Pengertian Hewan Ovovivipar dan Contohnya

Siti Nur Aeni
13 Desember 2021, 10:42
Pengertian Hewan Ovovivipar dan Contohnya
Freepik
IKan guppy salah satu contoh hewan ovovivipar

Berdasarkan cara berkembang biaknya, hewan terbagi menjadi tiga jenis. Ada hewan ovovivipar, vivipar, dan ovipar. Ketiganya memiliki ciri yang berbeda. Meskipun caranya berbeda, namun tujuannya sama yakni menghasilkan keturunan untuk menjaga populasi dan eksistensinya.

Berkembang biak merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Jika makhluk hidup tidak bisa berkembang biak dengan baik maka populasinya terancam mengalami kepunahan. Uniknya, setiap makhluk memiliki ciri berkembang biak yang berbeda.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dalam kingdom animalia terbagi menjadi tiga kelompok jika dilihat dari cara berkembang biaknya. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang hewan ovovivipar mulai dari pengertian sampai contoh hewan yang masuk dalam kategori tersebut.

Apa Itu Hewan Ovovivipar?

Menurut penjelasan di Kamus Besar Bahasa Indonesia, hewan ovovivipar adalah hewan yang bereproduksi dengan cara mengembangkan telur dalam badan induknya namun embrio tidak mendapat makanan dari induk tersebut.

Pada penjelasan di “Modul Sistem Reproduksi Manusia dan Hewan”, kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar melakukan perkembangan seksual yang ditandai dengan betina melepaskan telur ke saluran reproduksinya. Sehingga akan terjadi kopulasi dan pembuahan terjadi di saluran kelamin betina.

Sel telur tidak permiabel di luar tubuh induknya. Maka dari itu, individu yang terbentuk sementara ada di dalam alat kelamin betina. Setelah umur embrio sudah cukup untuk dilahirkan, maka pertumbuhan akan terjadi di luar saluran kelamin bertina.

Dalam buku “Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Paket A” diterangkan bahwa kelompok hewan ini merupakan hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar (bertelur) dan vivipar (beranak).

Tidak ada ciri ciri hewan ovovivipar secara khusus. Kelompok hewan ini relatif sama dengan kelompok lain. Yang membedakannya hanya pada proses pembuhaannya.

Contoh Hewan Ovovivipar

Ada beberapa hewan yang masuk dalam kategori hewan bertelur – beranak. Berikut ini penjelasannya.

1. Ikan Hiu

Hiu ternyata memiliki sistem reproduksi bertelur – beranak. Hiu akan menyimpan telur di dalam tubuhnya. Kemudian telur tersebut akan menetas dan hiu akan melahirkan anaknya jika pertumbuhan embiro sudah cukup untuk berkembang di luar tubuh induknya.

Embiro hiu diketahui tidak memiliki ari-ari. Maka dari itu untuk menopang pertumbuhannya diperlukan cadangan makanan yang ada dalam telur. Ikan hiu menghasilkan keturunan tidak banyak, berbeda dengan jenis ikan lainnya yang menghasilkan keturunan relatif banyak.

2. Ikan Pari

Kelompok ikan lainnya yang juga berkembang biak dengan cara ovovivipar yaitu ikan pari. Embrio ikan pari akan tumbuh dan berkembang dengan bantuan nutrisi yang ada di dalam telur. Induk ikan pari kemudian akan melihirkan anaknya jika pertumbuhannya sudah optimal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...