Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Penting untuk Diketahui

Siti Nur Aeni
14 Januari 2022, 18:26
Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil yang Penting untuk Diketahui
pixabay.com
Gambar Buah Pir

Saat hamil, konsumsi makanan sehat termasuk buah-buahan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Salah satu buah yang aman dikonsumsi ibu hamil yaitu buah pir. Sebab ada banyak manfaat buah pir untuk ibu hamil.

Buah pir mengandung banyak nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan. Kandungan buah pir antara lain; serat, fosfor, zat besi, kalium, zinc, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan asam folat.

Dari kandungan tersebut wajar jika manfaat buah pir bagi ibu hamil juga sangat beragam. Mengutip dari sehatq.com, berikut ini beberapa manfaat yang dimiliki buah pir untuk ibu hamil.

Manfaat Buah Pir Bagi Ibu Hamil

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat pertama yang bisa dirasakan ibu hamil jika mengonsumi buah pir yaitu bisa meningkatkan imun tubuh. Selama kehamilan biasanya sistem imun perempuan akan menurun, sehingga ibu hamil lebih rentan sakit.

Buah pir diketahui bisa menguatkan sistem imun ibu hamil, melawan radikal bebas, dan mencegah infeksi. Sebab buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam setu buah pir, diketahui ada 10 mg vitamin C.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ketika hamil, biasanya banyak orang mengeluhkan sembelit atau sulit buang air besar. Kondisi tersebut jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan masalah yang lebih parah.

Untuk mengatasi sembelit, ibu hamil bisa mengonsumsi buah pir. Sebab buah ini mengandung serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Meningkatkan Energi

Manfaat buah pir untuk ibu hamil selanjutnya yaitu untuk menambah energi. Ibu hamil pada umumnya cepat merasa lelah, sehingga membutuhkan tambahan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Meskipun demikian, konsumsi karbohidrat dan gula yang terlalu banyak bisa meningkatkan berat badan dan berisiko menyebabkan diabetes. Maka dari itu, konsumsi buah pir menjadi cara tepat untuk menambah energi saat hamil.

Sebab dalam satu buah pir sudah terdapat 143 kalori. Kandungan kalori dalam buah pir terdiri atas gula alami (glukosa dan fruktosa). Gula tersebut bisa menambah energi ibu hamil dan bisa menekan keinginan konsumsi makanan manis saat hamil.

Tidak hanya itu, buar pir juga mengandung banyak serat sehingga kalori yang disantai bisa lebih mengenyangkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...