Perbedaan Monokotil dan Dikotil yang Perlu Dipahami

Siti Nur Aeni
21 Desember 2021, 17:20
Perbedaan Monokotil dan Dikotil yang Perlu Dipahami
Pexels.com/Zen Chung
Terong merupakan salah satu contoh tanaman dikotil yang banyak dijumpai.

Kita mungkin pernah mendengar kelompok tumbuhan monokotil dan dikotil. Meskipun sama-sama kelompok tumbuhan angiospermae, namun ternyata ada perbedaan monokotil dan dikotil. Apa saja perbedaan antara kedua jenis tumbuhan tersebut? Berikut penjelasannya.

Pengertian Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Dari segi pengertian, kedua jenis tumbuhan ini jelas berbeeda. Tumbuhan monokotil atau monocotyledonae adalah tumbuhan angiospermae yang mempunyai biji dengan satu daun lembaga. Maka dari itu, tanaman monokotil sering disebut sebagai tanaman biji tunggal.

Sementara itu, tumbuhan dikotil atau dicotyledonae adalah tumbuhan angiospermae yang mempunyai biji dengan dua daun lembaga. Kelompok tumbuhan ini dikenal juga dengan sebutan tumbuhan berkeping dua.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Selain dilihat dari pengertiannya, perbedaan monokotil dan dikotil juga bisa dilihat dari struktur tubuh tumbuhan tersebut. Mengutip dari buku “Biologi SMA dan MA Jilid 2”, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Akar

Akar adalah bagian tumbuhan berbiji yang ada di dalam tanah. Bagian tumbuhan ini biasanya berwarna putih dan bentuknya meruncing. Bentuk tersebut berguna untuk mempermudah akar menembus tanah. Bagian tumbuhan akar berguna untuk memperkuat tumbuhan, menyerap air dan unsur hara, dan tempat penyimpanan makanan.

Akar lembaga atau calon akar sudah ada sejak tumbuhan masih berbentuk lembaga di dalam biji. Saat biji mulai berkecambah, sistem perakaran akan berbeda tergantung dari jenis tanamannya.

Pada tanaman monokotil, akarnya berbentuk serabut. Akar monokotil ini nantinya akan berkembang dan bertambah jumlahnya dengan ukuran yang relatif sama. Akar tersebut biasanya keluar dari pangkal batang.

Sedangkan pada tumbuhan dikotil, akar berbentuk tunggang. Akar dikotil memiliki akar lembaga atau calon akar yang akan terus tumbuh dan menjadi akar pokok yang bercabang.

2. Batang

Organ pokok tumbuhan berikutnya yaitu batang. Organ ini merupakan bagian tumbuhan yang ada di permukaan tanah. Batang berfungsi untuk mendukung bagian tumbuhan lainnya yang ada di atas tanah. Dengan adanya percabangan pada batang, maka bidang fotosintesis akan semakin luas.

Batang monokotil maupun dikotil sama-sama tersusun atas lapisan epidermis, korteks, dan stele. Meskipun demikian, dalam ketiga lapisan tersebut terdapat perbedaa. Berikut uraiannya.

a. Epidermis

Pada tanaman monokotil lapisan epidermis memiliki dinding sel yang tebal. Bagian ini juga dilengkapi dengan stomata dan bulu-bulu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...