak jenisnya. Secara umum macam-macam bumbu dapur terbagi dalam tiga kelompok. Yakni bumbu dapur kering, basah, daun, dan batang. Apa saja jenis rempah yang masuk dalam keempat kelompok tersebut? Mengutip dari buku “Mari Mengenal Bumbu Nusantara", berikut penjelasannya.

Nama-nama Bumbu Dapur Kering

1. Cengkih

HARGA CENGKEH TURUN
Gambar bumbu dapur cengkih (ANTARA FOTO/Akbar Tado/hp.)

 

Tanaman ini sudah menjadi primadona sejak dahulu. Cengkih atau cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa. Rempah ini memiliki rasa yang tajam, kuat, dan pedas. Aromanya juga membuat masakan semakin nikmat.

Advertisement

Umumnya cengkih digunakan untuk makanan seperti gulai, kari, dan nasi kebuli. Namun rempah ini juga sering dijadikan topping kue nastar, bolu, dan olahan kue lainnya.

Bagi kesehatan rempah ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Dalam laman hellosehat.com, disebutkan bahwa manfaat cengkih untuk kesehatan antara lain mencegah kanker, membunuh bakteri penyebab penyakit, memelihara kesehatan hati, menjaga tulang, obat maag, dan mengontrol kadar gula darah.

2. Lada

Merica
Merica (Unsplash/Christina Rumpf)

 

Lada atau merica merupakan bumbu dapur yang banyak tumbuh di Indonesia. Negara kita diketahui menjadi penghasil lada terbesar di dunia. Tanaman ini mendapat juludkan The King of Spice karena sudah banyak dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Ada dua jenis lada yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur yaitu lada putih dan hitam. Lada putih berasal dari lada tua yang sudah dikupas lalu dikeringkan. Sedangkan lada hitam merupakan merica yang tidak dikupas lalu dikeringkan.

Manfaat merica menurut penjelasan dalam laman SehatQ, bisa melancarkan pernapasan, mencegah kanker, menurunkan gula darah, meredakan radang sendi, menjaga kesehatan otak, dan menurunkan kolesterol.

3. Ketumbar

Ketumbar
Ketumbar (unsplash.com/Mockupo)

 

Bumbu dapur dan manfaatnya selanjutnya yang hampir selalu digunakan dalam masakan Indonesia yaitu ketumbar. Bumbu masakan ini memiliki bentuk seperti lada hanya saja teksturnya lebih kasar dan ringan. Ketumbar biasanya digunakan untuk membumbui daging, ikan, telur, dan sayur berkuah.

Ketumbar memberikan aroma segar dan tajam pada masakan. Selain itu, manfaat ketumbar menurut penjelasan dalam alodokter.com dapat mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kadar gula, memelihara kesehatan jantung, melawan radikal bebas, dan mencegah infeksi.

4. Pala

Buah Pala
Buah Pala (pixabay.com)

 

Pala merupakan rempah khas Indonesia yang biasanya ditambahkan dalam masakan. Rempah yang satu ini memberikan aroma yang tajam sehingga membuat masakan semakin nikmat. Salah satu masakan yang biasanya menggunakan buah pala yaitu semur.

Selain berguna untuk memberikan aroma pada masakan, manfaat pala lainnya juga bisa untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut penjelasan di hellosehat.com, buah pala bisa meningkatkan kesehatan otak, mengurangi rasa sakit, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mulut, dan beragam manfaat lainnya.

5. Kemiri

Kemiri
Kemiri (medkomtek.com)

 

Bumbu dapur lainnya yang juga selalu digunakan dalam masakan tradisional yaitu kemiri. Bumbu masakan ini bisa memberikan rasa gurih yang membuat masakan semakin nikmat. Selain itu, manfaat kemiri juga bisa digunakan untuk sampo atau sabun. Karena kandungan dalam rempah ini dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Macam-macam Bumbu Dapur Basah

1. Bawang Putih

Gambar bawang putih
Gambar bawang putih (pixabay.com)

 

Bumbu daput basah pertama yang hampir selalu ada di setiap masakan yaitu bawang putih. Bumbu yang satu ini terkenal dengan cita rasa dan aroma yang khas. Biasanya bawang putih digunakan dengan cara diiris, digeprak, atau dihaluskan.

Selain memberikan aroma yang khas, manfaat bawang putih juga sangat beragam. Menurut penjelasan di hellosehat.com, bawang putih bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, memelihara jantung, mencegah kanker, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

2. Bawang Merah

HARGA BAWANG MERAH NAIK
Gambar bumbu dapur bawang merah (ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.)

 

Kelompok bawang lainnya yang juga biasa digunakan sebagai bumbu masakan yaitu bawang merah. Umbi yang satu ini juga memiliki rasa dan aroma yang khas. Bawang merah bahkan sering dikonsumsi saat masih mentah, misalnya dibuat acar atau sambal. Bawang merah juga cocok untuk dijadikan topping makanan setelah diolah menjadi bawang goreng.

Sama halnya dengan bawang putih, manfaat bawang merah untuk kesehatan juga sangat beragam. Melansir dari klikdokter.com, beberapa manfaat dari bawang merah antara lain; memelihara kesehatan jantung, sebagai anti alergi, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga pencernaan, mengontrol gula darah, menjaga kepadatan tulang, dan mencegah kanker.

3. Jahe

Jahe
Jahe (Pexels/Daniel Dan)

 

Rempah-rempah yang satu ini sudah sangat populer sejak dahulu. Jahe biasanya digunakan untuk membuat minuman yang bermanfaat untuk menghangatkan badan. Sebagai bumbu dapur, jahe memberikan aroma khas pada masakan. Biasanya jahe digunakan dalam masakan seperti kari ayam dan kari ikan.

Jahe yang biasanya digunakan dalam masakan yaitu jahe kuning. Jahe ini memberikan aroma khas dan bisanya diolah dengan cara diiris tipis atau digiling. Sementara itu jenis jahe lainnya yakni jahe merah lebih sering digunakan untuk obat herbal.

4. Kencur

Kencur.
Kencur. (Pexels.com/Joris Neyt.)

 

Bumbu dapur dan manfaatnya selanjutnya yaitu kencur. Bumbu ini biasanya ada dalam makanan khas sunda seperti seblak. Kencur memberikan aroma yang khas yang menjadikan makanan semakin nikmat. Selain itu, rempah yang satu ini juga mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang bermanfaat sebagai stimulan.

5. Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh
Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh (pixabay.com)

 

Bumbu masakan berwarna kuning ini memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Kunyit bermanfaat untuk menghilangkan bau amis, memberikan warna alami, dan mengawetkan makanan. Kunyit biasanya diolah bersama bumbu lain untuk dijadikan bumbu kuning. Kunyit biasanya digunakan dalam masakan seperti gulai dan rendang.

6. Lengkuas

Ilustrasi Lengkuas
Ilustrasi Lengkuas (iStock)

 

Rimpang lainnya yang biasa diguanakn sebagai bumbu dapur yaitu lengkuas. Bumbu ini memiliki tesktur mirip jahe namun kulitnya terang kemerahan. Daging lengkuas juga lebih keras dibandingkan rimpang lainnya. Sehingga lengkuas biasanya harus digeprek terlebih dahulu sebelum dgunakan. Lengkuas biasanya ditambahkan dalam beberapa masakan seperti rendah untuk memberikan cita rasa yang khas dan sedap.

7. Cabai Merah

HARGA CABAI NAIK DI KENDARI
Gambar bumbu dapur cabai merah (ANTARA FOTO/Jojon/wsj.)

 

Cabai juga masuk dalam daftar bumbu dapur nusantara yang banyak digunakan. Cabai terdiri atas dua macam yaitu cabai merah besar dan cabai merah keriting. Bumbu masakan yang satu ini bermanfaat untuk memberikan rasa yang pedas. Biasanya cabai ditambahkan dalam masakan seperti balado, rica-rica, atau diolah menjadi aneka sambal.

Nama-nama Bumbu Dapur Daun

Kategori selanjutnya yaitu bumbu daun. Seperti namanya, bumbu dapur ini berbentuk dedaunan yang biasanya ditambahkan dalam masakan Indonesia. Berikut ini beberapa bumbu masakan dari kelompok dedaunan.

