Asam Lambung Naik saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Siti Nur Aeni
11 April 2022, 08:23
Asam Lambung Naik saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya
integrativemedica.com
Ilustrasi penderita penyakit yang disebabkan kadar asam lambung yang tinggi

Asam lambung naik saat puasa merupakan hal yang sangat tidak menyenangkan. Pasalnya di kondisi tersebut penderitanya bisa merasakan sakit di perut atau ulu hati. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, asam lambung yang naik ketika puasa juga bisa menggangu ibadah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi asam lambung naik saat puasa? Dan bagaimana tips aman berpuasa untuk penderita asam lambung? Begini penjelasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Asam Lambung saat Puasa

Gejala asam lambung bisa muncul saat berpuasa. Menurut penjelasan di doktersehat.com, begini cara mengatasi sam lambung naik saat puasa.

1. Perbanyak minum air putih saat buka dan sahur

Cara mengatasi asam lambung naik saat puasa yang pertama yaitu memperbanyak konsumsi air putih saat buka dan sahur. Dengan cara ini, tubuh akan tetap terhidrasi selama puasa.

Minum air putih saat buka dan sahur dapat mencegah kekurangan cairan yang secara tidak sadar menguap melalui pernapasan, berkeringan, dan buang air kecil. Setidaknya minum sekitar dua liter atau delapan gelas di malam hari.

Selain dari air putih, cairan juga bisa diperoleh dari buah. Tak hanya itu, minum segelas susu segar ketika sahur juga baik untuk penderita gastritis dan tukak lambung.

2. Konsumsi makanan yang membuat kenyang lebih lama

Makanan tinggi karbohidrat ketika sahur bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan karbohidrat sulit dicerna dalam sistem perncenaan. Maka dari itu, konsumsi makanan tinggi karbohidrat bisa menjadi solusi mengatasi asam lambung naik saat puasa.

Selain nasi, sumber karbohidrat juga bisa berasal dari buah-buahan seperti kurma dan pisang. Kedua buah ini mengandung karbohidrat yang tinggi dilengkapi dengan mineral yang penting untuk tubuh.

Jenis makanan penderita asam lambung saat puasa lainnya yaitu makanan tinggi serat. Sejumlah makanan yang mengandung banyak serat, diantaranya; buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum.

3. Hindari sres

Mengurangi stres juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi asam lambung naik saat puasa. Beberapa cara untuk menghindari stres antara lain melakukan hal-hal yang disukai dan istirahat cukup.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...