Daftar Vaksin Booster di PeduliLindungi, Mudah dan Praktis

Vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster sudah mulai dilaksanakan kemarin. Untuk mengetahui daftar vaksin booster beserta jadwalnya, Anda bisa melihatnya di PeduliLindungi.
Image title
13 Januari 2022, 10:58
Daftar Vaksin Booster di PeduliLindungi, Mudah dan Praktis
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.
Petugas medis menunjukkan vaksin Moderna saat vaksinasi dosis ketiga untuk tenaga kesehatan di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (13/8/2021). Sebanyak 3000 tenaga kesehatan di Sidoarjo mendapatkan vaksinasi tahap ketiga sebagai booster agar antibodi di dalam tubuh membentuk sistem imun yang kuat. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp.

Banyak di antara masyarakat Indonesia yang sedang bertanya-tanya terkait cara daftar vaksin booster. Program vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster mulai dilakukan pada Rabu, 12 Januari 2022. Program vaksinasi dosis ketiga ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat berusia 18 tahun keatas dan diprioritaskan pada kelompok lanjut usia dan kelompok rentan.

Vaksin booster diketahui akan diberikan di kabupaten/kota yang telah melakukan 70% program vaksinasi dosis pertama dan 60% untuk vaksinasi dosis kedua. Menurut keterangan Menteri Kesehatan, ada 244 kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut.

Vaksin penguat ini nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang telah melewati masa enam bulan dari suntikan dosis kedua. Vaksinasi dosis ketiga ini akan terbagi menjadi dua jenis.

  1. Homologus: penggunaan vaksin booster dengan merek yang sama seperti vaksin dosis pertama dan kedua.
  2. Heterologus: penggunaan tambahan dosis dengan mereka yang berbeda dengan vaksin dosis pertama dan kedua.

Cara Cek Jadwal Vaksin Booster di Pedulilindungi.id

Untuk mengetahui jadwal pemberian vaksinasi dosis ketiga, Anda bisa melihat tiket booster di website resmi pedulilindungi.id. Adapun cara melihat daftar vaksin booster di web tersebut sebagai berikut:

Advertisement
  • Buka browser di handphone atau laptop.
  • Kemudian buka laman pedulilindungi.id.
  • Setelah itu pada bagian “status kesehatan”, masukkan nama lengkap dan NIK.
  • Ceklis kolom “saya bukan robot” kemudian klik “periksa”.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul halaman informasi terkait status vaksinasi milik Anda.

Cek Tiket Vaksin Booster di Aplikasi Peduli Lindungi

Selain menggunakan website pedulilindungi.id, daftar vaksin booster juga bisa dilihat pada aplikasi PeduliLindungi. Langkah-langkahnya seperti berikut.

  • Buka aplikasi PeduliLindungi.
  • Masuk menggunakan akun yang telah terdaftar.
  • Klik bagian “profil” lalu pilih menu “status vaksinasi dan hasil tes Covid-19”.
  • Setelah status dan jadwal vaksinasi booster muncul di akun tersebut, maka Anda bisa melakukan cek tiket pada menu “riwayat dan tiket vaksin”.

Menurut penjelasan di sehatnegeriku.kemkes.go.id, apabila Anda termasuk kelompok prioritas, namun belum memiliki tiket dan jadwal vaskin booster, maka Anda bisa langsung daftar vaksin booster ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat. Anda cukup membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2.

Alur Vaksinasi Dosis Ketiga

Tak hanya cara mendapatkan vaksin booster saja yang perlu kita pahami, namun alur pemberian vaksin dosis ketiga ini juga harus kita ketahui. Berdasarkan penjelasan di katadata.co.id, berikut alur vaksinasi booster.

Meja Praregistrasi dan Verifikasi

Pada meja praregister dan verifikasi ada beberapa prosedur yang akan dilakukan, antara lain:

  1. Peserta vaksinasi menunjukan e-tiket vaksin booster yang ada di aplikasi PeduliLindungi kepada petugas.
  2. Kemudian petugas akan memeriksa e-tiket tersebut dan memasukkan nama serta NIK peserta pada aplikasi PCare Vaksinasi untuk verifikasi.
  3. Petugas akan menetukan jenis dan dosis vaksin booster serta menuliskan pada kertas kendali. Pemberian vaksin ditentukan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 serta berdasarkan ketersediaan stok.
  4. Di bagian ini, petugas juga akan membantu penerima vaksin jika ada masalah terkait administrasi atau hal lainnya.

Meja Penyuntikan

Pada meja penyuntikan terdapat dua kegiatan yaitu skirining dan vaksinasi.

  1. Skrining: menggunakan format skrining vaksinasi dosis lanjutan.
  2. Vaksinasi: penerima vaksin yang lolos skrining akan langsung disuntik oelh vaksinator sesuai dengan kombinasi jenis vaksin yang telah ditentukan.

Meja Pencatatan dan Observasi

Di meja ini ada beberapa prosedur yang dilakukan, antara lain:

  1. Petugas akan menginput data dari kertas kendali ke aplikasi Pcare Vaksinasi.
  2. Penerima vaksin akan menunggu untuk proses observasi selama 15 menit.
  3. Petugas mengisi kartu vaksin dan memberikannya pada penerima vaksin.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait