Fakta-fakta Bandara Kediri yang Akan Dibangun oleh Gudang Garam

Sorta Tobing
11 Maret 2020, 13:38
Bandara Kediri, Bandara Gudang Garam, Gudang Garam Bangun Bandara Kediri, Tujuan Gudang Garam Membangun Bandara, Biaya Bandara Kediri
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Pekerja beraktivitas di proyek jalan menuju lokasi Bandara Dhoho, Kediri, Jawa Timur, Kamis (5/3/2020). Gudang Garam akan membangun bandara ini dengan nilai investasi mencapai Rp 9 triliun.

Pembangunan Bandar Udara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, akan mulai berjalan pada 15 April 2020. PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Gudang Garam Tbk telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU untuk proyek bandara itu kemarin, Selasa (10/3).

Bandara Kediri dibangun dengan menggunakan konsep multi-airport. Kehadirannya dapat menjadi alternatif untuk mengurangi daya tampung Bandara Juanda, Surabaya yang sudah maksimal.

Melalui proyek tersebut, Gudang Garam berharap bisa meningkatkan kontribusinya bagi Jawa Timur. "Ini investasi jangka panjang secara nasional," ucap Direktur Gudang Garam Istata Taswin Siddharta di kawasan Menteng, Jakarta, Selasa (10/3).

Bandara ini telah masuk dalam proyek strategis nasional atau PSN. Harapannya, Bandara Dhoho dapat membuka area ke wilayah Tulung Agung, Blitar, Ponorogo, Trenggalek, Madium, dan Magetan.

(Baca: Bangun Bandara Kediri, Apakah Gudang Garam Untung?)

ndara Dhoho di Kediri ini rencananya akan dibangun di Desa Grogol, Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri.

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul "Bangun Bandara Kediri, Apakah Gudang Garam Untung?" , https://katadata.co.id/berita/2020/03/10/bangun-bandara-kediri-apakah-gudang-garam-untung
Penulis: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti

Meskipun rincian kerja sama itu belum final, berikut fakta-fakta sementara tentang Bandara Kediri:

1. Biaya pembangunan Bandara Kediri Rp 9 triliun

Itata mengatakan biaya pembangunannya turun Rp 1 triliun dari prediksi awal Rp 10 triliun. “Dengan berjalannya waktu, kami setuju, sekarang saya boleh mengecilkan range antara Rp 6 triliun sampai Rp 9 triliun,” katanya. Seluruh dana itu akan berasal dari internal Gudang Garam.

2. Daya tampung capai 1,5 juta penumpang

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...