Manfaat Kopi untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Siti Nur Aeni
14 Januari 2022, 15:28
Manfaat Kopi Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya
pixabay.com
Gambar kopi hitam yang kaya manfaat untuk rambut dan kulit kepala

Manfaat kopi untuk rambut ternyata sangat beragam. Selama ini mungkin kita hanya mengenal kopi sebagai minuman yang mengandung kafein untuk mencegah kantuk. Namun ternyata kopi juga berguna untuk memelihara kesehatan rambut.

Manfaat kopi diperoleh dari kafein yang ada didalamnya. Sebuah studi menyebutkan bahwa obat topikal yang mengandung kafein diketahui mempunyai kemampuan untuk menjaga pertumbuhan rambut.

Apa saja manfaat kopi untuk rambut? Mengutip dari klikdokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Manfaat Kopi Hitam untuk Rambut

1. Mengatasi Rambut Rontok

Kopi diketahui bisa mengatasi kerontokan. Manfaat kopi untuk rambut rontok ini karena kopi mengandung kafein. Kandungan kafein dalam kopi berguna untuk merangsangkan pertumbuhan dan menghentikan kerontokan.

Pada pria, rambut rontok biasanya disebabkan oleh hormon dihidrotestosteron (DHT) yang merusak folikel rambut. Hal serupa juga bisa dirasakan oleh perempuan.

Kopi dipercaya memberikan efek hormon DHT pada rambut. Penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Dermatology menyebutkan bahwa kafein efektif untuk menghambat efek DHT pada rambut pria. Sementara itu, pada wanita kafein berperan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Pada poin pertama sudah diterangkan bahwa kafein pada kopi bisa berperan untuk menghambat efek hormon DHT yang bisa menyebabkan kerontokan. Selain itu, kopi juga berguna untuk merangsang pertumbuhan keratin.

Perlu diketahui bahwa keratin merupakan protein penting untuk rambut. Jika jumlah keratin meningkat maka sel matriks akan aktif membelah. Kondisi tersebut akan membuat rambut tumbuh dengan cepat.

3. Melembutkan Rambut

Manfaat kopi untuk rambut lainnya yaitu membuat rambut lebih lembut dan berkilau. Kopi mengandung flavonoid yang dapat meregenerasi kulit. Tidak hanya itu, kopi juga bisa membuat batang rambut lebih halus, tidak kusut, dan mudah diatur.

Kafein dalam kopi juga dipercaya bisa melembapkan rambut dan kulit kepala. Dengan demikian, rambut akan nampak lebih berkilau.

4. Membuat Warna Rambut Menjadi Lebih Gelap

Kopi juga diketahui berguna untuk menggelapkan warna rambut. Namun manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh pemilik rambut dengan warna asli atau hitam. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan kopi kental seperti espresso.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...