10 Cara Mengecilkan Paha dengan Mudah, Bisa Dilakukan Sambil Tiduran

Siti Nur Aeni
30 November 2021, 15:17
10 Cara Mengecilkan Paha dengan Mudah, Bisa Dilakukan Sambil Tiduran
Pexels.com
Ilustrasi gerakan untuk mengecilkan paha

Paha dan betis menjadi bagian tubuh yang diperhatikan oleh mereka yang ingin mendapatkan bentuk tubuh proposional. Maka tak heran jika banyak orang mencari cara mengecilkan paha dan betis. Cara yang dirasa efektif untuk mendapatkan berat badan proposional yakni melalui olahraga.

Secara umum olahraga bisa membakar lemak dan membentuk otot, termasuk otot paha dan betis. Olahraga kardio diketahui bisa membakar kalori lebih banyak dan mempercepat penurunan lemak. Meski demikian, manfaat tersebut baru akan dirasakan jika olahraga dilakukan dengan rutin.

American Collage on Sports Medicine menyebutkan bahwa idealnya olahraga dilakukan 3 – 5 kali seminggu agar bisa menurunkan berat badan. Selain olahraga, aktivitas fisik lainnya juga dipercaya bisa mengecilkan paha dan betis dengan mudah.

Cara Mengecilkan Paha

Mengutip dari hellosehat.com, berikut ini beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan untuk mengecilkan paha.

1. Berlari Santai

Berlari santai atau jogging menjadi olahraga yang bisa dilakukan jika ingin mengecilkan paha. Olahraga ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya perlu berlari dengan santai disekitar tempat tinggal Anda atau jogging track khusus.

Menurut penjelasan di Harvard Health Publishing mengatakan bahwa orang dewasa dengan berat badan 70 kg bisa membakar sekitar 216 kalori setelah jogging selama 30 menit. Pembakaran kalori akan meningkat seiring dengan peningkatkan kecepatan dan durasi olahraga.

Selain berguna untuk mengecilkan paha, jogging juga bisa membakar lemak, meningkatkan detak jantung, dan menambah laju pernapasan.

2. Bersepeda

Olahraga santai lainnya yang bisa dilakukan untuk mengecilkan paha yaitu bersepeda. Olahraga ini juga termasuk olahraga kardio yang bisa meningkatkan pembakaran lemak. Jika Anda tidak bisa bersepeda di ruang terbuka, Anda bisa memanfaatkan sepeda statis seperti yang ada di gym.

Gerakan mengayuh sepeda akan membuat paha dan betis bergerak dengan aktif. Sehingga olahraga ini bisa membantu mengecilkan paha dengan cepat. Selain itu, jumlah kalori yang terbakar saat bersepeda juga cukup tinggi.

Berdasarkan data diketahui bahwa bersepeda dengan kecepatan rendah yang dilakukan orang dewasa dengan berat badan 70 kg bisa membakar 280 – 360 kalori.

3. Slide Lunge to Crossover Tap

Gerakan slide lunge to crossover tap diketahui bisa menjadi salah satu cara mengecilkan paha. Untuk melakukan gerakan ini, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement