Apakah Benar Menghapus Email untuk Menyelamatkan Bumi? Ini Jawabannya

Di media sosial tengah ramai perbincangan seputar menghapus email untuk menyelamatkan bumi. Namun, apakah hal tersebut benar? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Image title
18 April 2022, 12:09
Apakah Benar Menghapus Email untuk Menyelamatkan Bumi? Ini Jawabannya
pixabay.com
Seseorang seseorang sedang menghapus email

Beberapa waktu lalu, di media sosial tengah ramai perbincangan tentang menghapus email untuk menyelamatkan bumi. Namun, apakah hal tersebut benar? Dan apa hubungan antara menghapus email dengan pemanasan global? Temukan jawabannya berikut ini.

Apakah Benar Menghapus Email Mengurangi Pemanasan Global?

Kemajuan teknologi mempermudah aktivitas manusia, termasuk dalam hal pekerjaan. Salah satu teknologi yang mempermudah pekerjaan manusia yaitu email atau surat elektronik. Adanya teknologi ini, membuat kita bisa mengirim pesan dan dokumen secara elektronik dengan cepat dan mudah.

Selain berguna untuk mempercepat proses pengiriman dokumen, email juga membuat kita lebih hemat. Pasalnya, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk mencetak dokumen tersebut. Namun, di balik kemudahan dan manfaat yang diberikannya, kini muncul himbauan menghapus email untuk menyelamatkan bumi. Apakah hal tersebut benar?

Mengutip dari penjelasan di dnktv.uinjkt.ac.id, disebutkan bahwa penggunaan email dapat mengancam dan memperburuk pemanasan global. Hal ini dikarenakan, mengirim email bisa menambah karbon dioksida (CO2) beracun.

Advertisement

Umumnya, email yang kita biarkan menumpuk akan ditersimpan di cloud atau komputasi awan. Penyimpanan ini membutuhkan energi listrik dalam jumlah yang signifikan. Energi tersebut sebagian besar masih dihasilkan bahan bakar fosil. Maka dari itu, dampak menumpuk email bisa mempengaruhi pemanasan global.

Jumlah Listrik yang Dipelukan Email

Selain bisa meningkatkan CO2, mengirim email ternyata bisa meningkatkan penggunaan listrik. Menurut penelitian McAfee, sekitar 78% dari seluruh email yang masuk merupakan spam.

Sekitar 62 triliun pesan spam yang dikirim setiap tahun menggunakan listrik sebesar 33 miliar kilowatt jam (KWh) dan menghasilkan sekitar 20 juta ton CO2 per tahun. Perlu diketahui juga bahwa setiap 1 GB data yang tersimpan di data center, penyedia layanan surat elektronik memerlukan listrik sekitar 32 kWh.

Apabila seluruh pengguna rutin menghapus 10 email per hari, maka bisa menghemat penyimpanan sekitat 1,7 juta GB atau setara dengan 55,2 juta kWh listrik yang ada di data center. Dengan demikian, penyedia data center dapat mengurangi konsumsi 19.356 ton karbon atau setara 39.035 ton emisi karbon.

Aktivitas Digital Lain yang Menyebabkan Pemanasan Global

Email bukanlah satu-satunya aktivitas digital, masih ada beberapa aktivitas digital yang dapat menyebabkan pemanasan digital. Mengutip dari dnktv.uinjkt.ac.id, kegiatan lain yang menyebabkan pemanasan global antara lain; streaming video, nonton televisi, bermain video gim, streaming musik, hingga berselancar di sosial media.

Kita mungkin tidak bisa lepas dari aktivitas digital, namun kita bisa menguranginya agar tidak memberikan dampak buruk bagi bumi. Alangkah baiknya, kita mulai mengurangi penggunaan listrik. Contoh mudahnya yaitu dengan mencabut charger ponsel setelah tidak digunakan.

Penghematan energi tidak hanya dilakukan oleh pengguna teknologi saja. Perusahaan teknologi juga banyak yang mulai memperhatikan penggunaan energi dalam kegiatan usahanya. Google misalnya, perusahaan teknologi ini telah mengatakan carbon neutral dengan mendanai proyek lingkungan untuk mengurangi dampak emisi karbon yang dihasilkan dari email atau YouTube.

Selain Google, perusahaan teknologi lainnya yang juga sedang mengupayakan pengurangan kerusakan lingkungan yaitu Microsoft. Perusahaan ini sedang berupaya untuk menjadi perusahaan carbon negative pada tahun 2030.

Cara Hapus Email

Dari penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa menyimpan email bukanlah satu-satunya aktivitas digital yang menyebabkan pemanasan global. Namun, jika ingin menghapus email untuk menyelamatkan bumi juga tidak ada salahnya.

Cara hapus email juga cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke akun email yang Anda miliki.
  2. Lalu pilih menu Kotak Masuk.
  3. Setelah itu, pilih ikon kotak yang di kiri atas dan pilih kategori pesan yang ingin dihapus.
  4. Kemudian, ceklis kategori pesan tersebut.
  5. Lalu, klik ikon Hapus.
  6. Selanjutnya, masuk ke menu Sampah.
  7. Ceklis ikon kotak di kiri atas, lalu pilih opsi Hapus Selamanya.
  8. Setelah itu, pesan Anda akan terhapus selamanya. Maka dari itu, sebelum Anda menghapus email, pastikan email tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait