12 Rekomendasi Buku yang Bisa Menjadi Bacaan saat Libur Akhir Tahun

Siti Nur Aeni
30 Desember 2021, 15:32
12 Rekomendasi Buku yang Bisa Menjadi Bacaan saat Libur Akhir Tahun
pexels.com/SHVETS production
Ilustrasi orang membaca buku untuk mengisi libur akhir tahun

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum memiliki rencana untuk menghabiskan libur tahun baru. Membaca buku bisa menjadi pilihan aktivitas yang menyenangkan saat libur akhir tahun. Ada beberapa rekomendasi buku yang cocok dibaca saat liburan.

Membaca buku tidak hanya berguna untuk mengisi waktu libur namun juga bisa menambah wawasan. Sama seperti film dan drama, buku juga ada banyak jenisnya. Ada yang termasuk dalam kategori buku self improvement, komedi, novel, religi, dan lain sebagainya.

Jika kini Anda sedang mencari buku yang menarik untuk dibaca saat liburan, berikut ini kami berikan beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Buku Self Improvement

Akhir tahun menjadi waktu terbaik untuk evaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik di tahun berikutnya. Di tahun yang baru biasanya kita akan menyusun resolusi yang ingin diwujudkan selama satu tahun.

Buku self improvement atau pengembangan diri bisa menjadi bahan bacaan sembari menyusun resolusi di tahun baru. Berikut beberapa rekomendasi buku self improvement yang kami rekomendasikan untuk Anda.

1. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa

Buku selft improvement pertama yang bisa Anda baca yaitu buku dengan judul Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa karya Alvi Syahrin. Dalam buku ini, penulis merangkai kalimat untuk mengatakan kepada pembacanya bahwa tidak ada yang salah dari pencapaian yang kita dapatkan.

Buku ini bisa menjadi obat untuk Anda yang tengah khawatir dengan masa depan atau merasa insecure dengan pencapaian orang lain. Dengan membaca buku ini, Anda akan merasa diperhatikan.

2. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodoamat

Buku milik penulis Mark Manson ini sudah sejak lama menjadi favorit banyak orang. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodoamat merupakan buku terjemahan yang mengajarkan kepada pembaca agar lebih pedulit dengan hal kecil yang terjadi di dalam hidupnya.

Dari hal-hal kecil tersebut harapannya bisa membawa dampak yang besar bagi hidup kita. Buku ini juga dilengkapi dengan penelitian yang akan membuat pengetahuan Anda juga bertambah.

3. Atomic Habits

Rekomendasi buku movitasi lainnya yaitu buku yang dituliskan oleh James Clear berjudul Atomic Habits. Buku ini membahas tentang kebiasasan khususnya kebiasaan kecil.

James Clear selaku penulis menerangkah bahwa kebiasaan kecil atau atomic habits bisa membentuk identitas apabila dikerjakan secara konsisten. Jika yang dikerjakan merupakan kebiasaan baik, maka identitas yang akan terbentuk juga baik.

4. Insecurity is My Middle Name

Buku milik Alvi Syahrin lainnya yang juga bisa menjadi pilihan bacaan saat tahun baru yaitu buku dengan judul Insecurity is My Middle Name. Seperti judulnya, buku ini juga bercerita tentang insecurity.

Perasaan tidak aman dan ketakutan akan masa depan mungkin menghantui setiap oarang. Buku ini bisa menjadi teman baik saat Anda mulai merasa insecure. Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari buku ini, termasuk tentang cara pandang kita terhadap insecurity tersebut.

5. Psychology of Money

Rekomendasi buku menambah wawasan selanjutnya yaitu buku berjudul Psychology of Money karya Morgan Housel. Seperti judulnya, buku ini akan banyak mengulas tentang cara pandang seseorang terhadap uang.

Buku ini juga bisa menyadarkan kita bahwa untuk mengatur keuangan tidak perlu kepintaran khusus. Uniknya, buku ini juga menyematkan unsur komedi dari cara pandang seseorang terhadap uang. Sehingga bisa membuat pengalaman membaca buku semakin menyenangkan.

6. Berani Tidak Disukai

Berani Tidak Disukai juga bisa menjadi bahan bacaan Anda saat libur akhir tahun. Buku ini merupakan kaerya dari Ichiro Kisimi & Fumitake Koga yang bercerita tentang cara manusia menjalani hidup melalui percakapan antar seorang filsuf dengan pemuda.

Buku ini juga menjawab tentang sebuah fenomena di Jepang yaitu kebiasaan menginsolasi diri di kamar dalam waktu yang sangat lama. Dalam buku ini, banyak pelajaran penting yang bisa dipetik. Salah satunya tentang konsep memaafkan diri sendiri, mencintai diri sendiri, dan membuang hal-hal tak berguna dari pikiran.

7. Start With Why

Rekomendasi buku untuk bacaan akhir tahun lainnya yaitu buku dengan judul Start With Why karya Simon Sinek. Buku ini menerangkan tentang pentingnya kata “mengapa” untuk membangun usaha atau organisasi. Dalam buku ini ada juga bagian yang menerangkan tentang cara pemimpin berpikir, bertindak, hingga berkomunikasi.

Rekomendasi Buku untuk Remaja

Selain buku self improvement, Anda juga bisa mencoba membaca buku-buku novel remaja yang tak kalah menarik. Banyak novel bagus yang akan membuat Anda merasa berpetualang dengan cerita tersebut. Berikut beberapa rekomendasi buku untuk remaja yang seru untuk mengisi waktu luang di akhir tahun.

1. Petualangan Jack dan Piggy Natal

Di bulan Desember ini, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengisi waktu luang dengan membaca buku yang bertemakan bulan ini. Petualangan Jack dan Piggy Natal bisa menjadi pilihan untuk mengisi libur Natal dan tahun baru.

Buku karya J. K. Rowling ini bercerita tentang seorang anak laki-laki yang melakukan petualangan seru sekaligus menegangkan bersama dengan mainan barunya. Keajaiban malam Natal, membuat maninan milik anak laki-laki tersebut bisa hidup selayaknya manusia.

Mereka melakukan petualangan di Tanah yang Hilang dengan tujuan untuk mencari mainan Jack yang tak sengaja hilang di tengah hujan salju.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...