Faktor Penyebab Hedonisme dan Dampak yang Ditimbulkannya

Siti Nur Aeni
9 Maret 2022, 18:09
Ilustrasi gaya hidup hedonisme
pexels.com
Ilustrasi gaya hidup hedonisme

Hedonisme merupakan gaya hidup yang dianggkap tidak baik. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan gaya hidup yang serba mewah.

Sebenarnya, saat ini sudah banyak orang yang mengetahui hedonisme merupakan sesuatu yang tidak baik. Namun masih banyak juga orang yang tidak menyadari telah masuk dalam gaya hidup ini. Agar tidak terjebak dalam gaya hidup hedonisme, simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Istilah Hedonisme

Menurut penjelasan di jurnal Psikopedagogia 3(1), dijelaskan bahwa hedonisme adalah pola hidup yang aktivitasnya mencari kesenangan hidup seperti menghabiskan waktu di luar rumah, banyak bermain, senang dengan keramaian kota, memberi barang mahal, hingga menjadi pusat perhatian banyak orang.

Sejatinya, gaya hidup menjadi cerminan cara seseorang mengatur kehidupan pribadi, kehidupan masyarakat, hingga perilakuknya di depan umum. Ada beberapa aspek dalam gaya hidup hedonis, antara lain:

  1. Kegiatan: kegiatan yang menyebabkan gaya hidup hedonis antara lain menghabiskan waktu di luar ruamh, membeli barang mewah, hingga selalu pergi ke pusat perbelanjaan dan kafe.
  2. Minat: beberapa minat yang menyebabkan hedonis seperti fashion, makanan, barang-barang mewah, tempat kumpul, dan keinginan untuk selalu menjadi pusat perhatian.
  3. Opini: merupakan sebuah pernyataan yang digunakan untuk menggambarkan dan mengevaluasi dalam perilaku.

Faktor Penyebab Hedonisme

Secara garis besar, gaya hidup hedonisme dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Mengutip dari jurnal Psikopedagogia 3(1), berikut ini faktor yang dapat mempengaruhi hedonisme:

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri individu yang didasarkan pada keyakinan diri sendiri untuk bergaya hidup sesuai keinginannya. Sikat dan anggapan bahwa seseorang harus menunjukan kemewahan, kemegahan, dan senang menjadi pusat perhatian. Pemikiran seperti itu menjadi faktor yang menyebabkan gaya hidup hedonis.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah penyebab hedonisme yang berasal dari luar. Pengaruh dari lingkungan secara langsung atau tidak langsung bisa menyebabkan seseorang menjalani gaya hidup hedonis. Sebagai contoh, seseorang yang berteman dengan orang-orang yang terbiasa hidup mewah, maka kemungkinan besar orang tersebut juga turut mengikuti gaya hidup di lingkungan pertemanan tersebut.

Contoh Hedonisme

Orang-orang yang memiliki gaya hidup hedon sebenarnya cukup mudah dijumpai. Banyak di antara mereka yang bahkan menunjukan kemewahan dan kemegahan gaya hidupnya di sosial media. Mengutip dari gramedia.com, berikut ini beberapa contoh hedonisme yang sering dijumpai di tengah masyarakat Indonesia.

1. Membeli kendaraan mewah

Salah satu contoh gaya hidup hedonis yang sering dijumpai yaitu membeli dan memiliki kendaraan mewah. Banyak orang yang membeli mobil mewah bukan untuk kebutuhan, namun hanya karena kepuasaan diri saja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...