5 Jenis Ikan Hiu Lengkap dengan Karakteristiknya

Siti Nur Aeni
11 Januari 2022, 12:43
Petugas memberi makan kepada ikan hiu dalam pertunjukan perdana 'Live Feeding Shark : Face to Face' di Sea World, Ancol, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Pertunjukan penyelam profesional memberi makan hiu tanpa alat pelindung yang diklaim sebagai pertama di
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra.
Petugas memberi makan kepada ikan hiu dalam pertunjukan perdana 'Live Feeding Shark : Face to Face' di Sea World, Ancol, Jakarta, Rabu (2/10/2019). Pertunjukan penyelam profesional memberi makan hiu tanpa alat pelindung yang diklaim sebagai pertama di Indonesia tersebut bertujuan untuk mengampanyekan pelestarian hiu di alam..

Ikan hiu adalah ikan tulang rawan yang dikenal juga sebagai ikan buas. Jenis ikan ini termasuk dalam ordo pleurotremata yang memiliki 20 suku dan ratusan jenis. Hiu ini hidup dalam perairan laut, payau, dan air tawar.

Hiu terkenal sebagai ikan dengan tubuh yang besar. Ikan hiu terbesar di dunia bahkan memiliki ukuran tubuh lebih dari 13,5 meter. Sebagai hewan laut, hiu memakan banyak ikan yang ukurannya lebih kecil darinya, moluska, krutasea, plankton, hingga sampah atau bangkai yang ada di laut.

Advertisement

Jenis Ikan Hiu yang Terkenal

Di awal sudah sempat disinggung bahwa ikan hiu memiliki ratusan jenis yang tersebar di berbagai perairan. Namun menurut penjelasan di jurnal Oseana Volume XXIX No. 1, berikut beberapa jenis ikan hiu yang banyak dikenal orang.

1. Hiu Penebah

Jenis hiu yang pertama yaitu hiu penebar atau Alopis pelagicus. Hiu ini memiliki karakteristik seperti berikut.

  • Memiliki lima celah insang.
  • Cuping atas ekor sama atau lebih panjang dari tubuhnya.
  • Hidup di laut terbuka namun sering terlihat di dekat pantai.
  • Panjang tubuhnya 300 – 330 cm.
  • Warna tubuh didominasi putih abu-abu, kecuali bagian punggung, sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip dubur, dan tepi sirip yang memiliki warna sedikit lebih gelap.
  • Hiu penebah mempunyai sirip ekor yang panjang untuk menyerang kelompok ikan lain sebagai makanannya.
  • Termasuk hewan vivipar karena ikan hiu berkembang biak dengan cara melahirkan.
  • Persebarannya di seluruh perairan Indo Pasifik dan Samudera Pasifik.

2. Hiu Gelap

Ikan hiu selanjutnya yang juga banyak dikenal yaitu hiu gelap atau Charcharinus obscures. Ikan ini memiliki ciri dan karakter seperti berikut.

  • Terdapat lima celah insang.
  • Cuping atas ekor lebih panjang dibandingkan cuping bawah.
  • Gigi pada rahang atas berbentuk segitiga yang runcing. Warna tubuh didominasi hitam cokelat terutama bagian punggung. Sedangkan untuk bagian perut dan sirip berwarna lebih cerah. Dan ujung cuping bawah ekor berwarna hitam.
  • Ikan ini banyak dijumpai di perairan pantai, dan lepas pantai.
  • Hiu gelap memiliki lebih dari 60 jenis dengan 20 diantaranya ada di Indonesia.

3. Hiu Makarel

Hiu makarel merupakan jenis hiu yang cukup dikenal banyak orang. Hiu makarel dikenal juga sebagai hiu mako. Ikan ini memiliki beberapa ciri khas seperti berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement