12 Kuliner Purwokerto yang Legendaris, Bisa Menjadi Oleh-oleh Lebaran

Siti Nur Aeni
28 April 2022, 18:46
Mendoan salah satu kuliner Purwokerto yang banyak digemari
instagram.com/purwokerto_explore/
Mendoan salah satu kuliner Purwokerto yang banyak digemari

Purwokerto merupakan ibu kota Kabupaten Banyumas yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik dari kota ini yaitu kekayaan kuliner yang dimilikinya. Jika Anda berkunjung ke kota ini, jangan lupa untuk mencicipi kuliner Purwokerto yang melegenda. Apa saja makanan khas Purwokerto? Berikut daftar referensinya.

Rekomendasi Kuliner Purwokerto

1. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja merupakan makanan khas Purwokerto yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Kota Satria. Makanan ini banyak dijumpai di sepanjang jalan kota Purwokerto dan Kabupaten Banyumas.

Berbeda dengan soto di daerah lain, Soto Sokaraja memiliki isian potongan ketupat, daging ayam atau sapi, sohun, tauge, daun bawang, kerupuk, dan bumbu kacang. Kmeudian disiram dengan kuah kaldu sapi atau ayam.

Pembeda lainnya yaitu Soto Sokaraja turut menyertakan kerupuk dalam soto, yang artinya kerupuk akan ikut disiram dengan kuah kaldu yang segar. Penambahan bumbu kacang dalam soto ini juga membuat kuah soto menjadi kental dan gurih.

2. Mendoan

Mendoan merupakan makanan khas Purwokerto dari bahan baku tempe yang dibaluri dengan adonan tepung, kemudian digoreng. Uniknya, tempe mendoan digoreng tidak kering. Meski demikian, rasanya tetap nikmat.

Biasanya makanan ini dikonsumsi dalam kondisi hangat dan cocok menjadi teman minum teh. Makanan yang satu ini juga sering menjadi oleh oleh khas Purwokerto.

3. Keripik Tempe

Selain mendoan, olahan tempe lain yang juga termasuk kuliner Purwokerto yaitu keripik tempe. Makanan ini terbuat dari tempe yang dipotong tipis, kemudian digoreng sampai renyah. Keripik tempe memiliki rasa yang gurih sehingga cocok untuk menjadi camilan atau teman makan besar, pengganti kerupuk.

4. Kraca

Kraca adalah olahan keong sawah yang diolah bersama dengan bumbu kuah pedas seperti cabai, garam, pala, merica, bawang, dan bumbu lainnya. Bumbu-bumbu tersebut membuat makanan yang ini memiliki rasa yang unik dan nikmat. Kraca banyak dijual di sepanjang jalan Purwokerto dan Banyumas, namun paling sering dijumpai di bulan Ramadan seperti saat ini.

5. Gethuk Goreng

Selain mendoan, kuliner Purwokerto lainnya yang juga cocok menjadi oleh-oleh yaitu gethuk goreng. Makanan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan gula jawa, sehingga rasanya legit. Getuk goreng cukup mudah dijumpai, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh di seluruh Purwokerto.

6. Buntil

Buntuk merupakan makanan yang terbuat dari kelapa parut, ikan teri, dan bumbu khas. Bahan-bahan tersebut kemudian dibungkus dan diikat dengan daun pepaya, singkong, atau talas. Gulungan tersebut kemudian direbus dalam kuah santan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement