Menilik Sejarah Media Sosial, Manfaat, dan Contohnya

Kita mungkin sudah tidak asing dengan media sosial. Platform jejaring sosial ini memang sangat dekat dengan kehidupan manusia saat ini. Lalu, bagaiamanakah sejarah dari sosial media? Berikut ulasannya
Image title
1 April 2022, 11:40
Menilik Sejarah Media Sosial, Manfaat, dan Contohnya
Anton/pexels.com
Tampilan Facebook di Smartphone

Media sosial adalah media online yang mempermudah pengguna untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi. Saat ini pengguna media sosial sudah semakin masif. Beragam jenis media sosial juga sudah semakin berkembang. Bagaimana sejarahnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Sejarah Media Sosial

Mengutip dari Publicina 9(1), sejarah sosial media diawali pada tahun 70an yakni saat ditemukannya sistem papan buletin untuk menghubungkan satu orang dengan orang lain melalui surat elektronik atau mengunggah dan mengunduh perangkat lunak. Aktivitas ini masih dilakukan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.

Pada tahun 1995, muncul situs GeoCities yang memberikan layanan penyewaan penyimpanan data website agar bisa diakses dimana saja. GeoCities merupakan tonggak awal berdirinya beragam website.

Tahun 1997 – 1999 lahir sosial media pertama yaitu Sixdegree.com dan Classmate.com. tidak hanya itu, di tahun ini ada juga situs untuk membuat blog pribadi yaitu Blogger. Situs ini menawarkan penggunanya untuk membuat situsnya sendiri. Sehingga Blogger dapat mengunggah hal apapun di situs tersebut.

Advertisement

Kemudian pada tahun 2022 muncul Friendster yang sangat booming pada saat itu. Satu tahun kemudian, muncul sosial media seperti LinkedIn, MySpace, Facebook, Twitter, Wiser, Google+, dan lain sebagainya. Sosial media tersebut memiliki karakter dan kelebihannya masing-masing.

Saat ini perkembangan sosial media semakin masif. Aktivitas menusia di sosial media juga semakin beragam, mulai dari untuk komunikasi, berjualan, dan aktivitas lainnya.

Manfaat Media Sosial

Jika digunakan dengan baik, media sosial dapat memberikan beberapa manfaat. Adapun manfaat dari media sosial seperti berikut:

1. Media untuk belajar

Beberapa situs media sosial bisa digunakan untuk belajar karena di beberapa tempat menyediakan informasi, data, dan materi pembelajaran. Di sisi lain, para pemilik sosial media juga bisa berbagai informasi kepada pihak lain.

2. Tempat dokumentasi

Media sosial sering menjadi tempat untuk menyimpan dokumentasi dalam bentuk foto, video, atau tulisan. Dengan mengunggah konten di sosial media, Anda memberikan kesempatan kepada pengguna sosial media lain untuk melihat dan memberikan tanggapan atas konten yang Anda unggah.

3. Media marketing

Manfaat media sosial lainnya yaitu sebagai media marketing. Saat ini kita sering melihat brand melakukan promosi hingga penjualan lewat sosial media. Tak hanya itu, media sosial juga bisa menjadi penghubung antara penjual dengan konsumennya.

Contoh Media Sosial

Seiring berkembangnya teknologi, jenis media sosial semakin beragam. Setiap sosial media memiliki fungsi yang berbeda. Ada yang digunakan untuk mengirim pesan, berbagi tulisan, hingga berbagi video. Adapun contoh media sosial yang sering digunakan sebagai berikut:

1. WhatsApp

WhatsApp adalah sosial media dirilis pada tahun 2009 dan masih eksis hingga saat ini. Bahkan pengguna WhatsApp saat ini sudah sangat banyak. Aplikasi ini berguna untuk mengirim pesan singkat, panggilan suara, video call, dan lain sebagainya.

Saat ini, WhatsApp memiliki platform khusus untuk bisnis yaitu WhatsApp Bisnis. Jenis WhastApp ini mempermudah penjual untuk menawarkan produk, mengunggah katalog produk, dan komunikasi dengan konsumen.

2. Facebook

Berbicara tentang media sosial rasanya kurang lengkap jika tidak mengulas Facebook. Platform media sosial ini sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Di platform ini Anda bisa mengunggah foto, video, tulisan, hingga mengirim pesan ke pengguna lain.

Tak hanya itu, Facebook juga dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis online. Anda dapat bisa memanfaatkan halaman Facebook bisnis untuk menggaet para konsumen lewat konten yang menarik.

3. Instagram

Masih satu group dengan WhatsApp dan Facebook, Instagram juga menjadi contoh media sosial yang juga banyak digunakan. Di awal kemunculannya, Instagram menjadi tempat berbagai foto. Namun saat ini, Instagram hadir dengan fitur untuk berbagai video pendek atau yang dikenal dengan fitur Reels.

Instagram sangat identik dengan anak muda atau kaum millenial. Sehingga jika Anda memiliki usaha yang menargetkan anak muda sebagai konsumennya, Instagram dapat menjadi platform yang tepat untuk memasarkan produk.

4. Twitter

Media sosial lain yang juga banyak digunakan yaitu Twitter. Platform ini biasanya digunakan untuk berbagi tulisan. Uniknya, Twitter merupakan sosial media ter-update, sehingga sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari informasi terkini.

5. LinkedIn

LinkedIn merupakan media sosial yang dibiasanya digunakan para profesional kerja. Di platform ini, pengguna dapat mencari relasi hingga pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya. Namun selain itu, Anda juga dapat menggunakan LinkedIn untuk promosi bisnis.

Pengguna Media Sosial di Indonesia

Pengguna internet di Indonesia semakin meningkat seiring dengan berkembangnya waktu. Berdasarkan data Internetworldstats menyebutkan bahwa, pengguna internet Indonesia mencapai 212,35 juta jiwa per Maret 2021. Angka tersebut membuat Indonesia berada di posisi ketiga pengguan internet terbanyak di Asia.

Sementara itu, berdasarkan hasil riset Wearesosial Hootsuite yang dirilis pada Januri 2019, menyebutkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total penduduk. Data tersebut mungkin sudah berubah seiring dengan berkembangnya media sosial di Indonesia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait