9 Bahaya Alkohol yang Perlu Diwaspadai

Siti Nur Aeni
1 April 2022, 20:25
9 Bahaya Alkohol yang Perlu Diwaspadai
pixabay.com
Ilustrasi minuman keras

Kita semua tahu bahwa konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh. Bahaya alkohol tidak boleh diabaikan, pasalnya minuman yang satu ini bisa berdampak pada kesehatan fisik maupun mental.

Apa sajakah bahaya dari minuman keras? Mengutip dari hellosehat.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Dampak Minuman Keras

1. Menyebabkan kerusakan pada jantung

Konsumsi alkohol berlebih dapat melemahkan otot jantung. Hal ini menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh terganggo. Alkohol juga diketahui bisa menyebabkan kardiomiopati yang ditandai dengan gejala seperti sesak napas, detak jantung tidak teratur, kelelahan, dan batuk terus menerus. Tidak hanya itu, alkohol juga bisa meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan hipertensi.

2. Pangkreatitis

Pangkreatitis merupakan perdangan di pangkreas yang disebabkan oleh penumpukan enzim berlebih di organ tersebut. Penyakit ini bisa diketahui dari gejala yang muncul seperti sakit perut, mual, mutah, peningkatan detak jantung, diare, dan demam.

3. Menyebabkan kerusakan otak

Bahaya alkohol lainnya yaitu bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Hal ini dikarenakan, alkohol dapat memperlambat penyaluran informasi antar saraf. Tak hanya itu, etanol yang ada di dalam minuman keras juga bisa memicu kerusakan spesifik di area otak.

Akibatnya, seseorang dengan gangguan ini bisa mengalami perubahan perilaku dan suasana hati, mengalami kecemasan, hilang ingatan, dan kejang. Bahkan seseorang yang sudah kecanduan alkohol bisa mengalami komplikasi masalah otak.

4. Infeksi pada paru-paru

Ketika seseorang kecanduan alkohol, maka daya tahan tubuhnya akan melamah. Akibatnya, beberapa organ seperti paru-paru akan kesulitan melawan bakteri atau virus penyebab penyakit. Oleh sebab itu, pecandu alkohol lebih rentan terkena penyakit pernapasan seperti TBC dan pneumonia.

5. Merusak hati

Mengalami kerusakan hati merupakan salah satu efek minuman keras bagi pria maupun wanita. Secara normal, hati berguna untuk menyaring racun dan limbah tak terpakai sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. Namun, saat seseorang mengonsumsi alkohol terlalu banyak, kinerja hati menjadi terganggu dan semakin lama organ ini menjadi rusak dan tidak berfungsi lagi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement