Manusia dengan IQ Tertinggi di Indonesia, B.J. Habibie Salah Satunya

Siti Nur Aeni
20 Januari 2022, 19:54
Manusia dengan IQ Tertinggi di Indonesia, B.J. Habibie Salah Satunya
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
FOTO DOKUMENTASI. Presiden ketiga RI BJ Habibie melambaikan tangan saat akan menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2015 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015). Sidang Tahunan MPR diselenggarakan dengan agenda penyampaian pidato Presiden Joko Widodo mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara.

IQ atau Intelligence quotient merupakan alat pengukur kecerdasan pada makhluk hidup. IQ yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Di negara kita, ada beberapa orang yang memiliki IQ tertinggi di Indonesia.

Masyarakat Indonesia dengan tingkat kecerdasan tinggi ini umumnya memiliki pendidikan yang tinggi. Sebagian besar bahkan lulusan luas negeri dan bergelar profesor. Siapa sajakah mereka? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Advertisement

Manusia dengan IQ Tertinggi di Indonesia

1. Prof. Dr. -Ing. Dr. Sc. HC. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie

Kita pasti sudah tidak asing dengan nama Bacharuddin Jusuf Habibie. Presiden ke tiga Republik Indonesia sudah sejak dahulu dikenal sebagai orang dengan IQ tertinggi di Indonesia. B.J. Habibie merupakan putra bangsa yang lahir di Parepare pada 25 Juni 1936.

B.J. Habibie berhasil mendapatkan gelar insinyur diploma dengan predikat cumlaude di Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara, setelah lima tahun kuliah di negeri orang.

Sebagai lulusan terbaik, karir B.J. Habibie memiliki karir yang cemerlang. Berikut deretan posisi penting yang pernah diduduki B.J. Habibie sebelum kembali ke tanah air.

  • Kepala Riset dan Pembangunan Analisa Struktur Hamburger Flugzeugbau Gmbh, Hamburg Jerman pada tahun 1965-1969.
  • Kepala Metode dan Teknologi Divis Pesawat Terbang Komersial dan Militer MBB Gmbh, Hamburg dan Munchen tahun 1969-1973.
  • Wakil Presiden dan Direktur Teknologi MBB Gmbh Hamburg dan Munchen tahun 1973-1978.
  • Penasehat teknologi senior untuk Direktur MBB bidang luar negeri tahun 1978.

Sebagai putra bangsa, B.J. Habibie memiliki keinginan untuk membangun negeri. Beliau akhirnya kembali ke tanah air dan memulai karirnya sebagai Penasihat Pemerintah Indonesia bidang teknologi tinggi dan teknologi peswat terbang. Hingga akhirnya, B.J. Habibie berhasil menjadi Presiden ke tiga RI.

Sudah banyak medali dan penghargaan nasional maupun internasional yang sudah didapatkannya. Ssalah satu penghargaan terbaik yang pernah diraihnya yaitu Grand Officer De La Legium D’Honour.

Penghargaan tersebut diberikan oleh pemerintah Perancis atas kontribusi dan dedikasinya dalam industri di Indonesia. Selain itu, masih banyak lagi penghargaan-penghargaan lain yang diperoleh B.J. Habibie.

2. Profesor Neson Tansu Ph.D

Orang dengan IQ tertinggi di Indonesia selanjutnya yaitu Prof. Neson Tansu, Ph.D. Putera bangsa kelahiran 1977 ini ternyata berhasil memperoleh 11 penghargaan dan memiliki tiga paten atas penemuannya.

Nelson Tensu berhasil memperoleh gelar Ph.D di Universitas of Wisconsin, Medison saat usianya baru menginjak 25 tahun. Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan gelar profesor di Lehigh University, Pensilvania serta menjadi pengajar S2 dan S3 hingga menjadi post doctoral Depatemen Teknik Elektro dan Komputer.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement