Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas Agar Tetap Awet

Siti Nur Aeni
11 Juli 2022, 17:20
Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas Agar Tetap Awet
pixabay.com
Ilustrasi daging ayam yang sudah disimpan dalam kulkas

Daging ayam menjadi salah satu sumber protein hewani yang banyak digemari. Bahan makanan yang satu ini cukup mudah diolah. Maka dari itu, banyak orang yang sering menstok daging ayam di rumah. Lantas, bagaimana cara menyimpan daging ayam di kulkas? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Menyimpan Daging Ayam di Kulkas

Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang banyak manfaatnya untuk tubuh. Sayangnya, daging ayam bisa rusak jika disimpan dengan cara yang salah. Cara teraman untuk menyimpan daging ayam yaitu dengan memasukannya ke dalam freezer.

Meskipun demikian, menyimpan daging ayam dalam kulkas juga tidak boleh sembarangan. Menurut penjelasan di sehatq.com, berikut tips menyimpan daging ayam di kulkas yang penting untuk diketahui.

1. Menyimpan dalam Freezer

Tempat yang ideal untuk menyimpan daging ayam yaitu pada freezer bersuhu -18 derajat Celcius. Temperatur rendah diperlukan untuk menjaga daging agar tidak rusak. Dengan suhu rendah, mikro seperti jamur dan bakteri tidak akan aktif, sehingga enzim berjalan sangat lambat. Hal inilah yang membuat daging dalam freezer tidak membusuk.

2. Letakan Pada Wadah yang Tepat

Cara menyimpan daging ayam di kulkas yang benar juga perlu mempertimbangkan wadah yang digunakan. Pastikan untuk menggunakan wadah yang tepat seperti toples atau tempat makan kedap udara. Dengan demikian, daging akan tetap segar dan kualitasnya tetap terjaga.

3. Segera Simpan di Kulkas Setelah Membeli

Jika ingin menstok daging ayam di rumah, sangat dianjurkan untuk secepat mungkin memasukan daging ayam ke kulkas setelah membelinya. Tujuannya tentu saja agar daging tetap segar dan tidak busuk.

Akan tetapi, jika Anda membeli daging ayam jauh dari rumah, mintalah penjual untuk menambahkan es batu ke dalam kemasan daging tersebut. Dengan demikian, daging ayam tetap segar.

4. Perhatikan Durasi Penyimpanan

Penyimpanan di freezer memang membuat daging lebih tahan lama. Namun demikian, cara menyimpan daging ayam di kulkas juga ada masa kadaluarsanya. Jika sudah melebihi batas waktu tersebut, maka kualitas daging sudah turun dan membuatnya tidak bagus untuk dikonsumsi.

Perlu diketahui bahwa durasi penyimpanan daging ayam di kulkas yang dianjurkan yaitu hanya sampai 9 bulan saja. Maka dari itu, Anda harus menandai waktu penyimpanan daging dengan menuliskan label pada kemasannya.

Sementara itu, daging yang sudah dimasak dan sisanya disimpan kembali di kulkas, umumnya memiliki durasi penyimpanan 2-3 bulan saja. Tentu saja waktu tersebut bisa saja berbeda jika suhu dan kualitas kulkas yang digunakan tidak sesuai dengan standar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement