Ketahui Cara Mengatasi Susah Tidur Lengkap dengan Penyebabnya

Insomnia merupakan gangguan saat seseorang sulit atau tidak bisa tidur. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi susah tidur dengan efektif. Berikut penjelasannya.
Image title
25 Januari 2022, 09:19
Ketahui Cara Mengatasi Susah Tidur Lengkap dengan Penyebabnya
pexels.com/cottonbro
Ilustrasi susah tidur di malam hari

Insomnia merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang sulit atau tidak bisa tidur. Masalah ini bisa dialami siapa saja. Jika Anda termasuk kelompok penderita insomnia, tak ada salahnya untuk menerapkan cara mengatasi susah tidur yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Penyebab Sulit Tidur di Malam Hari

Sebelum membahas tentang cara mengatasi susah tidur di malam hari, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu penyebab masalah tersebut muncul. Penyebab insomnia yang dialami setiap orang berbeda-beda. Mengutip dari sehatq.com, berikut empat penyebab susah tidur di malam hari.

1. Stres

Stres menjadi salah satu penyebab sulit tidur. Ketiga banyak hal yang dipikirkan, biasanya seseorang akan merasa stres. Hal ini yang berakibat seseorang menjadi insomnia.

2. Terlalu sibuk

Siapa sangka jika sibuk bisa menyebabkan seseorang sulit itdur. Ketika kita sibuk bekerja hingga larut malam, maka jam tidur juga akan terganggu. Hal ini juga terjadi pada seseorang yang sering bekerja di luar kota atau luas negeri. Perbedaan zona waktu bisa memicu seseorang sulit tidur.

Advertisement

3. Banyak makan saat malam hari

Terlalu banyak makan saat malam hari juga bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur. Sebab hal tersebut membuat perut menjadi penuh dan tidak nyaman saat berbaring. Langsung tertidur setelah makan berat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada lambung. Misalnya nyeri ulu hati dan naik asam lambung.

4. Menggunakan gadget saat jam tidur

Penyebab sulit tidur lainnya yaitu terlalu lama menggunakan gadget saat jam tidur. Sinar yang terpancar dari ponsel atau gadget lainnya bisa membuat mata tetap terjaga walaupun telah mengantuk dan lelah.

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kini kita akan mengulas tentang cara mengatasi susah tidur dan gelisah. Mengutip di alodokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Relaksasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur yaitu dengan melakukan relaksasi. Misalnya dengan olahraga yoga atau pilates. Aktivitas tersebut bisa memberikan rasa tenang dan nyaman, sehingga saat malam hari Anda bisa tidur dengan lelap.

Selain itu, bentuk relaksasi lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama tenang.

2. Terus Berpikir Positif

Cara jitu mengatasi susah tidur yaitu dengan berpikir positif. Dengan cara ini Anda bisa lebih tenang. Saat pikiran tenang, maka Anda juga mudah terlelap di malam hari.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Asupan makanan sehat dan bergizi juga bisa membantu mengatasi insomnia. Sebaiknya hindari konsumsi makanan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks saat malam hari. Sebab makanan tersebut dapat membuat kerja sistem pencernaan yang membuat tubuh sulit istirahat.

Sementara itu, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi malam hari yaitu makanan ringan dan sehat seperti yogurt atau cracker tawar.

4. Menghindari Minuman Mengandung Alkohol dan Kafein

Cara mengatasi insomnia lainnya yaitu menghindari minuman beralkohol dan mengandung kafein sebelum tidur. Kedua jenis minuman tersebut dapat membuat tubuh menjadi sulit istirahat dan terjaga hingga larut malam. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi minuman sehat seperti susu dan air putih.

5. Tidak Merokok Menjelang Tidur

Merokok saat jam tidur ternyata bisa menyebabkan susah tidur. Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok dapat membuat sulit tidur. Maka dari itu, salah satu cara mengatasi susah tidur yaitu dengan tidak merokok menjelang tidur.

6. Mengantisipasi Perubahan Jam Tidur saat Bepergian atau Kerja

Saat kita bepergian ke tempat dengan zona waktu yang berbeda ternyata bisa menyebabkan gangguan ritme sirkadian. Sebagai informasi, ritme sirkadian adalah mekanisme alami tubuh untuk mengatur jadwal tidur dan bangun, metabolisme, dan suhu tubuh.

Jika ritem tersebut terganggu, maka tubuh berpeluang mengalami gangguan tidur. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka sebaiknya untuk mengatur kegiatan sehati-hari serta usahakan tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya.

7. Membuat Kamar Tidur dengan Nyaman

Cara mengatasi susah tidur lainnya yaitu dengan membuat kamar tidur senyaman mungkin. Salah satu cara untuk menjaga kenyamanan di area kamar tidur yaitu dengan menerapkan sleep hygiene.

Cara untuk menerapkan sleep hygiene yaitu dengan memisahkan kamar dengan area belajar, bekerja, hingga area bemain atau nonton televisi. Tak hanya itu, sleep hygiene juga bisa diterapkan dengan mengatur suhu dan pencahayaan di kamar tidur.

Membuat kamar dengan nyaman juga bisa dilakukan dengan cara mengatur bantal dan kasur yang digunakan. Pastikan memilih kasur dan bantal yang lembut dan empuk.

8. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi insomnia. Pola hidup sehat yang bisa diterapkan antara lain; mengatur asupan makanan, mengurangi stres, dan olahraga rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Beberapa olahraga yang bisa dipilih yaitu berenang, yoga, dan jogging.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait