Manfaat Kopi untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Siapa sangka jika ternyata manfaat kopi untuk rambut sangat beragam. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolah kopi menjadi minyak atau masker kopi khusus untuk rambut.
Image title
14 Januari 2022, 15:28
Manfaat Kopi Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya
pixabay.com
Gambar kopi hitam yang kaya manfaat untuk rambut dan kulit kepala

Manfaat kopi untuk rambut ternyata sangat beragam. Selama ini mungkin kita hanya mengenal kopi sebagai minuman yang mengandung kafein untuk mencegah kantuk. Namun ternyata kopi juga berguna untuk memelihara kesehatan rambut.

Manfaat kopi diperoleh dari kafein yang ada didalamnya. Sebuah studi menyebutkan bahwa obat topikal yang mengandung kafein diketahui mempunyai kemampuan untuk menjaga pertumbuhan rambut.

Apa saja manfaat kopi untuk rambut? Mengutip dari klikdokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Kopi Hitam untuk Rambut

1. Mengatasi Rambut Rontok

Kopi diketahui bisa mengatasi kerontokan. Manfaat kopi untuk rambut rontok ini karena kopi mengandung kafein. Kandungan kafein dalam kopi berguna untuk merangsangkan pertumbuhan dan menghentikan kerontokan.

Advertisement

Pada pria, rambut rontok biasanya disebabkan oleh hormon dihidrotestosteron (DHT) yang merusak folikel rambut. Hal serupa juga bisa dirasakan oleh perempuan.

Kopi dipercaya memberikan efek hormon DHT pada rambut. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Dermatology menyebutkan bahwa kafein efektif untuk menghambat efek DHT pada rambut pria. Sementara itu, pada wanita kafein berperan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Pada poin pertama sudah diterangkan bahwa kafein pada kopi bisa berperan untuk menghambat efek hormon DHT yang bisa menyebabkan kerontokan. Selain itu, kopi juga berguna untuk merangsang pertumbuhan keratin.

Perlu diketahui bahwa keratin merupakan protein penting untuk rambut. Jika jumlah keratin meningkat maka sel matriks akan aktif membelah. Kondisi tersebut akan membuat rambut tumbuh dengan cepat.

3. Melembutkan Rambut

Manfaat kopi untuk rambut lainnya yaitu membuat rambut lebih lembut dan berkilau. Kopi mengandung flavonoid yang dapat meregenerasi kulit. Tidak hanya itu, kopi juga bisa membuat batang rambut lebih halus, tidak kusut, dan mudah diatur.

Kafein dalam kopi juga dipercaya bisa melembapkan rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, rambut akan nampak lebih berkilau.

4. Membuat Warna Rambut Menjadi Lebih Gelap

Kopi juga diketahui berguna untuk menggelapkan warna rambut. Namun manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh pemilik rambut dengan warna asli atau hitam. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan kopi kental seperti espresso.

5. Membantu Menyeimbakan pH Rambut

Manfaat kopi untuk rambut lainnya yaitu membantu menyeimbangkan pH rambut. Para ahli menyebutkan bahwa rambut dan kulit kepala secara alami memiliki sifat asam.

Serat pada rambut diketahui memiliki pH sekitar 3,67. Sedangkan pH pada kulit kepala sekitar 5,5. Oleh sebab itu, jika kita menggunakan produk rambut ber-pH tinggi, maka bisa meningkatkan risiko kerusakan pada rambut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan kopi untuk membantu menyeimbangkan pH pada rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, risiko kerusakan rambut bisa berkurang.

6. Menjaga Sirkulasi Darah di Kulit Kepala

Manfaat lainnya dari kopi yaitu bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar kulit kepala. Tidak hanya itu, kopi juga bisa menstimulus akar rambut.

Minyak pada kpi mengandung asam lemak yang terdiri atas asam linoleat, asam palmitat, dan asam oleat. Kombinasi senyawa tersebut juga berguna untuk menjaga kelembapan pada rambut.

7. Mengangkat Sel Kulit Mati di Kepala

Manfaat kopi untuk rambut selanjutnya yaitu sebagai materal eksoliasi. Kopi bisa digunakan sebagai scrub alami yang dapat mengangkat sel kulit mati pada area kulit kapala. Dengan demikian, seluruh kotoran dan minyak bisa terangkat dan kulit kepala beserta rambut menjadi lebih sehat.

Cara Menggunakan Kopi untuk Rambut

Agar bisa mendapatkan manfaat kopi untuk rambut, maka Anda harus bisa menggunakan kopi dengan tepat. Berdasarkan penjelasan di klikdokter.com, ada beberapa cara menggunakan kopi untuk rambut. Berikut penjelasannya.

1. Minyak Kopi

Mengolah kopi menjadi minyak rambut menjadi salah satu cara untuk memanfaatkan kopi sebagai bahan perawatan rambut. Minyak kopi dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan merangsang folikel rambut.

Adapun cara untuk membuat minyak kopi sebagai berikut:

  • Didihkan minyak di dalam panci sebanyak 2 cangkir. Anda dapat menggunakan minyak kelapa, minyak almond, maupun minyak zaitun.
  • Kemudian tambahkan ¼ cangkir biji kopi yang sudah dipanggang sekitar 7-8 jam, dan tutup panci tersebut.
  • Aduk sesekali campuran kopi dan minyak agar tidak gosong.
  • Matikan api setelah 8 jam, lalu saring minyak setelah dingin.
  • Anda juga bisa menambahkan minyak kopi dengan bahan lain seperti minyak lavender, rosemary, atau papermint.
  • Simpan minyak kopi di wadah tertutup dan masukan dalam kulkas.
  • Oleskan minyak di area kulit kepala secara merata.

2. Masker Kopi

Selain mengolahnya menjadi minyak, cara menggunakan kopi untuk rambut lainnya yaitu dengan membuatnya menjadi masker kopi. Cara membuat masker kopi untuk rambut cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan madu dan minyak zaitun sebagai bahan tambahan.
  • Tuangkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk sebanyak satu sendok teh.
  • Tambahkan dua sendok teh bubuk kopi, lalu aduk sampai membentuk pasta.
  • Oleskan masker ke rambut.
  • Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait