Ketahui Cara Mengatasi Susah Tidur Lengkap dengan Penyebabnya

Siti Nur Aeni
25 Januari 2022, 09:19
Ketahui Cara Mengatasi Susah Tidur Lengkap dengan Penyebabnya
pexels.com/cottonbro
Ilustrasi susah tidur di malam hari

Insomnia merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan seseorang sulit atau tidak bisa tidur. Masalah ini bisa dialami siapa saja. Jika Anda termasuk kelompok penderita insomnia, tak ada salahnya untuk menerapkan cara mengatasi susah tidur yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Penyebab Sulit Tidur di Malam Hari

Sebelum membahas tentang cara mengatasi susah tidur di malam hari, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu penyebab masalah tersebut muncul. Penyebab insomnia yang dialami setiap orang berbeda-beda. Mengutip dari sehatq.com, berikut empat penyebab susah tidur di malam hari.

Advertisement

1. Stres

Stres menjadi salah satu penyebab sulit tidur. Ketiga banyak hal yang dipikirkan, biasanya seseorang akan merasa stres. Hal ini yang berakibat seseorang menjadi insomnia.

2. Terlalu sibuk

Siapa sangka jika sibuk bisa menyebabkan seseorang sulit itdur. Ketika kita sibuk bekerja hingga larut malam, maka jam tidur juga akan terganggu. Hal ini juga terjadi pada seseorang yang sering bekerja di luar kota atau luas negeri. Perbedaan zona waktu bisa memicu seseorang sulit tidur.

3. Banyak makan saat malam hari

Terlalu banyak makan saat malam hari juga bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur. Sebab hal tersebut membuat perut menjadi penuh dan tidak nyaman saat berbaring. Langsung tertidur setelah makan berat juga dapat menyebabkan masalah kesehatan pada lambung. Misalnya nyeri ulu hati dan naik asam lambung.

4. Menggunakan gadget saat jam tidur

Penyebab sulit tidur lainnya yaitu terlalu lama menggunakan gadget saat jam tidur. Sinar yang terpancar dari ponsel atau gadget lainnya bisa membuat mata tetap terjaga walaupun telah mengantuk dan lelah.

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Setelah mengetahui penyebabnya, maka kini kita akan mengulas tentang cara mengatasi susah tidur dan gelisah. Mengutip di alodokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Relaksasi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi susah tidur yaitu dengan melakukan relaksasi. Misalnya dengan olahraga yoga atau pilates. Aktivitas tersebut bisa memberikan rasa tenang dan nyaman, sehingga saat malam hari Anda bisa tidur dengan lelap.

Selain itu, bentuk relaksasi lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik dengan irama tenang.

2. Terus Berpikir Positif

Cara jitu mengatasi susah tidur yaitu dengan berpikir positif. Dengan cara ini Anda bisa lebih tenang. Saat pikiran tenang, maka Anda juga mudah terlelap di malam hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement