Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Beserta Jenis-jenisnya

Siti Nur Aeni
7 Januari 2022, 14:46
Fungsi Karbohidrat Bagi Tubuh Beserta Jenis-jenisnya
pixabay.com
Kentang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Karbohidrat adalah nutrisi penting untuk tubuh. Sebagai nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak, fungsi karbohidrat bagi tubuh juga sangat beragam. Maka dari itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian agar tubuh tetap sehat.

Apa saja fungsi dari karbohidrat? Berdasarkan penjelasan di sehatq.com, berikut beberapa manfaat dari karbohidrat untuk tubuh.

Advertisement

Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh

1. Sumber Energi

Sudah disebutkan sebelumnya, bahawa karbohidrat berguna sebagai sumber energi. Ketika karbohidrat dicerna, maka tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa. Zat inilah yang menjadi sumber energi bagi tubuh.

Hal perlu kita ketahui bahwa karbohidrat terbagi menjadi dua jenis yaitu karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat kompleks memberikan energi yang lebih tahan lama. Sedangkan karbohidrat sederhana menyediakan energi dalam waktu cepat.

2. Menunjang Fungsi Otak

Salah satu fungsi karbohidrat adalah untuk mendukung kinerja otak. Glukosa yang ada di karbohidrat merupakan sumber makanan yang baik bagi otak. Organ ini memang diketahui memiliki kerja lebih keras sehingga membutuhkan energi lebih besar untuk menjalankan fungsinya.

Setidaknya otak memerlukan sekitar 20% energi agar bisa berfungsi secara optimal. Maka dari itu, karbohidrat sangat dibutuhkan dan baik untuk menunjang fungsi otak.

3. Mencegah Penyakit

Konsumsi terlalu banyak karbohidrat memang kurang baik bagi kesehatan terutama untuk jantung. Namun jenis karbohidrat kompleks seperti makanan tinggi serat bisa membantu menurunkan kolesterol tubuh.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa karbohidrat kompleks yang tinggi serat tidak akan meningkatkan gula darah. Selain itu, serat juga bisa mencegah diabetes karena tidak memicu lonjakan gula dalam darah.

4. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Banyak opini yang menyebutkan bahwa konsumsi karbohidrat bisa menyebabkan berat badan naik. Faktanya, karbohidrat justru bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal. Karbohidrat kompleks bisa memberikan energi lebih lama. Jadi ketika mengonsumsinya, kita bisa merasakan kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

5. Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

Fungsi karbohidrat bagi tubuh selanjutnya yaitu membantu menjaga kesehatan pencernaan. Karbohidrat kompleks yang kaya serat bisa membantu buang air besar manjadi lebih lancar dan teratur. Selain itu, serat juga bisa menghindarkan kita pada risiko penyakit usus besar seperti divertikulus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement