Ketahui Ganjil Genap di Jakarta Selama PPKM Level 1

Siti Nur Aeni
5 November 2021, 10:44
Ketahui Ganjil Genap di Jakarta Selama PPKM Level 1
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Petugas gabungan dari Dishub Kota Bogor, Polresta Bogor Kota, Satpol PP Kota Bogor, dan Kodim 0606/Kota Bogor mengatur kendaraan bermotor yang sesuai dengan plat nomor ganjil saat pemberlakuan aturan ganjil-genap di Pos Sekat Simpang Yasmin, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021). Pemerintah Kota Bogor memberlakukan sanksi denda administratif untuk pelanggar aturan ganjil-genap sebesar Rp50 ribu hingga Rp250 ribu dengan tujuan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Ganjil genap merupakan sebuah kebijakan yang bertujuan untuk mengatasi kemacetan di ibu kota. Jakarta dan kemacetan lalu lintas memang dua hal yang sulit dipisahkan. Sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi pusat ekonomi sekaligus pemerintahan. Wajar saja jika kota ini sangat ramai dengan mobiltas masyarakatnya.

Kemacetan di ibu kota salah satu penyebabnya karena banyaknya kendaraan yang ada di kota ini. berdasarkan data Statistik Transportasi DKI Jakarta 2018, jumlah kendaraan di Jakarta terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Pada periode 2012 – 2016, kenaikan mobil penumpang mencapai 6,4% per tahun. Sedangkan sepeda motor rata-rata mengalami pertumbuhan 5,3%.  

Meskipun demikian, berdasarkan data yang ada di databoks diketahui tren kemacetan di Jakarta mengalami penurunan semenjak pandemi. Penurunan terendah terjadi saat April 2020. Tingkat kemacetan di bukan tersebut bahkan menurun hingga 79% saat jam sibuk dibandingkan April tahun sebelumnya.

Penurunan tersebut terjadi karena di waktu itu pemerintah sedang menerapkan Pembatasan Sosisal Berskala Besar (PSBB) di berbagai wilayah, termasuk Jakarta.

Apa Itu Ganji Genap?

Sudah banyak upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta untuk mengurai kemacetan di kota ini. Mulai dari bebenah transportasi publik hingga penerapan kebijakan ganjil-genap.

Kebijakan ganjil genap menjadi kebijakan yang cukup masif dilakukan untuk mengatasi kemacetan di jalan ibu kota. Bagi Anda yang masih bingung dengan sistem ganjil-genap ini, yuk simak penjelasan berikut.

Divisi Humas Polri dalam akun Facebook miliknya menjelaskan bahwa sistem ganjil genap adalah konsep pembatasan kendaraan yang mengaju pada dua digit terakhir plat nomor kendaraan.

Dengan demikian, setiap kendaraan yang melintas akan bergantian sesuai hari pemberlakuan dua digit terakhir plat nomor kendaraan tersebut. Sebagai contoh kendaraan ber-plat ganjil hanya akan melintas di tanggal ganjil dan plat genap hanya melintas di tanggal genap.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...