Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Bugar

Siti Nur Aeni
12 April 2022, 19:59
Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa Agar Tetap Sehat dan Bugar
pexels.com
Ilustrasi makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa

Memelihara daya tahan tubuh saat berpuasa sangatlah penting. Pasalnya ketika imun tubuh melemah, kita bisa mudah sakit. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja akan menggangu ibadah puasa. Lantas, apa saja tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Berpuasa

Puasa mengharuskan kita untuk menahan makan, minum, dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Maka dari itu, kita perlu menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Hal ini diperlukan agar aktivitas puasa tidak terganggu.

Advertisement

Melansir dari sehatq.com, berikut ini beberapa cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang perlu diketahui.

1. Kendalikan stres

Mengendalikan stres termasuk cara untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa. Hal ini dikarenakan stres bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa stres berkepanjangan bisa melemahkan daya tahan tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengendalikan sres dengan melakukan beragam hal yang dapat menenangkan pikiran.

Anda bisa mencoba melakukan hobi seperti mengurus tanaman, bermain bersama hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, aktivitas seperti melatih pernapasan, berdoa, atau melakukan yoga juga bisa membantu meredekan stres.

2. Perbanyak konsumsi makanan sehat

Saat buka atau sahur kita perlu memperhatikan asupan makanan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Dengan menyantap menu buka puasa dan sahur yang sehat, maka imun tubuh tetap optimal, sehingga penyakit bisa dicegah.

Ada baiknya untuk memperbanyak asupan sayur dan buah. Adapun makanan yang bisa dikonsumsi saat buka maupun sahur, antara lain:

  • Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan sejenisnya yang kaya vitamin C.
  • Paprika merah.
  • Brokoli.
  • Bayam.
  • Pepaya.
  • Kiwi.
  • Yogurt.
  • Kacang almond.
  • Daging ayam.
  • Teh hijau.

Selain memperhatikan asupan menu sahur dan buka, kita juga perlu memperhatikan prosi makananya. Jangan makan berlebihan namun juga jangan terlalu sedikit. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh dalam mencerna makanan.

3. Istirahat yang cukup

Tips menjaga daya tahan tubuh saat puasa selanjutnya yaitu dengan mencukupi kebutuhan tidur. Saat berpuasa mungkin kita akan sering merasa ngantuk. Walaupun tidur saat berpuasa termasuk ibadah, namun kita juga perlu mengatur waktu istirahat saat puasa.

Jangan tidur berlebihan karena bisa menyebabkan sakit kepala dan sakit punggung. Tidurlah secukupnya setidaknya tujuh sampai delapan jam setiap hari.

Dengan mencukupi kebutuhan tidur, maka kesehatan tubuh akan terpelihara dengan baik. Tak hanya itu, istirahat yang cukup juga bisa mengurangi produksi hormon kortisol atau hormon stres yang dapat menggangu daya tahan tubuh.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement