Memahami Karakteristik dan Ciri-ciri Generasi Z

Siti Nur Aeni
8 Maret 2022, 11:09
Memahami Karakteristik dan Ciri-ciri Generasi Z
Pexels/Vlada Karpovich
Ilustrasi generasi Z yang sedang mengakses internet

Generasi Z adalah generasi peralihan dari generasi Y saat teknologi mulai berkembang. Generasi ini disebut juga sebagai Gen Z atau i-generation. Mereka yang masuk dalam generasi ini termasuk generasi up to date terhadap isu yang tersebar di media masa atau internet.

Kehidupan gen Z tidak lepas dari internet, karena mereka lahir dan tumbuh di tengah perkembangan teknologi. Mereka juga dikenal sebagai generasi yang mahir dalam mengoperasikan internet baik untuk hiburan, belajar, atau bekerja.

Karakteristik Generasi Z

Gen Z memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lain. Dalam K- JTP: Vol. 06, No.01, dijelaskan bahwa gen Z memiliki karakter yang menggemari teknologi, fleksibel, lebih cerdas, dan toleran pada perbedaan budaya.

Generasi ini juga terhubung secara global dan berjejaring di dunia virtual. Meskipun terkenal open minded, namun generasi ini juga dketahui memiliki karakter yang menyukai budaya instan dan kurang peka terhadap esensi privat.

Sebagai kelompok yang banyak terpapar internet, maka saat mempunyai pengelaman baik atau buruk, mereka tidak akan diam saja. Mereka akan mengungkapkan pengelaman tersebut di media sosial. Gen Z memiliki kemampuan berpikir global, karena sering menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan seluruh orang di belahan dunia.

Ciri Ciri Generazi Z

Selain karakteristik yang sudah dijelaskan sebelumnya, gen Z juga memiliki beberapa ciri khusus yang membuat mereka mudah dikenali. Berikut ini penjelasannya.

1. Tidak bisa terlepas dari ponsel pintar dan internet

Gen Z lahir dan hidup di era teknologi mulai berkembang. Maka dari itu, kelompok ini sangat akrab dengan internet dan ponsel pintar. Mereka bahkan sudah sangat mahir dalam menggunakan sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, dan berbagai sosial media lain.

Tak hanya digunakan sebagai media komunikasi saja, mereka juga memanfaatkan sosial media untuk berkarya, bekerja, hingga belajar.

2. Umumnya memiliki orang tua dari generasi X

Secara umum, gen Z lahir dari generasi X atau generasi yang lahir di era 1965 – 1979. Berbeda dengan gen Z, generasi X ini lahir sebelum teknologi tercipta. Meskipun demikian, gen X tetap bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya gen X yang menggunakan Facebook.

3. Memiliki pengetahuan finansial yang baik

Ciri ciri generasi Z lainnya yaitu memiliki pengetahuan finansial yang baik. Gen Z memiliki orientasi finansial yang jelas dengan pembekalan diri dengan pengetahuan finansial sejak kecil. Gen Z juga menyadari pentingnya menabung dan investasi di masa yang akan datang. Dalam urusan finansial, mereka juga sangat berhati-hati agar tidak terjebak dalam hutang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...