6 Hewan yang Mengalami Hibernasi saat Musim Dingin

Hibernasi dikenal juga sebagai tidur panjang saat musim dingin. Adapun hewan yang mengalami hibernasi selama musim dingin seperti berikut.
Image title
28 Maret 2022, 08:26
6 Hewan yang Mengalami Hibernasi saat Musim Dingin
pixabay.com/358611
Beruang, salah satu hewan yang mengalami hibernasi

Hibernasi adalah salah satu cara makhluk hidup untuk bertahan hidup di musim dingin. Namun cara ini tidak dilakukan semua makhluk hidup. Hibernasi biasanya dilakukan oleh hewan dengan struktur tubuh tertentu.

Mengapa hewan hibernasi? Alasannya yaitu agar mereka tidak perlu mencari makanan saat musim dingin. Pasalnya, di waktu itu biasanya ketersediaan makanan sedikit. Jika memaksakan diri untuk beraktivitas seperti biasa, maka risiko hewan mengalami kematian atau diburu pemangsa akan semakin tinggi.

Dengan cara hibernasi atau tidur panjang, makhluk hidup juga tidak perlu menggunakan metabolisme tubuhnya. Sehingga penggunaan energi menjadi lebih hemat. Selama tidur panjang, beberapa bagian tubuh akan mengalami penurunan, seperti detak jantung, suhu tubuh, dan laju pernapasan.

Tak hanya itu, hibernasi juga berguna agar makhluk hidup tidak perlu migrasi ke tempat lain yang lebih hangat.

Advertisement

Fungsi Hibernasi

Menurut penjelasan di gramedia.com, salah satu fungsi hibernasi yaitu untuk menghemat energi. Pasalnya energi yang ada di dalam tubuhnya bisa disimpan dalam waktu tertentu. Khususnya saat tidak ada makanan yang cukup untuk mempertahankan hidupnya.

Penghematan energi tercapai jika ada proses endoterm. Perlu diketahui bahwa proses endoterm adalah kondisi saat makhluk hidup mempunyai suhu badan tinggi namun tidak terpengaruh oleh subuh di lingkungan sekitarnya.

Proses inilah yang bisa menurunkan tingkat metabolisme tubuh. Setelah itu, suhu akan menurun dan proses hibernasi bisa dimulai hingga sampai batas waktu tertentu. Lamanya proses hibernasi tergantung pada jenis spesies, suhu lingkungan, waktu, kondisi tubuh hewan itu sendiri.

Proses Hibernasi

Masih mengutip dari laman gramedia.com, diterangkan bahwa sebelum melakukan tidur panjang, biasanya hewan akan mengonsumsi banyak makanan. Mereka menyimpan makanan tersebut selama masa hibernasi.

Hewan yang memasuk fase hibernasi biasanya akan menyimpan cadangan lemak yang dimilikinya. Hal ini berguna agar mereka bisa beradaptasi dengan suhu dingin. Saat metabolisme melambat, hewan akan mendinginkan suhu tubuhnya menjadi 5 – 10 0C.

Hewan-hewan tersebut biasanya menyukai rumah musim dingin yang gelap dan tenang. Beberapa diantaranya pergi ke gua atau bawah tanah. Mereka juga biasanya akan melapisi tempat tinggalnya dengan rumput atau bahan lain yang membuatnya terasa nyaman.

Apabila cuaca berubah menjadi lebih dingin, hewan ini akan bergerak untuk menaikkan suhu tubuhnya. Saat suhu mulai hangat, mereka akan keluar dari fase hibernasi. Namun setelah bangun dari tidur panjangnya, hewan-hewan ini membutuhkan waktu untuk penyesuaian sebelum akhirnya menjalani kegiatan normal kembali.

Contoh Hewan yang Mengalami Hibernasi

Tidur panjang untuk beberapa hewan menjadi hal yang biasa. Berikut ini beberapa hewan yang mengalami hibernasi selama musim dingin.

1. Kumbang

Kumbang merupakan contoh hewan yang melakukan hibernasi. Hewan ini akan menjadi gemuk menjelang musim dingin. Hal ini dikarenakan mereka banyak makan aphid dan pollen.

Setelah itu, mereka mulai bersembunyi dalam bangunan atau tempat lain yang menurutnya nyaman. Misalnya di bawah batang kayu, gundukan daun, dan batu-batuan.

2. Ular

Reptil yang satu ini juga ternyata melakukan hibernasi selama musim dingin. Ular akan masuk ke dalam lubang ketika musim dingin. Tujuannya yaitu agar tubuh mereka tetap merasa hangat. Lubang ular biasanya ditemukan di sekitar bebatuan atau dasar sumur yang sudah tua.

3. Katak

Katak juga termasuk hewan yang melakukan tidur panjang ketika memasuki musim dingin. Hewan ini biasanya tidur panjang di sekitar dasar sungai. Selain itu, mereka juga biasanya tidur panjang di sekitar kolam yang airnya tidak dingin. Tujuannya yaitu agar tubuhnya tidak membeku selama musim dingin.

4. Beruang

Hewan yang melakukan hibernasi yang terakhir yaitu beruang. Proses hibernasi yang dilakukan oleh beruang berbeda dengan hewan lain. Beruang sebenarnya hanya tidur dengan nyenyak saja dan tidak hibernasi dalam waktu yang sangat lama.

Hal ini dikarenakan para perubah tidak mengalami penurunan metabolisme yang diginifikan. Suhu tubuhnya relatif normal. Mereka hanya masuk ke dalam lubang seperti tepi sungai, gua, atau cekungan kayu.

Yang dilakukan beruang saat musim dingin yaitu tidur sementara dan sewaktu-waktu akan terbangun untuk berjalan-jalan disekitar tempat tinggalnya.

5. Kelelawar

Hewan yang aktif di malam hari ini juga ternyata melakukan hibernasi mereka biasanya hidup berkelompok dalam jumlah yang besar saat masuk musim dingin. Para kelelawar akan menggantung turun dan naik dengan sayap dan ekor untuk menutupi tubuhnya.

Aktivitas ini dilakukannya agar tetap merasa hangat. Saat hibernasi suhu tubuh kelelawar akan turun. Hal ini membuat mereka nampak seperti sudah mati. Kelelawar biasanya hibernasi selama tujuh bulan. Mereka hanya akan bangun satu kali dalam satu bulan.

6. Tupai Tanah Golden Mantled

Hewan ini normalnya melakukan hibernasi sekitar tiga sampai empat bulan. Sebelum tidur panjang mereka akan mengonsumsi banyak makanan secara cepat. Hal itula yang membuat berat badannya meningkat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait