Jenis Kanker Serviks, Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Siti Nur Aeni
21 April 2022, 06:35
Ilustrasi sakit kanker serviks
pexels.com
Ilustrasi sakit kanker serviks

Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang menghantui perempuan. Penyakit ini terbilang berbahaya dan patut diwaspadai. Meskipun demikian, masih banyak perempuan yang belum memahami penyebab dan gejala dari penyakit ini.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan ulasan seputar kanker serviks. Untuk mendapat informasi lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Advertisement

Mengenal Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang muncul saat sel-sel di leher rahim tidak nromal dan berkembang terus menerus tak terkendali. Leher rahim atau serviks merupakan organ yang berbentuk seperti tabung. Fungsi organ ini yaitu menghubungkan vagina dengan rahim.

Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat sehingga menyebabkan tumor di serviks. Tumor yang ganas, nantinya akan berkembang menjadi penyebab kanker serviks.

Kanker ini termasuk kanker yang banyak diderita perempuan di seluruh dunia. Pada tahun 2020, WHO bahkan mencatat bahwa kanker serviks berada di posisi kedua sebagai kanker paling banyak diderita penduduk Indonesia dengan total 36.633 kasus.

Jenis-jenis Kanker Serviks

Melansir dari hellosehat.com, disebutkan bahwa ternyata kanker serviks yang biasa diderita kaum hawa terbagi menjaadi dua jenis. Berikut penjelasannya.

  1. Squamous cell carcinoma: jenis kanker yang berawal di dinding luar leher rahim dan mengawah ke vagina. Squamous cell carcinoma merupakan jenis kanker di leher rahim yang cukup sering terjadi.
  2. Adenocarcinoma: jenis kanker yang berawal di sel glandular, terdapat di dinding kanal serviks.

Penyebab Kanker Serviks

Mengutip dari keterangan di alodokter.com, diketahui bahwa hingga saat ini penyebab dari kanker serviks masih belum diketahui. Namun, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa lebih dari 99% kasus kanker leher rahim berhubungan dengan Human Papilloma Virus atau HPV.

Human Papilloma Virus adalah virus yang dapat menginfeksi leher rahim. Virus ini umumnya menular lewat hubungan seksual. Walaupun demikian, tidak semua jenis HPV menyebabkan kanker serviks. Dari 100 jenis HPV, hanya 15 tipe yang terkait dengan kanker leher rahim.

Sejatinya semua perempuan memiliki risiko yang sama terserang virus ini. Namun, seseorang akan lebih berisiko tertular HPV dan mengalami kanker leher rahim, apabila:

  1. Berhubungan seksual di usia dini.
  2. Mempunyai lebih dari satu partner seksual.
  3. Memiliki daya tahan tubuh lemah, misalnya karena HIV/AIDS.
  4. Menderita infeksi menual seksual, seperti gonore, klamidia, dan sifilis.

Infeksi dari HPV diketahui bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi pada sebagian perempuan, infeksi ini dapat memicu pra kanker atau displasia serviks. Apabila tidak segera ditangani, kondisi pra kanker dapat berkembang menjadi kanker dalam kurun waktu 2-30 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement