Mengenal Arti Self Reward beserta Contohnya

Siti Nur Aeni
28 Januari 2022, 18:46
Ilustrasi seseorang sedang nonton drama Korea sebagai bentuk self reward
Pexels/Vlada Karpovich
Ilustrasi seseorang sedang nonton drama Korea sebagai bentuk self reward

Kita mungkin sering mendengar istilah self reward. Sebutan ini biasanya diutarakan ketika seseorang baru saja memberikan hadiah untuk diri sendiri.

Secara makan self reward adalah bentuk kegiatan yang dilakukan untuk mengapresiasi pencapaian yang telah diperoleh diri sendiri. Dari definisi tersebut maka, self reward bisa termasuk dalam self love.

Advertisement

Lalu, apakah self reward penting? Dan apasajakah bentuk self reward yang bisa dilakukan? Temukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.

Pentingnya Self Reward

Sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian yang sudah dilakukan, tentu saja menjadi hal yang self reward penting. Mengutip dari gramedia.com, berikut beberapa hal yang menjadikan self reward penting untuk dilakukan.

1. Bentuk apresiasi kepada diri sendiri

Self reward untuk diri sendiri merupakan bagian dari apresiasi atas pencapaian yang sudah diperoleh. Kita pasti sudah sering memberikan apresiasi atau hadiah untuk orang lain. Namun terkadang kita lupa untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri.

Padahal memberikan hadiah untuk diri sendiri sangat penting. Sebab apresiasi dan reward bisa menjadi penyemangat untuk melakukan hal lain yang jauh lebih baik.

2. Sebagai motivasi

Ketika kita menjalankan tidak selamanya berjalan sesuai dengan keingianan. Terkadang ada beberapa hal yang sulit untuk dicapai karena banyak gangguan dan rintangan yang membuat kita lelah untuk mencapai hal itu.

Jika sudah demikian, maka kita perlu sesekali memberikan hadiah untuk diri sendiri agar kembali termotivasi untuk menggapai cita-cita.

3. Menghilangkan stres dan penat

Untuk sebagian orang self reward bisa menjadi obat penghilang stres dan penat. Dengan memberikan apresiasi pada diri sendiri melalui hal-hal sederhana ternyata bisa menjadi energi positif.

Perlu dipahami bahwa stres dan penat bisa disebabkan oleh tekanan. Sehingga secara tidak langsung, hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mental kita.

Oleh sebab itu, self reward juga diperlukan untuk menghilangkan stres dan penat serta menjaga agar mental tetap sehat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement