10 Contoh Saran Makalah dan Unsurnya yang Perlu Dipahami

Siti Nur Aeni
30 Mei 2022, 14:12
10 Contoh Saran Makalah dan Unsurnya yang Perlu Dipahami
burst/pexels.com
Ilustrasi seseorang yang sedang membuat saran untuk makalah

Makalah adalah tulisan resmi tentang sebuah pokok yang ditujukan untuk dibacakan di depan umum dalam suatu persidangan dan biasanya disusun untuk diterbitkan. Makalah memiliki beberapa bagian penting didalamnya, salah satunya saran. Lantas, bagaimana contoh saran makalah yang benar? Berikut kumpulan contoh saran dalam makalah yang bisa menjadi referensi.

Unsur Saran dalam Makalah

Saran merupakan bagian penting dalam penulasan makalah. Saran biasanya berada di akhir paragraf dan menjadi bagian dari penutup karya tulis. Saran dibuat spesifik berdasarkan pembahasan dalam karya tulis tersebut. Saran juga ditulis spesifik karena bisa membantu memajukan pengembangan ilmu pengetahuan di waktu yang akan datang.

Advertisement

Berdasarkan penjelasan di situs penerbitbukudeepublish.com, berikut beberapa unsur saran makalah yang perlu diperhatikan.

1. Jumlah Kata

Unsur pertama yang harus ada dalam saran yaitu jumlah kata. Panjang dan pendeknya saran sangat penting untuk diperhatikan. Biasanya saran ditulis dengan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Umumnya jumlah kata dalam saran sekitar 200 kata, walaupun bisa lebih atau kurang.

2. Harapan

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat saran makalah yaitu harus memenuhi unsur harapan. Dalam hal ini, harapan berupa keinginan penulis atau penyusun makalah terhadap pencapaian yang diinginkan.

3. Rekomendasi

Selain harapan, saran juga harus berisi rekomendasi. Pada bagian ini, penulis bisa memberikan rekomendasi yang berhubungan dengan metode penelitian yang akan digunakan. Rekomendasi juga berguna agar pengembangan penelitian atau ilmu pengetahuan selanjutnya menjadi lebih baik.

Kumpulan Contoh Saran Makalah

Setelah memahami beberapa unsur yang dibutuhkan dalam saran makalah, berikut ini kumpulan contoh saran makalah yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

  1. Pengembangan psikologi sosial seharusnya dikenalkan kepada seluruh orang tua, supaya mereka bisa melakukan pembinaan dan pengawasan kepada anaknya dengan baik. Pengawasan tersebut bisa dilakukan baik secara langsung atau pengawasan di sosial media. Adanya pengawasan tersebut harapannya bisa membentuk generasi penerus yang lebih baik.
  2. Sebaiknya pengenalan perangkat digital di antara pedagang kaki lima perlu dikembangkan. Harapannya dengan pemanfaatan perangkat digital, para pedagang kaki lima bisa mengembangkan usahanya dan meningkatkan pendapatan.
  3. Pembelajaran tentang ciri bakteri dan peranannya sangat penting untuk dipahami banyak siswa. Maka dari itu, sebaiknya para guru menyiapkan metode pembelajaran yang tepat agar seluruh siswa bisa memahami materi tersebut dengan mudah.
  4. Setelah menyusun makalah terkait pentingnya alat perlindungan diri dalam bekerja di laboratorium, penulis menyarankan agar seluruh pihak yang bekerja di laboratorium harus mengenakan APD. Tak hanya itu, dikarenakakan banyak alat mudah pecah dan rusak, sebaiknya berhati-hati dalam bekerja di dalam laboratorium.
  5. Penerapan sistem informasi dalam perusahaan sangat penting untuk dijalankan. Harapannya, dengan penerapan sistem informasi ini maka pekerjaan bisa selesai dengan lebih efektif dan efisiesn. Pengunaan sistem informasi juga membuat biaya produksi lebih murah.
  6. Cerita rakyat selalu memiliki amanat dan nilai yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, sebaiknya dalam membaca cerita rakyat kita juga harus memahami makna dan amanat dalam cerita tersebut. Selain itu, harapannya dengan memahami makna dalam cerita rakyat, kita bisa menerapkan nilai baik dalam cerita tersebut ke kehidupan sehari-hari.
  7. Setelah mengulas terkait pentingnya mencuci tangan sebelum makan, maka penulis menyarankan kepada orang tua agar selalu mengingatkan anak-anaknya untuk rutin mencuci tangan. Tak hanya itu, orang tua juga harus memberikan contoh perilaku hidup sehat dan bersih kepada anak-anak. Dengan demikian, harapannya anak-anak bisa tumbuh dengan sehat dan kuat.
  8. Para pengendara kendaraan motor harus mematuhi seluruh rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan dan keamanan bersama. Sementara itu, untuk para petugas kepolisian sebaiknya selalu bertindak tegas dalam memberikan sanksi kepada para pengguna kendaraan bermotor yang melanggar aturan lalu lintas.
  9. Budaya membaca sebaiknya mulai diterapkan di beragam lingkungan, khususnya sekolah dan rumah. Para guru dan orang tua sebaiknya saling berkolaborasi untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Pasalnya, dengan membaca anak-anak akan mendapatkan pemikiran yang luas dan terbuka.
  10. Penggunaan sosial media yang semakin masif, sebaiknya diimbangi dengan penerapan etika yang baik dalam berkomunikasi lewat sosial media. Dengan demikian, cyber bullying bisa diminimalisir.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement