Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Bugar

Saat berpuasa, kita perlu menjaga daya tahan tubuh agar ibadah puasa tidak terganggu. Berikut ini beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang bisa Anda terapkan.
Image title
12 April 2022, 19:59
Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Bugar
pexels.com
Ilustrasi makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa

Memelihara daya tahan tubuh saat berpuasa sangatlah penting. Pasalnya ketika imun tubuh melemah, kita bisa mudah sakit. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja akan menggangu ibadah puasa. Lantas, apa saja tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Berpuasa

Puasa mengharuskan kita untuk menahan makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Maka dari itu, kita perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Hal ini diperlukan agar aktivitas puasa tidak terganggu.

Melansir dari sehatq.com, berikut ini beberapa cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang perlu diketahui.

1. Kendalikan stres

Mengendalikan stres termasuk cara untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Hal ini dikarenakan stres bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Advertisement

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa stres berkepanjangan bisa melemahkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengendalikan sres dengan melakukan beragam hal yang dapat menenangkan pikiran.

Anda bisa mencoba melakukan hobi seperti mengurus tanaman, bermain bersama hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, aktivitas seperti melatih pernapasan, berdoa, atau melakukan yoga juga bisa membantu meredekan stres.

2. Perbanyak konsumsi makanan sehat

Saat buka atau sahur kita perlu memperhatikan asupan makanan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan menyantap menu buka puasa dan sahur yang sehat, maka imun tubuh tetap optimal, sehingga penyakit bisa dicegah.

Ada baiknya untuk memperbanyak asupan sayur dan buah. Adapun makanan yang bisa dikonsumsi saat buka maupun sahur, antara lain:

  • Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan sejenisnya yang kaya vitamin C.
  • Paprika merah.
  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Pepaya.
  • Kiwi.
  • Yogurt.
  • Kacang almond.
  • Daging ayam.
  • Teh hijau.

Selain memperhatikan asupan menu sahur dan buka, kita juga perlu memperhatikan prosi makananya. Jangan makan berlebihan namun juga jangan terlalu sedikit. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh dalam mencerna makanan.

3. Istirahat yang cukup

Tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa selanjutnya yaitu dengan mencukupi kebutuhan tidur. Saat berpuasa mungkin kita akan sering merasa ngantuk. Walaupun tidur saat berpuasa termasuk ibadah, namun kita juga perlu mengatur waktu istirahat saat puasa.

Jangan tidur berlebihan karena bisa menyebabkan sakit kepala dan sakit punggung. Tidurlah secukupnya setidaknya tujuh sampai delapan jam setiap hari.

Dengan mencukupi kebutuhan tidur, maka kesehatan tubuh akan terpelihara dengan baik. Tak hanya itu, istirahat yang cukup juga bisa mengurangi produksi hormon kortisol atau hormon stres yang dapat menggangu daya tahan tubuh.

4. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur bisa meningkatkan sistem daya tubuh dan mencegah beragam penyakit seperti osteoporosis, penyakit jantung, hingga kanker. Olahraga saat puasa tidak perlu lama-lama, setengah jam saja juga sudah cukup untuk meningkatkan sistem imun.

Agar tidak terasa lelah, Anda bisa melakukan olahraga ringan saat puasa. Beberapa contoh jenis olahraga yang bisa dilakukan antara lain; joging, yoga, atau bersepeda.

5. Cukupi kebutuhan air putih saat malam hari

Mencukupi kebutuhan air putih di malam hari juga termasuk tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Pasalnya, saat tubuh kekurangan air dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit kepala, menggangu fungsi organ tubuh, dan memicu kelelahan.

Tentu saja hal ini dapat menggangu ibadah puasa di siang hari. Sebagai solusinya, kita perlu konsumsi air minum setidaknya dua liter atau delama gelas sehari.

6. Konsumsi suplemen

Kebutuhan nutrisi tidak hanya didapatkan dari makanan atau minuman, namun juga diperoleh dari suplemen. Namun, untuk mengonsumsi suplemen ada baiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Adapun vitamin daya tahan tubuh saat puasa yang bisa dikonsumsi antara lain; vitamin C, vitamin D, zinc, dan suplemen bawang putih.

7. Jaga kebesihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh seperti rutin cuci tangan menajdi salah satu tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20 detik diketahui bisa membunuh bakteri dan virus. Namun, jika Anda ingin membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer, maka pastikan kandungan alkoholnya minimal 60%.

8. Menghentikan kebiasaan merokok

Tak hanya saat puasa, di hari biasa pun sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan merokok. Pasalnya, rokok bisa memberikan efek beracun dari tembakau yang dapat membahayakan imun tubuh.

Merokok juga bisa meningkatkan risiko infeksi ke dalam tubuh, seperti pneumonia hingga influenza. Beberapa penyakit berbahaya seperti kanker juga bisa dipicu dari kebisaan buruk ini.

Perlu diketahui, rokok juga termasuk musuh antioksidan dalam tubuh. Jika antioksidan lemah, maka sistem bisa menurun.

Nah, itulah tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Dengan daya tahan tubuh yang terjaga, maka tubuh akan selalu sehat dan segala aktivitas berjalan dengan optimal.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait