8 Patung Tertinggi di Dunia, Ada yang Tingginya Mencapai 182 Meter

Siti Nur Aeni
20 Januari 2022, 15:58
8 Patung Tertinggi di Dunia, Ada yang Tingginya Mencapai 182 Meter
statueofunity.in
Patung Statue of Unity, India

Patung biasanya menjadi ikon disebuah daerah atau tempat. Maka tak jarang jika patung menjadi daya tarik wisata yang bernilai seni tinggi. Daya tarik wisata tidak hanya pada nilai seninya, namun juga dari ketinggiannya. Ada beberapa patung tertinggi di dunia yang menjadi destinasi wisata di berbagai tempat.

World Famous Things merilis delapan patung tertinggi di dunia yang tersebar di berbagai negara. Dimanakah patung tertinggi itu? Dan berapa ketinggiannya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Urutan Patung Tertinggi di Dunia

1. Statue of Unity, India (182 Meter)

Patung tertinggi di dunia yang pertama yaitu Statue of Unity di India. Patung ini diresmikan pada 2018. Latak patung ini ada di pulau yang berada di sebuah sungai, menghadap ke Bendungan Narmada dekat Rajpipla atau sekitar 100 km tenggara kota Vadodara.

Statue of Unity dibangun untuk menghormati pahlawan kemerdekaan dan Menteri Dalam Negeri pertama di India, bernama Sardar Vallabhbhai Patel. Patung tinggi ini dibangun di atas lahan lebih dari dua hektare. Pembangunan patung ini diketahui memakan biaya Rp6 triliun.

2. Spring Temple Buddha, Tiongkok (153 Meter)

Patung tertinggi di dunia lainnya yaitu Spring Temple Buddha. Patung tinggi ini ada di daerah terpencil di Fodushan Scenic Area, Provinsi Henan. Patung ini memiliki ketinggian 153 meter. Patung ini dibangun pada tahun 2008. Spring Temple Buddha dibuat dari 108 kg emas, 3300 ton tembaga, dan 15 ribu ton baja.

3. Laykyun Sekkya, Myanmar (116 Meter)

Lakyung Sekkya merupakan patung tinggi yang ada di Myanmar. Patung ini dibangun pada tahun 1996 dan selesai pada tahun 2008. Daya tarik dari patung ini tidak hanya pada ketinggiannya, namun juga pada bentuk uniknya. Hal tersebut membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke tempat patung tersebut berada.

4. Ushiku Daibutsu, Jepang (100 Meter)

Patung tertinggi di dunia lainnya yaitu Ushiku Daibutsu atau yang juga dikenal dengan nama Amitabha. Patung ini berada di Ibaraki, Jepang. Patung ini memiliki ketinggian 100 meter. Ushiku Daibutsu dibangun pada tahun 1995 dan selesai dibangun pada 2002.

5. Sendai Daikannon, Jepang (100 Meter)

Sendai Daikannon merupakan patung Nyoirin Kannon atau lebih dikenal dengan sebutan Dewi Kwam Im. Patung ini berada di Prefektur Miyagi. Patung ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata religi di Jepang. Hal tersebut dikarenakan Sendai Daikannon dilengkapi dengan 108 arca Buddha.

6. Guishan Guanyin of Thousand Hands and Eyes, Tiongkok (99 Meter)

Guishan Guanyin of Thousand Hands and Eyes juga masuk dalam urutan patung tertinggi di dunia. Patung ini ada di Weishan, Provinsi Hunan, Cina. Patung ini terbuat dari perunggu yang berlapis emas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...