1. Daun Bawang

Daun bawang
Daun bawang (pexels.com/eva-elijas)

 

Daun bawang atau bawang daun merupakan tanaman yang biasanya ditambahkan dalam berbagai masakan. Misalnya sebagai campuran telor dadar, martabak, sup, soto, dan olahan lainnya. Bawang daun memiliki aroma khas yang bisa menggugah selera makan.

Selain digunakan sebagai penyedap rasa, bawang daun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti memelihara kesehatan jantung, menjaga daya tahan tubuh, mangatasi anemia, antioksidan, antibakteri, dan beragam manfaat lainnya.

2. Daun Jeruk

Gambar daun jeruk dan jeruk segar
Gambar daun jeruk dan jeruk segar (pixabay.com)



Daun jeruk juga bisanya ditambahkan dalam berbagai masakan karena memiliki aroma yang harum. Daun jeruk yang sering digunakan biasanya berasal dari daun tanaman jeruk purut. Bumbu masakan ini bisanya ditambakan dalam masakan seperti soto atau diolah bersama sambal.

Dalam dunia medis, daun jeruk juga ternyata memiliki beberapa manfaat. Menurut penjelasan dalam hellosehat.com, daun jeruk diketahui bisa menjaga kesehatan mulut, mengurangi peradangan, menjaga kesehatan rambut, membasmi kutu, dan memberikan sensasi rileksasi.

3. Daun Salam

daun salam
daun salam (pixabay.com)

 

Bumbu dapur selanjutnya yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan yaitu daun salam. Daun ini memiliki bisa memberukan aroma yang khas dan membuat cira rasa makanan semakin sedap. Daun salam biasanya digunakan dalam masakan daging, ikan, dan berbagai olahan makanan lain.

Daun salam juga bisa memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Mengutip dari hellosehat.com, beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan antara lain bisa mengobati rematik, maag, telat haid, sakit perut, dan berbagai manfaat lainnya.

4. Kemangi

Manfaat Daun Kemangi
Manfaat Daun Kemangi (pixabay.com)

 

Kemangi merupakan terna kecil yang daunnya biasa dikonsumsi sebagai lalap. Daun kemangi memiliki aroma khas yang kuat. Selain sebagai lalap, kemangi juga biasa ditambahkan dalam berbagai masakan.

Daun kemangi mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam situs hellosehat.com, disebutkan kemangi bermanfaat untuk meredakan stres, melawan radikal bebas, mencegah demam berdarah, menghilangkan bau mulut, dan berbagai manfaat lainnya.

5. Seledri

Seledri
Seledri (pixabay.com)

 

Seledri merupakan sayuran daun dan tanaman obat yang biasa digunakan untuk bumbu masakan. Seledri memiliki aroma khas yang dapat melengkapi rasa dan aroma pada makanan. Biasanya seledri ditambahkan untuk melengkapi makanan berkuah seperti sup dan bakso. Namun ada juga yang menjadikan daun seledri untuk lalap.

Seledri diketahui mengandung serat, magnesium, dan kalium yang dapat mengatur tekanan darah. Selain itu, kandungan nitrat dalam seledri juga dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung.

Dalam website hellosehat.com, seledri juga dipercaya bisa menurunkan kolesterol, mencegah peradangan, memelihara kesehatan hati, mencegah dehidrasi, dan berbagai manfaat lain.

Macam-macam Bumbu Dapur Batang

1. Serai

Serai
Serai (Pixabay.com/sti300p)

 

Bumbu dapur kelompok bumbu batang yang pertama yaitu serai. Rempah yang satu ini bisa memberikan rasa segar pada masakan. Maka tak heran jika serai sering ditambahkan dalam sayuran dan masakan dari ikan.

Menurut penjelasan di hellosehat.com, serai bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti mengobati insomnia, memberikan efek menenangkan, mencegah kolesterol naik, dan berbagai manfaat lain.

2. Kayu Manis

Kayu Manis
Kayu Manis (Pixabay)

 

Kayu manis merupakan jenis rempah yang memiliki aroma khas, rasa manis, dan pedas. Kayu manis biasanya ditambahkan dalam beberapa masakan dan minuman. Menurut penjelasan di halodoc.com, kayu manis juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat kayu manis antara lain dapat mencegah risiko diabetes, mengatasi nyeri haid, mencegah risiko peradangan, meningkatkan kolesterol baik, dan berbagai manfaat lain.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait