5 Cara Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Siti Nur Aeni
7 April 2022, 17:14
Ilustrasi bau mulut saat puasa
Tharakorn
Ilustrasi bau mulut saat puasa

Bau mulut saat puasa merupakan kondisi yang dialami siapa saja yang tengah berpuasa. Berdasarkan penjelasan di situs halodoc.com, penyebab utama dari bau mulut ketika puasa yaitu karena produksi air liur berkurang. Saat berpuasa asupan cairan berkurang, maka dari itu produksi air liur juga berkurang.

Padahal, air liur merupakan cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Air liur juga berperan penting dalam sistem imun untuk mencegah infeksi bakteri dan virus yang masuk lewat mulut.

Akibat dari kondisi ini, maka rongga mulut menjadi kering dan menjadi tempat ideal untuk berkembangnya bakteri di lidah, gigi, dan mulut. Inilah yang akhirnya menjadi penyebab bau mulut saat puasa.

Tak hanya, bau mulut juga bisa dipicu oleh adanya masalah kesehatan gigi dan mulut, serta gangguan asam lambung. Maka dari itu, sangat penting untuk memelihara kesehatan mulut agar tidak muncul masalah bau mulut.

Tips Mencegah Bau Mulut saat Puasa

Walaupun bau mulut merupakan hal yang normal terjadi saat puasa, namun kita tetap bisa melakukan beberapa upaya untuk mencegahnya. Mengutip dari alodokter.com, berikut ini beberapa cara mencegah bau mulut saat puasa.

1. Membersihkan gigi dan mulut secara rutin

Hal penting yang harus dilakukan agar terhindar dari bau mulut yaitu rutin membersihka gigi dan mulut. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Sikat gigi dua kali sehari secara rutin, setelah sahur dan buka puasa. Gunakanlah sikat gigi dengan bulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Bersihkan juga lidah setelah menyika gigi dengan alat khusus pembersih lidah.
  • Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di antara gigi.
  • Kumur-kumur dengan obat kumur atau mouthwash yang tidak mengandung alkohol. Obat kumur yang mengandung alkohol tidak dianjurkan sebab bisa membuat mulut menjadi kering.

2. Cukupi kebutuhan air minum harian

Mencukupi kebutuhan air minum harian juga termasuk salah satu cara agar tidak bau mulut saat puasa. Dengan minum air putih yang cukup, maka produksi air liur akan meningkat. Maka dari itu, mulut menjadi tidak kering dan tidak bau.

Disarankan untuk minum air putih delapan gelas setiap hari. Di bulan Ramadan, konsumsi air putih bisa diatur dengan formula dua gelas saat sahur, dua gelas saat buka, dan empat gelas sebelum tidur.

3. Mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan air. Kandungan tersebut berguna berperan penting untuk meningkatkan produksi air liur dan mencegah napas tidak sedap saat puasa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement