Kenapa Langit Berwarna Biru? Begini Penjelasannya Secara Ilmiah

Siti Nur Aeni
2 Februari 2022, 11:35
Kenapa Langit Berwarna Biru? Begini Penjelasan Secara Ilmiah
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/FOC/dj
Penampakan langit biru dan pelangi

Pemandangan langit yang cerah berwarna biru memang selalu indah untuk dilihat. Namun pernahkan Anda mencari tahu kenapa langit berwarna biru?

Fenomena langit berwarna biru ternyata bukan kebetulan semata. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab langit berwarna biru. Apa saja penyebabnya? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Faktor Penyebab Warna Biru Langit

Mengutip dari zenius.net, diketahui ada tiga faktor yang menjadi penyebab warna langit menjadi biru. Berikut ulasannya.

1. Cahaya Matahari

Penyebab yang pertama yaitu karena adanya cahaya matahari. Jika dilihat menggunakan mata telanjang, maka cahaya matahari akan terlihat seperti berwarna putih kekuningnya. Padahal, sinar matahari sebenarnya memiliki berbagai warna seperti pelangi.

Cahaya matahari memiliki berbagai sprektrum warna dengan panjang gelombang yang tidak sama. Warna merah diketahui memiliki panjang gelombang terpanjang dibandingkan warna lain.

2. Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi juga bisa menyebabkan warna langit menjadi biru. Atmosfer bumi tersusun atas berbagai partikel dengan oksigen (O2) dan nitrogen (N2) menjadi partikel paling banyak. Kandungan nitrogen di udara diketahui sekitar 78% dan kandungan oksigen sekitar 21%, sisanya yaitu karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur oksida, dan partikel lain.

Saat cahaya dari matahari mengenai atmosfer bumi, maka akan terjadi interaksi cahaya dan partikel yang ada di atmosfer tersebut. Interaksi tersebut mengakibatkan penghamburan cahaya Rayleigh atau Rayleigh scattering.

Cahaya biru dan violet yang mempunyai panjang gelombang pendek lebih mudah terserap molekul udara. Hal tersebut menyebabkan cahaya biru dan violet lebih banyak tersebar dan berhamburan. Perlu diketahui juga bahwa cahaya biru lebih terlihat dibandingkan violet karena intensitas cahaya violet atau ungu lebih rendah dibandingkan biru.

3. Faktor Pengliihatan Manusia

Mata manusia diketahui lebih sensitif terhadap warna biru dibandingkan violet. Hal ini bisa menyebabkan warna biru langit lebih terlihat dibandingkan warna ungu atau violet.

Hamburan Rayleigh

Berdasarkan penjelasan di simdos.unud.ac.id,  mengapa langit berwarna biru menurut fisika yaitu karena adanya hamburan cahaya matahari dari molekul atmosfer. Hamburan tersebut dikenal dengan sebutan hamburan Rayleigh.

Secara definisi hamburan Rayleigh adalah hamburan elastis dari cahaya matahari (gelombang elektromagnetik) saat cahaya melewati partikel. Hamburan tersebut diketahui lebih efektif pada panjang gelombang pendek.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...