8 Pantangan Asam Lambung yang Perlu Dihindari

Siti Nur Aeni
30 Maret 2022, 08:16
8 Pantangan Asam Lambung yang Perlu Dihindari
Pexels/Chevanon Photography
Kopi menjadi salah satu pantangan asam lambung yang perlu dihindari

Asam lambung atau sering disebut juga sebagai maag merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Saat asam lambung naik, biasanya seseorang merasakan sakit pada bagian perut.

Masalah kesehatan ini bisa dirasakan siapa saja. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan menghindari makanan dan minuman yang menjadi pantangan asam lambung. Apa saja pantangannya? Mengutip dati hellosehat.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Advertisement

Pantangan Asam Lambung

1. Makanan Tinggi Lemak

Salah satu kelompok makanan yang bisa memicu asam lambung yaitu makanan tinggi lemak. Sejatinya, lemak diperlukan tubuh untuk beberapa hal. Namun jika dikonsumsi dalam porsi besar, makanan berlemak bisa menyebabkan gejala maag.

Hal ini terjadi karena lemak bisa melemahkan otot di katup kerongkongan bawah. Kondisi inilah yang mengakibatkan kerongkongan mudah terbuka dan membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Peristiwa ini membuat seseorang merasakan nyeri dan sensasi terbakar di dada (heartburn).

Selain menyebabkan heartburn, makanan tinggi lemak juga dapat merangkan hormon kolestistokinin. Hormon bisa membuat katup tenggorokan mengendur dan menyebabkan asam lambung naik.

Makanan tinggi lemak juga membuat pencernaan bekerja lebih lama. Akibatnya, organ lambung selalu penuh dan produksi asam lambung menjadi tinggi.

Beberapa contoh makanan tinggi lemak yang perlu dihindari yaitu:

  • Susu tinggi lemak dan produk turunannya.
  • Daging merah.
  • Gorengan.
  • Makanan manis.

2. Minuman mengandung kafein

Pandangan asam lambung lainnya yaitu minuman yang mengandung kafein. Kandungan kafein biasanya ditemukan pada minuman seperti kopi teh, cokelat, soda, dan minuman berenergi.

Kafein menyebabkan otot di kerongkongan bawah melemah, sehingga asam lambung bisa naik ke daerah tersebut. Tak hanya itu, kafein juga dapat memicu hormon gastrin.

Hormon ini berfungsi untuk merangsang lambung agar memproduksi asam lambung. Jika hormon yang diproduksi banyak, maka asam lambung yang dihasilkan juga menjadi banyak.

3. Makanan pedas

Makanan pedas selalu menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini banyak olahan makanan pedas yang lezat dan disukai. Namun untuk penderita maag, konsumsi makanan pedas perlu dibatasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement