Gelombang I Akan Ditutup, Ini Tips Sukses Daftar Kartu Prakerja

Sorta Tobing
16 April 2020, 14:44
Pendaftaran Gelombang Kartu Prakerja Ditutup, Tips diterima Kartu Prakerja, Cara Daftar Kartu Prakerja Agar diterima, Membuka Rekening BNI dari rumah, virus corona, pandemi corona, Covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/hp.
Warga mengisi formulir pendaftaran Kartu Pra Kerja secara daring di Kampung Pasir Babakan, Lebak, Banten, Selasa (14/4/2020).

Sebanyak empat juta orang sudah mendaftar program Kartu Prakerja melalui situs prakerja.go.id. Peserta yang lolos dapat mengikuti pelatihan dengan nilai program Rp 1 juta per orang.

“Pendaftaran program Kartu Prakerja akan dibuka setiap pekan, dari Senin sampai Kamis pukul 08.00 sampai 16.00 WIB,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Selasa (14/4).

Bantuan sosial ini ditujukan kepada angkatan kerja dan diperluas kepada pekerja atau pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi corona. Setiap peserta akan mendapat manfaat Kartu Prakerja sebesar Rp 3,5 juta per orang.

Denni mengatakan, cara pendaftaran hingga proses diterima dalam pelatihan ini adalah mendaftar secara online di laman resmi program ini. Masukkan data diri. Setelah melakukan verifikasi, peserta akan lanjut ke tes kemampuan dasar dan motivasi diri.

Tahap selanjutnya, peserta yang lolos akan diarahkan untuk masuk kanal digital yang menjadi mitra manajemen pelaksana Kartu Prakerja. “Kemudian pilih sendiri jenis pelatihan yang diinginkan,” ujarnya.

(Baca: Banyak Aplikasi Catut Nama Kartu Prakerja Bertebaran di Play Store)

Total ada 900 jenis pelatihan yang tersedia di delapan kanal digital itu. Para peserta bisa membandingkan paket pelatihan yang ditawarkan, termasuk harga dan kesesuaian minat.

Semua pelatihan akan dilakukan secara daring atau online karena pemerintah sedang menerapkan pembatasan gerak atau physical distancing di tengah pandemic Covid-19. Mengutip laman Kartu Prakerja, ada beragam jenis keterampilan yang tersedia. Ada keterampilan teknis hingga cara membangun usaha.

Jenis-jenis pelatihan tersebut antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, perawatan kecantikan, rias pengantin, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial, dan lain-lain.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...