Kumpulan Contoh Teks Narasi yang Bisa Menjadi Referensi Belajar

Siti Nur Aeni
26 November 2021, 16:22
Kumpulan Contoh Teks Narasi yang Bisa Menjadi Referensi Belajar
pixabay.com
Ilustrasi membuat teks narasi

Buku sejarah, novel, dan cerpen merupakan contoh teks narasi yang sering kita baca. Ketiga karya tulis tersebut disusun berdasarkan runtutan kisah yang pernah terjadi. Saat membacanya, kita seperti bisa melihat dan terlibat langsung dalam cerita tersebut.

Sementara itu, definisi dari teks narasi adalah karangan cerita berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis sesuai dengan urutan waktu kejadiannya. Peristiwa yang ada dalam cerita bisa berasal dari kisah nyata atau berasal dari imajinasi penulisnya.

Ciri-ciri Teks Narasi

Teks narasi cukup mudah untuk dikenali. Ada beberapa ciri khusus dari jenis karya tulis ini. Mengutip dari “Modul 5: Teks Narasi dan Literasi Buku Fiksi – Non Fiksi (Cas dari Cerita dan Buku)”, berikut ciri-ciri teks narasi.

  1. Berisi cerita, kisah, dan peristiwa tertentu dengan gaya bahasa naratif.
  2. Ceritanya mempunyai alur yang jelas dari awal sampai akhir.
  3. Terdapat konflik.
  4. Memiliki unsur pembentuk seperti tema, latar, alur, karakter, dan sudut pandang.

Unsur Kebahasaan Teks Narasi

Dari segi kebahasaan teks narasi juga memiliki unsur kebahasaan tersendiri. Berikut uraiannya.

1. Menggunakan kata kiasan

Dalam teks narasi biasanya banyak menggunakan majas atau kiasan. Majas yang biasanya digunakan yaitu metafora atau perbandingan.

Metafora merupakan kata atau kelompok kata yang tidak memiliki arti sebenarnya, namun digunakan untuk membandingkan dua hal secara langsung. Misalnya, raja siang, tulang punggung, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan kata kerja transfitif dan intransitif

Kata kerja transitif adalah kata kerja yang dilengkapi dengan objek baik benda, frasa, atau kata ganti. Kata kerja ini bisa diubah menjadi kata kerja pasif.

Sementara itu, kata kerja intransitif merupakan kata kerja yang tidak membutuhkan objek. Kata kerja ini tidak bisa diubah dalam bentuk pasif.

3. Menggunakan kata benda, sifat, frasa atau klausa

Pemilihan kata benda, sifat, frasa dan klausa dalam teks narasi disesuaikan dengan topik yang sedang diceritakan.

4. Menggunakan kata penghubung urutan waktu

Pemilihan kata penghubung urutan waktu biasanya dipilih agar pembaca tidak bingung dengan cerita yang sedang dibawakan. Misalnya, pertama-tama, kemudian, selanjutnya, dan lain sebagainya.

Contoh Teks Narasi berdasarkan Jenisnya

Teks narasi memiliki tiga jenis yaitu narasi informatif, artistik, dan sugestif. Ketiga memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut ini beberapa contoh teks narasi sesuai dengan jenisnya.

1. Contoh Teks Narasi Informatif (Ekspositoris)

Narasi informatif merupakan karangan yang tujuannya untuk menyampaikan informasi dengan tepat tentang sebuah peristiwa. Contoh teks naratif informatif sebagai berikut:

Contoh 1

Pada 10 November meletuslah pertempuran Surabaya untuk mengusir penjajah dari tanah air. Perang ini berawal dari kemarahan tentara Inggris akibat dari terbunuhnya pimpinan mereka, Brigadir Jenderal Mallaby.

Akibat tewasnya pimpinan mereka pihak Inggris dan sekutunya memberikan sebuah ultimatum kepada seluruh pejuang yang ada di Surabaya waktu itu untuk menyerah.

Bukannya menyerah, rakyat Surabaya justru membentuk milisi-milisi perjuangan untuk menghadapi Inggris yang mengancam akan menyerang.

Mengetahui utimatumnya ditolak, pihak Inggris dan sekutunya marah besar. Pada 10 November pagi, mereka melancarkan serangan besar-besaran melalui laut, darat, dan udara, dengan mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang.

Kota Surabaya diserang habis-habisan oleh pihak sekutu. Seluruh pejuang dan rakyat Surabaya turun ke jalan untuk melakukan perlawanan.

Semangat juang para pahlawan waktu itu muncul berkat seorang pemuda yang bernama Bung Tomo. Dia dengan gagah berani memekikan pidato untuk membakar seluruh semangat para pejuang.

Contoh 2

Tahun telah berganti, namun mega proyek masa kolonial belum berakhir. Pada 2 Februari 1890 Gubernur Jenderal Daendels mengeluarkan peraturan mengenai keamanan dari jalan raya pos.

Juni 1809, proyek ini dilanjutkan hingga sampai di Pasuruan yang melewati Porong, Sidoarjo, dan Bangil. Dari daerah Pasuruan inilah pembangunan jalan raya berlanjut hingga ke Panarukan.

Sementara itu, wilayah Banyuwangi tidak dibangun jalan panjang ini karena dipenuhi dengan hutan, hewan buas, dan tanah yang berawa.

Contoh 3

Masa keemasan dari Kesultanan Cirebon ini ternyata tidak bisa bertahan lama. Sepeninggalan dari Sunan Gunung Jati pada 1568, kesultanan ini kemudian mengalami masa kemunduran. Masuknya pengaruh bangsa asing terutama Belanda menghadirkan banyak polemik yang tidak berkesudahan.

Hingga akhirnya pada 1681, ditanda tanganilah perjanjian antara pemegang kekuasaan di Cirebon dengan pihak Belanda. Perjanjian tersebut sangat menguntungkan Belanda, karena kongsi dagang miliknya yang bernama VOC bisa melakukan monopoli perdagangan di Cirebon. Tidak hanya itu, wilayah milik kerjaan corebon juga dijadikan pretektorat di bawah kekuasaan Belanda.

Hingga akhirnya pada 1902 – 1926, Belanda resmi menghapus Kesultanan Cirebon. Setelah sekian lama berkuasa, akhirnya pada 1941, Cirebon terbebas dari kekuasaan Belanda dan menjadi bagian dari Republik Indonesia pada 1945.

2. Contoh Teks Narasi Artistik

Jenis teks narasi ini yaitu karangan yang menceritakan kisah dengan tujuan memberikan pengalaman estetis kepada pembaca. Teks narasi ini bisa berupa fiksi atau nonfiksi dengan bahasa figuratif. Berikut contoh teks narasi artistik:

Contoh 1

Si Piggy adalah boneka piggy kecil dengan bahan handuk lembut. Di dalam perut boneka ini terdapat biji plastik kecil, membuatnya asik untuk dilempar-lempar. Kakinya yang empuk, berukuran sangat pas untuk menghapus air mata. Jack sang pemilik, setiap malam tidur sembari mengisap telinga Si Piggy.

Siapa sangka jika mainan kesayangan Jack itu hilang di tengah salju menjelang Natal. Jack kemudian mendapatkan mainan baru pengganti Si Piggy. Sayangnya Jack kurang menyukainya dan masih merasa kehilangan boneka piggy kesayangannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...