Pekan Depan, Jokowi Akan Gelar Ratas RS Virus Corona Pulau Galang

Agatha Olivia Victoria
8 Maret 2020, 17:30
virus corona, virus korona, rumah sakit khusus virus corona, pulau galang, batam, kepulauan riau
Pesona Indonesia
Kampung Vietnam di Pulau Galang. Presiden Joko Widodo berencana membangun rumah sakit khusus pasien virus corona Covid-19 di Pulau Galang, Batam.

Renovasi rumah sakit khusus pasien virus corona Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, diperkirakan butuh waktu sebulan. Pemerintah akan melakukan rapat terbatas atau ratas guna membahas rencana itu pada Rabu nanti.

Selain menangani pasien positif virus corona, tempat layanan kesehatan ini akan dipakai untuk pencegahan virus tersebut. “Saya dengar Rabu besok, sekitar tiga hari lagi, akan di-ratas-kan terkait rumah sakit ini,” ucapnya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (8/3).

Advertisement

Pemerintah berencana membangun fasilitas dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. “Ada skema dan struktur yang diatur oleh WHO mengenai rumah sakit penanganan wabah seperti ini,” kata Ngabalin.

(Baca: Jokowi Targetkan Renovasi RS Corona Pulau Galang Rampung Sebulan )

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sebelumnya mengatakan proses renovasi fasilitas kesehatan di Pulau Galang mulai dilakukan apda Rabu lalu. Keberadaannya menjadi penting di tengah semakin mewabahnya virus corona Covid-19.

Pemilihan lokasinya berdasarkan akses transportasi yang mudah. “Kalau di Pulau Sebaru ada ombak besar itu susah (keluar-masuk),” ucap Basuki.

Pulau Galang merupakan tempat pengungsian para warga Vietnam pascaperang saudara 1979-1997. Pulau ini memiliki berbagai fasilitas, termasuk barang pengungsian, tempat ibadah, rumah sakit, dan sekolah yang dapat menampung sekitar 250 ribu orang. Rencananya, rumah sakit khusus pasien virus corona akan memakai gedung lama fasilitas kesehatan di sana.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement