12 Ikan Aquascape yang Cantik dan Mudah Dipelihara

Siti Nur Aeni
1 Desember 2021, 11:05
12 Ikan Aquascape yang Cantik dan Mudah Dipelihara
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ikan hias dalam aquascape mini.

Aquascape adalah sebuah kesenian mengatur tanaman air, batu-batuan, kayu, dalam akuarium yang dilengkapi dengan ikan hias. Popularitas Aquascape yang terus meningkat, membuat banyak orang melihatnya sebagai peluang usaha, termasuk usaha ikan aquascape.

Jenis ikan untuk aquascape biasanya berukuran kecil dengan warna dan corak yang menarik. ada banyak jenis ikan yang bisa digunakan untuk aquascape. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasan berikut.

Advertisement

Jenis Ikan Aquascape

Kehadiran ikan hias dalam aquascape membuat pemandangan semakin segar dan indah. Untuk Anda yang sedang mencari ikan untuk mengisi aquascape, berikut ini kami berikan daftarnya.

1. Dwarf Gourami

Ikan dwarf gourami bisa menjadi pilihan untuk mengisi aquascape. Ikan ini memiliki warna yang cantik dan cerah. Dwarf gourami memiliki ukuran sekitar 3 inchi. Maka dari itu, ikan hias ini cocok ditempatkan pada aquascape yang cukup besar.

Untuk merawat ikan ini, pastikan Anda memperhatikan temperatur dan pH air yang dibutuhkan ikan ini. Umumnya dwarf gourami bisa hidup di air dengan temperatur 24-27oC dngan pH berkisar 6,5 – 7,5.

2. Discus

Ikan hias aquascape selanjutnya yaitu discus. Ikan ini memiliki warna tubuh yang beragam dan cerah. Untuk merawat ikan ini, Anda perlu memperhatikan suhu airnya. Idealnya, discus hidup di air dengan temperatur 28 – 31oC.

Selain suhu air, Anda juga harus menjaga kualitas air dengan mempertahankan pH sekitar 6,5. Jika pH terlalu asam atau terlalu basa, maka ikan akan mudah stres dan cepat mati.

3. Angel Fish

Angel fish juga menjadi salah satu jenis ikan yang cocok untuk aquascape. Angel fish atau manfish merupakan ikan hias dengan bentuk unik dan indah. Ikan ini memiliki bentuk tubuh seperti berlian dengan warna solid.

Beberapa waran yang biasa dijumpai yaitu albino, hitam, emas, perak, marmer, zebra, koi, dan macan tutul. Angel fish memiliki sifat semi agresif dengan nafsu makan yang tinggi.

Jadi pastikan tidak menempatkan ikan kecil bersama dengan manfish. Sebab saat ikan cantik ini lapar, ia bisa memangsa ikan-ikan kecil yang ada disekelilingnya.

4. Rainbow Fish

Jenis ikan lain yang cocok ditempatkan di aquascape yaitu rainbow fish atau ikan pelangi. Seperti namanya, ikan ini memiliki warna yang beragam seperti pelangi. Uniknya, warna cerah yang dimilikinya bisa memantulkan cahaya.

Ikan hias ini memiliki karakteristik tubuh berbentuk pipih dengan dua sirip di punggung. Ukuran tubuhnya sekitar 15 cm. Mulut ikan ini juga sangat unik kaeena berbentuk mirip seperti tabung.

Rainbow fish termasuk ikan yang agresif. Sehingga cocok ditempatkan dengan jenis ikan seperti botia, molly, dan guffy. Ada beberapa jenis ikan pelangi yang bisa Anda pelihara, mulai dari wainbow boesemani, ballon, lacustris, dan red rainbow.

5. Ikan Tetra

Ikan untuk aquascape lainnya yang bisa Anda miliki yaitu ikan tetra. Ikan ini ternyata yang paling sering digunakan dalam aquascape sebab memiliki ukuran kecil dengan warna yang mencolok.

Sama seperti rainbow fish, ikan tetra juga banyak jenisnya. Diantaranya amber tetra, cardinal tetra, neon tetra, black neon tetra, dan harlequin tetra.

6. Zebra Danio

Ikan kecil lainnya yang bisa dipelihara dalam aquascape yaitu ikan zebra danio. Ikan ini memiliki ciri garis hitam sepanjang tubuhnya. Warna tubuhnya dominan merah dibagian atas dan sedikit warna putih di garisnya.

Zebra danio ini memiliki sifat aktif dan bergerak lincah. Biasanya ikan ini hidup berkelompok dan cukup ramah terhadap ikan lain. Meskipun demikian, jangan gabungkan ikan zebra danio dengan ikan bersirip panjang seperti ikan cupang atau guppy.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement