Download Sertifikat Vaksin Lewat WhatsApp dengan Mudah dan Aman

Kini Anda sudah bisa download sertifikat vaksin lewat WhatsApp. Terobosan terbaru ini semakin mempermudah masyarakat yang ingin mengunduh sertifikat vaksin Covid-19.
Image title
23 November 2021, 10:25
Download Sertifikat Vaksin Lewat WhatsApp dengan Mudah dan Aman
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp
Wisatawan melakukan scan QR Code sertifikat vaksin COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi saat hari pertama uji coba pembukaan Daya Tarik Wisata (DTW) Uluwatu, Badung, Bali, Senin (13/9/2021). Objek wisata yang baru dibuka pada Senin (13/9) tersebut menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat memasuki kawasan wisata itu untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus mengantisipasi terjadinya klaster baru. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp

Siapa sangka jika kini download sertifikat vaksin lewat WhatsApp sudah bisa dilakukan. Cara ini semakin mempermudah masyarakat yang ingin memiliki sertifikat vaksin. Namun mengapa sertifikat vaksin penting?  

Sertifkat vaksin adalah sertifikat yang dimiliki masyarakat yang sudah mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa seseorang telah mendapatkan perlindungan dari ancaman virus corona.

Selain menjadi bukti telah divaksin, sertifikat vaksin juga dibutuhkan untuk beberapa hal. Misalnya saat Anda hendak bepergian, kini moda transportasi publik mensyaratkan sertifikat vaksin. Bahkan di tempat wisata dan pusat perbelanjaan, seringkali petugas meminta pengunjung untuk menunjukan sertifikat vaksin.

Selain sertifikat vaksin, ketika mengikuti program vaksinasi Anda juga akan mendapatkan kartu vaksin. Kartu ini harus dibawa saat Anda mengikuti kegiatan vaksinasi dosis selanjutnya.

Cara Download Sertifikat Vaksin Lewat WhatsApp

Meskipun dibutuhkan untuk banyak hal, namun sebenarnya sertifikat vaksin tidak perlu dicetak dalam bentuk hardfile. Anda cukup mengunduh melalui laman PeduliLindungi atau melalui link yang diberikan setelah vaksinasi.

Dan kini cara download sertifikat vaksin sudah bisa dilakukan melalui WhatsApp. Jadi untuk Anda yang tidak mendapat link untuk mengunduh sertifikat vaksin, bisa langsung mengirim pesan di aplikasi WhatsApp.

Bagaimana cara download sertifikat vaksin lewat WhatsApp? Berdasarkan penjelasan di akun instagram @kemenkes_ri, berikut tutorialnya.

  1. Simpan nomor WhatsApp 0811-1050-0567 milik Kementerian Kesehatan RI.
  2. Kemudian buka aplikasi WhatsApp.
  3. Cari kontak nomor Kemenkes, kemudian kirimkan pesan “Hai” di room chat.
  4. Secara otomatis, Anda akan mendapat balasan pesan yang berisi informasi untuk klik menu utama dan memilih layanan.
  5. Lanjutkan dengan klik opsi “Menu utama” kemudian pilih “sertifikat vaksin”.
  6. Klik “send”.
  7. Tunggu beberapa saat kemudian Anda akan mendapat balasan untuk memasukan nomor telepon yang terdaftar di PeduliLindungi.
  8. Berikutnya, masukan enam digit kode OTP yang diperoleh dari SMS di nomor telepon tersebut.
  9. Tunggu beberapa saat dan Anda akan mendapatkan informasi bahwa Anda telah masuk di layanan help center PeduliLindungi. Kemudian Anda bisa memilih layanan yang mereka berikan.
  10. Pada saat itu, ada tiga layanan yang bisa Anda pilih yaitu download sertifikat, status vaksinasi, dan ubah info diri.
  11. Untuk mengunduh sertifikat vaksin, klik opsi “Download sertifikat”.
  12. Masukan nama lengkap dan NIK yang terdaftar di PeduliLindungi.
  13. Kemudian Anda akan mendapatkan pertanyaan apakah ingin mengunduh sertifikat vasin pertama atau kedua. Anda cukup menekan angka yang ada di kolom yang tersedia.
  14. Tunggu beberapa saat dan sertivikat vaksin akan muncul di room chat tersebut. Anda bisa mengunduh dan menyimpan sertifikat tersebut untuk beberapa keperluan.

Sebagai tambahan informasi, cara download sertifikat vaksin lewat WhatsApp hanya bisa dilakukan jika nomor ponsel telah terdaftar di PeduliLindungi. Jika Anda belum sempat mendaftar PeduliLindungi, bot chat akan mengarahkan Anda untuk mendaftar ke platform tersebut.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 melalui SMS

Selain download sertifikat vaksin lewat WhatsApp, Anda juga bisa cek sertifikat vaksin melalui SMS. Informasi terkait sertifikat vaksinasi biasanya akan diberitahukan beberapa hari setelah pelaksanaan program tersebut.

Anda akan mendapatkan SMS dari 1199 yang berisi link sertifikat. Untuk mengecek sertifikat tersebut cukup klik link tersebut. Kemudian sertifikat akan otomatis muncul di browser Anda. Pastikan Anda mengecek informasi pribadi seperti nama, NIK, dan tanggal lahir yang terdapat di sertifikat tersebut.

Menurut penjelasan di sehatnegeriku.kemkes.go.id, jika ditemukan data yang tidak sesuai, maka Anda bisa melakukan perbaikan melalui email sertifikat@pedulilindungi.id.

Dengan format pesan: Nama Lengkap, NIK KTP, Tempat Tanggal Lahir, Nomor HP, dan lampirkan foto atau kartu vaksin.

Agar bisa langsung diproses, Anda juga bisa langsung melampirkan biodata, swafoto memegang KTP, dan menuliskan keluhan yang ingin disampaikan.

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat PeduliLindungi

Cara lain untuk mengunduh sertifikat vaksin yaitu melalui PeduliLindungi. Platform ini bisa diakses melalui website atau aplikasi digital. Berikut ini cara download sertifikat vaksin Covid-19 melalui PeduliLindungi dengan mudah.

Melalui Aplikasi PeduliLindungi

  1. Unduh aplikasi PeduliLindungi.
  2. Buka aplikasi kemudian buat akun dengan mengisi nama lengkap, nomor HP, dan NIK. Apabila sudah memailiki akun, Anda bisa langsung login menggunakan nomor HP yang sudah terdaftar.
  3. Masukan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
  4. Buka opsi “Sertifikat vaksin”.
  5. Kemudian masukan NIK dan sertifikat akan muncul secara otomatis.
  6. Pilih opsi untuk download, dan tunggu sampai proses pengunduhan selesai.
  7. Sertifikat vaksin akan tersimpan di perangkat yang Anda gunakan.

Melalui Website PeduliLindungi

  1. Buka browser di PC atau HP.
  2. Kemudian akses pedulilindungi.id.
  3. Klik menu “Sertifikat vaksin”.
  4. Masukan NIK pemilik sertifikat tersebut.
  5. Setelah sertifikat muncul pilih “Unduh sertifikat”.

Itulah beberapa cara untuk download sertifikat vaksin dengan mudah. Setelah terunduh, pastikan menyimpan sertifikat vaksin dengan baik. Sertifikat tersebut tidak perlu dicetak sebab dikahawatirkan terjadi kebocoran data saat proses pencetakan.

Saat dibutuhkan, Anda cukup tunjukan softfile sertifikat tersebut atau tunjukan sertifikat yang terdapat di aplikasi PeduliLindungi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait