Perbedaan Tenggorokan dan Kerongkongan yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
28 Desember 2021, 10:46
Perbedaan Tenggorokan dan Kerongkongan yang Perlu Diketahui
pixabay.com
Kerongkongan, tenggorokan, dan beberapa organ di tubuh manusia.

Kerongkongan dan tenggorokan merupakan organ yang letaknya berdekatan. Dari segi penyebutan, kedunya juga mirip, sehingga membuat banyak orang bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan tenggorokan dan kerongkongan?

Keduanya organ tersebut memang berada pada jalur yang sama yakni jalur masuknya makanan. Namun kedua saluran ini ternyata memiliki fungsi yang berbeda. Mengutip dari halodoc.com, berikut ini beberapa perbedaan tenggorokan dan kerongkongan yang perlu kita ketahui.

Tenggorokan

Tenggorokan adalah saluran yang memiliki panjang kurang lebih 12 cm. Saluran ini menjalar dari belakang hidung hingga ke bagian kerongkongan.

Bagian-bagian dari tenggorkan antara lain amandel, belakang lidah, dan langit-langit lunak. Cabang dari tenggorokan yaitu kerongkongan yang fungsinya membwa makanan dari trakea ke perut.

Aktivitas menelan yang terjadi di tenggorokan merupakan hasil refleks dan sebagai bentuk kendali tubuh. Lidah dan langit-langit lunak mulut akan bekerja mendorong makanan ke tenggorokan hingga ke kerongkongan.

Tenggorokan juga memiliki beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi kapan saja. Berikut beberapa masalah kesehatan pada tenggorokan.

  1. Radang amandel.
  2. Faringitis atau sakit tenggorokan.
  3. Kanker tenggorokan.
  4. Croup atau peradangan yang umumnya dialami anak kecil. Biasanya ditandai dengan batuk.
  5. Laringitis atau pembengkakan pada kotak suara yang bisa menyebabkan suara serak bahkan sampai suara menghilang.

Beberapa masalah kesehatan yang terjadi di tenggorokan bisa hilang dengan sendirinya. Namun untuk mencegah gejala semakin parah, maka butuh penanganan yang tepat.

Kerongkongan

Esofagus atau kerongkongan adalah tabung otot yang menghubungkan tenggorokan dengan lambung. Kerongkongan mempunyai panjang kurang lebih 20 cm dan dilapisi oleh jaringan merah muda yang lembab bernama mukosa.

Kerongkongan ada di belakang (trakea) dan jantung serta di depan tulang belakang. Sebelum masuk ke perut, kerongkongan akan melewati diafragma.

Dalam esofagus terdapat sfingter atas dan bawah. Sfingter atas merupakan otot yang ada di bagian atas kerongkongan. Otot ini digunakan saat bernapas, makan, sendawa, dan muntah. Otot ini menjaga agar makanan dan sekresi tidak turun ke tenggorokan.

Sementara itu, sfingter bawah merupakan kumpulan otot di ujung bawah kerongkongan dan berbatasan langsung dengan lambung. Otot ini akan menutup dengan tujuan mencegah asam lambung dan isi lambung lain bergerak naik dari perut.

Fungsi kerongkongan ini juga akan bekerja secara otomatis tanpa kita sadari. Beberapa masalah kesehatan yang dapat menggangu fungsi kerongkongan, antara lain:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...