9 Manfaat Lari Pagi Ini Berguna untuk Memelihara Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
2 Maret 2022, 14:18
9 Manfaat Lari Pagi ini Berguna untuk Memelihara Kesehatan Tubuh
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Seorang wisatawan asing tengah berlari di pinggir pantai di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Udara pagi yang sejuk ditambah dengan suasana yang tenang kerap kali dimanfaatkan segelintir orang untuk berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang banyak dilakukan di pagi hari yaitu lari atau jogging. Selain nyaman, manfaat lari pagi ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Waktu pagi juga relatif lebih senggang dibandingkan siang atau sore yang biasanya diisi dengan aktivitas penting lain seperti sekolah atau bekerja. Lantas, apa saja manfaat dari kegiatan lari di pagi hari? Mengutip dari honestdocs.id, berikut penjelasannya.

Manfaat Lari Pagi Setiap Hari

1. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat dari lari pagi yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan saat berlari metabolisme tubuh akan meningkat. Kondisi tersebut bisa memicu pertumbuhan sel pertahanan tubuh. Pembentukan sel imun itu sangat dibutuhkan untuk melindungi tubuh dari penyakit.

2. Membuat tidur lebih berkualitas

Lari pagi juga ternyata bisa membuat tidur lebih berkualitas. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penderita insomnia yang rutin lari pagi diketahui berhasil bisa tidur 17 menit lebih cepat dari sebelumnya.

Penderita insomnia juga merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya. Maka dari itu, kebiasaan lari pagi dapat menjadi solusi ketika Anda sulit tidur.

3. Menambah energi tubuh

Manfaat lari pagi untuk kesehatan selanjutnya yaitu bisa menambah stamina atau energi tubuh. Hal ini dikarenakan saat berlari dengan udara segara dan suasana tenang, maka organ tubuh akan kembali bangkit. Saat itulah, tubuh akan mendapatkan energi yang diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4. Mencegah risiko diabetes

Lari pagi ternyata bisa menjadi salah satu cara mencegah diabetes. Perlu diketahui bahwa sel tubuh manusia memerlukan insulin untuk memasok glukosa. Namun ada kalanya sel tersebut tidak bekerja secara optimal. Kondisi tersebut yang membuat makanan menumpuk dalam darah dan lama kelamaan akan memicul munculnya penyakit diabetes melitus.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kita perlu rutin olahraga. Saat olahraga senstifitas sel terhadap insulin akan meningkat. Dengan demikian, gula dalam darah tetap terkontrol. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa lari pagi bisa mengurangi risiko diabetes mencapai 5%.

5. Melancarkan pencernaan

Manfaat jogging pagi juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Gerakan otot saat berlari juga bisa membantu pergerakan otot perut dan memicu gerakan usus. Dengan demikian, proses buang air besar mencari lebih lancar tanpa perlu konsumsi obat kimia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...