Carrimycin, Obat Asal Tiongkok yang Disebut Mampu Sembuhkan Covid-19

Sorta Tobing
9 April 2020, 16:48
obat carrimycin, obat covid-19, obat virus corona, tiongkok, dahlan iskan, pandemi corona, virus korona
ANTARA FOTO/REUTERS/cnsph
Ilustrasi. Tiongkok mengembangkan obat Carrimycin untuk menyembuhkan pasien virus corona Covid-19.

Obat Carrimycin tengah menjadi sorotan. Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyebutnya sebagai obat bagi penderita Covid-19.

Dalam tulisan di situs pribadinya, disway.id, Dahlan mengatakan Carrimycin merupakan obat penemuan lanjutan tapi sudah digunakan di sembilan rumah sakit di Tiongkok. “Di sembilan rumah sakit itu pula uji klinis sudah dilakukan, sejak Februari lalu. Terhadap 500 lebih relawan. Yang berumur antara 18 sampai 70 tahun,” tulisnya pada Selasa (7/4).

Persetujuan Beijing terhadap obat ini berjalan cepat. Carrimycin telah masuk daftar 10 obat untuk menyembuhkan virus corona. Termasuk dalam daftar itu adalah Hydroxychloroquine.

Sebagai informasi, klorokuin dan hidroksi klorokuin merupakan obat untuk penyakit malaria dan memiliki sifat anti-virus. Pemerintah RI telah menyediakan tiga juta obat klorokuin untuk mengobati pasien positif virus corona.

Presiden Joko Widodo sempat mengatakan klorokuin telah banyak digunakan oleh sejumlah negara dan menunjukkan hasil yang positif pada pasien virus corona. "Di beberapa negara, klorokuisn digunakan, banyak pasien covid-19 sembuh dan membaik kondisinya," kata dia pada 23 Maret lalu.

(Baca: GP Farmasi Bisa Produksi 3 Juta Klorokuin/Bulan untuk Atasi Covid-19)

Kembali ke soal Carrimycin, mengutip dari situs PharmacyTimes.com, saat ini di Tiongkok sedang melakukan penelitian besar untuk membandingkan berbagai jenis obat Covid-19. Hidroksi klorokuin termasuk di dalamnya.

Namun, penelitian ini baru akan selesai hasilnya pada Februari 2021. Sambil menunggu hasil, pemerintah Beijing merekomendasikan klorokuin 500 miligram dua kali sehari hingga masa sepuluh hari untuk menyembuhkan pasien virus corona.

Apa Itu Carrimycin?

Obat ini dikembangkan untuk pengobatan infeksi saluran pernapasan atas. Melansir dari trialsitenews.com, otoritas obat-obatan di Tiongkok, National Medical Products Administration, memberikan persetujuan dan meluncurkan Carrimycin pada Juni 2019.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...