Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Beserta Jenis-jenisnya

Karbohidrat merupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak. Fungsi karbohidrat bagi tubuh antara lain sebagai sumber energi, mencegah penyakit, menunjang fungsi otak, dan lain sebagainya.
Image title
7 Januari 2022, 14:46
Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Beserta Jenis-jenisnya
pixabay.com
Kentang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Karbohidrat adalah nutrisi penting untuk tubuh. Sebagai nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak, fungsi karbohidrat bagi tubuh juga sangat beragam. Maka dari itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian agar tubuh tetap sehat.

Apa saja fungsi dari karbohidrat? Berdasarkan penjelasan di sehatq.com, berikut beberapa manfaat dari karbohidrat untuk tubuh.

Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh

1. Sumber Energi

Sudah disebutkan sebelumnya, bahawa karbohidrat berguna sebagai sumber energi. Ketika karbohidrat dicerna, maka tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa. Zat inilah yang menjadi sumber energi bagi tubuh.

Hal perlu kita ketahui bahwa karbohidrat terbagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat kompleks memberikan energi yang lebih tahan lama. Sedangkan karbohidrat sederhana menyediakan energi dalam waktu cepat.

Advertisement

2. Menunjang Fungsi Otak

Salah satu fungsi karbohidrat adalah untuk mendukung kinerja otak. Glukosa yang ada di karbohidrat merupakan sumber makanan yang baik bagi otak. Organ ini memang diketahui memiliki kerja lebih keras sehingga membutuhkan energi lebih besar untuk menjalankan fungsinya.

Setidaknya otak memerlukan sekitar 20% energi agar bisa berfungsi secara optimal. Maka dari itu, karbohidrat sangat dibutuhkan dan baik untuk menunjang fungsi otak.

3. Mencegah Penyakit

Konsumsi terlalu banyak karbohidrat memang kurang baik bagi kesehatan terutama untuk jantung. Namun jenis karbohidrat kompleks seperti makanan tinggi serat bisa membantu menurunkan kolesterol tubuh.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa karbohidrat kompleks yang tinggi serat tidak akan meningkatkan gula darah. Selain itu, serat juga bisa mencegah diabetes karena tidak memicu lonjakan gula dalam darah.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Banyak opini yang menyebutkan bahwa konsumsi karbohidrat bisa menyebabkan berat badan naik. Faktanya, karbohidrat justru bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Karbohidrat kompleks bisa memberikan energi lebih lama. Jadi ketika mengonsumsinya, kita bisa merasakan kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

5. Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

Fungsi karbohidrat bagi tubuh selanjutnya yaitu membantu menjaga kesehatan pencernaan. Karbohidrat kompleks yang kaya serat bisa membantu buang air besar manjadi lebih lancar dan teratur. Selain itu, serat juga bisa menghindarkan kita pada risiko penyakit usus besar seperti divertikulus.

6. Memelihara Otot

Karbohidrat juga diketahui dapat memelihara otot. Hal tersebut dikarenakan karbohidrat bisa menjaga mass otot. Saat tubuh kekurangan glukosa, otot akan dipercah menjadi asam amino. Lalu, diubah lagi menjadi glukosa atau senyawa lain yang menghasilkan energi.

Jenis Karbohidrat yang Diperlukan Tubuh

Fungsi karbohidrat bagi tubuh ditunjang oleh jenis karbohidrat itu sendiri. Karbohidrat diketahui memiliki dua jenis. Tubuh akan mencerna kedua jenis makronutrien itu dengan cara berbeda. Mengutip dari laman SehatQ, berikut penjelasan lengkapnya.

Jenis Kabohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana biasanya ditemukan pada permen, sirup, atau minuman bersoda. Makanan dan minuman tersebut terbuat dari gula olahan yang tidak mengandung serat atau vitamin. Jenis makanan tersebut dikenal dengan sebutan “kalori kosong” dan berpotensi untuk meningkatkan berat badan.

Walaupun tidak memiliki kalori, namun tubuh tetap bisa mengolah karbohidrat sederhana itu. Ketika gula serderhana yang dihasilkan oleh karbohidrat sudah berada di aliran darah. Maka insulin akan membantu glukosa masuk ke sel tubuh. Energi akan diperoleh oleh sel tersebut.

Insulin juga akan membantu sisa glukosa untuk masuk ke organ hati dan otot untuk disimpan sebagai cadangan energi. Jika glukosa tidak bisa disimpan dalam sel untuk menjadi energi, maka glukosa tersebut akan dibuah menjadi lemak. Inilah yang akhirnya membuat banyak orang meyakini bahwa karbohidrat bisa membuat berat badan meningkat.

Padahal jika mengetahui cara mengelolanya, karbohidrat bisa memberikan banyak manfaat. Misalnya dengan rutin melakukan olahraga agar cadangan glukosa dalam otot bisa terpakai. Sehingga saat ada kelebihan glukosa, bisa disimpan dalam otot dan menjadi cadangan energi.

Jenis Kabohidrat Kompleks

Fungsi karbohidrat bagi tubuh juga ditunjang oleh jenis karbohidrat yang satu ini. Karbohidrat kompleks dicerna tubuh dengan memecah rantai panjang gula sebelum menjadi energi. Setelah karbohidrat kompleks masuk ke usus kecil, enzim akan mulai memecah karbohidrat menjadi glukosa,

Saat itu, glukosa mulai masuk ke aliran darah. Kemudian glukosa akan dibutuhkan dengan cara yang sama seperti glukosa pada karbohidrat sederhana. Namun karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk masuk ke aliran darah.

Keunggulan dari karbohidrat kompleks yaitu bisa menyediakan energi dalam waktu yang lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana. Sehingga ketika mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Contoh karbohidrat kompleks yaitu sereal, roti, gandum, jagung, kentang, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait