9 Manfaat Lari Pagi Ini Berguna untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Lari pagi ternyata memiliki segudang manfaat untuk memelihara kesehatan tubuh. Berikut ini sembilan manfaat lari pagi yang perlu diketahui.
Image title
2 Maret 2022, 14:18
9 Manfaat Lari Pagi ini Berguna untuk Memelihara Kesehatan Tubuh
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Seorang wisatawan asing tengah berlari di pinggir pantai di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Udara pagi yang sejuk ditambah dengan suasana yang tenang kerap kali dimanfaatkan segelintir orang untuk berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan di pagi hari yaitu lari atau jogging. Selain nyaman, manfaat lari pagi ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Waktu pagi juga relatif lebih senggang dibandingkan siang atau sore yang biasanya diisi dengan aktivitas penting lain seperti sekolah atau bekerja. Lantas, apa saja manfaat dari kegiatan lari di pagi hari? Mengutip dari honestdocs.id, berikut penjelasannya.

Manfaat Lari Pagi Setiap Hari

1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat dari lari pagi yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan saat berlari metabolisme tubuh akan meningkat. Kondisi tersebut bisa memicu pertumbuhan sel pertahanan tubuh. Pembentukan sel imun itu sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari penyakit.

2. Membuat tidur lebih berkualitas

Lari pagi juga ternyata bisa membuat tidur lebih berkualitas. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penderita insomnia yang rutin lari pagi diketahui berhasil bisa tidur 17 menit lebih cepat dari sebelumnya.

Advertisement

Penderita insomnia juga merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya. Maka dari itu, kebiasaan lari pagi dapat menjadi solusi ketika Anda sulit tidur.

3. Menambah energi tubuh

Manfaat lari pagi untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa menambah stamina atau energi tubuh. Hal ini dikarenakan saat berlari dengan udara segara dan suasana tenang, maka organ tubuh akan kembali bangkit. Saat itulah, tubuh akan mendapatkan energi yang diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Mencegah risiko diabetes

Lari pagi ternyata bisa menjadi salah satu cara mencegah diabetes. Perlu diketahui bahwa sel tubuh manusia memerlukan insulin untuk memasok glukosa. Namun ada kalanya sel tersebut tidak bekerja secara optimal. Kondisi tersebut yang membuat makanan menumpuk dalam darah dan lama kelamaan akan memicul munculnya penyakit diabetes melitus.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kita perlu rutin olahraga. Saat olahraga senstifitas sel terhadap insulin akan meningkat. Dengan demikian, gula dalam darah tetap terkontrol. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa lari pagi bisa mengurangi risiko diabetes mencapai 5%.

5. Melancarkan pencernaan

Manfaat jogging pagi juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Gerakan otot saat berlari juga bisa membantu pergerakan otot perut dan memicu gerakan usus. Dengan demikian, proses buang air besar mencari lebih lancar tanpa perlu konsumsi obat kimia.

6. Membuat tulang lebih kuat dan sehat

Kekuatan dan kesehatan tulang akan terjadi jika selalu dirasangkan. Selain dengan rutin mengonsumsi kalsium dan vitamin D, cara lain untuk memelihara tulang yaitu dengan rajin berjalan atau berlari ringan di pagi hari.

Tujuan dari lari pagi yaitu untuk merangsang tulang supaya zat besi dalam tulang bisa digunakan. Tak hanya itu, saat lari pagi tubuh kita juga akan terpapar sinar matahari yang berguna untuk meningkatkan sumber vitamin D alami. Vitamin tersebutlah yang membantu tulang menjadi lebih padat, kokoh, dan sehat.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Missouri juga menyebutkan bahwa kepadatan tulang palari lebih baik dibandingkan dengan pesepeda. Maka dari itu, olahraga lari dapat menjadi pilihan untuk Anda yang ingin merawat kesehatan tulang.

7. Memelihara kesehatan pernapasan

Udara bersih dengan kandungan oksigen tinggi saat pagi hari menjadikan aktivitas lari pagi dapat membantu memelihara kesehatan pernapasan. Hal ini dikarenakan saat berlari, tubuh membutuhkan oksigen lebih banyak. Maka dari itu, frekuensi napas akan lebih sering sehingga oksigen lebih banyak masuk ke paru-paru.

Manfaat lari pagi ini juga bisa dirasakan oleh penyintas penyakit pernapasan seperti asma, PPOK, bronkhitis, dan lain sebagainya. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa penderita asma dianjurkan untuk lari pagi secara rutin setiap minggunya selama tiga bukan.

Hasil dari penelitian tersebut membuktikan bahwa aktivitas lagi pagi yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi serangan asma. Bahkan penderita penyakit itu bisa merasakan pernapasan yang lebih baik.

8. Memelihara kesehatan jantung

Manfaat lari pagi berikutnya yaitu dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Saat kita berlari, maka jantung akan memompa darah dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen. Belari juga dapat melath jantung untuk terus bekerja dengan baik sehingga kondisi organ dalam tersebut tetap terjaga.

Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa berlari sejauh 16 km dalam satu minggu bisa menurunkan risiko penyakit tekanan darah hingga 39%. Selain itu, olahraga lari juga dapat mengurangi masalah kolesterol pada pembuluh darah jantung hingga 34%.

9. Mengurangi kalori tubuh

Selain untuk mencegah risiko penyakit, lari pagi juga berguna untuk mengurangi berat badan. Manfaat lari pagi untuk diet yaitu bisa membakar kalori tubuh. Lagi pagi diketahui bisa membantu tubuh untuk memecah lemak menjadi energi. Dengan demikian, berat badan bisa turun secara alami.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait