Status Virus Corona Naik Jadi Oranye, KBRI Singapura Imbau WNI Waspada

Image title
Oleh Antara
8 Februari 2020, 11:38
virus corona, singapura naikkan status jadi oranye, kbri singapura
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi pencegahan virus corona. KBRI di Singapura mengimbau para WNI di negara itu agar tetap waspada seiring peningkatan status siaga virus corona ke level oranye.

Kasus virus corona terus bertambah di Singapura. Pemerintah setempat kemarin, Jumat (7/2), menaikkan status tanggap wabah penyakit atau disease outbreak response system condition (DORSCON)  dari kuning menjadi oranye. Artinya, penyakit ini dianggap parah dan dapat menginfeksi dengan mudah dari orang ke orang, namun belum tahap menyebar luas.  

Merespon hal itu, Kedutaan Besar RI (KBRI) di Singapura meminta seluruh warga Indonesia di sana untuk mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam kondisi status oranye. “KBRI mengimbau seluruh WNI untuk tetap waspada,” kata Kepala Fungsi Pensosbud KBRI Singapura, Ratna Lestari Harjana dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/2).

Informasi mengenai status dan kewaspadaannya dapat diakses melalui situs https://www.moh.gov.sg/. Ratna mengingatkan seluruh WNI untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi. Salah satu langkah mudah adalah mencuci tangan dengan teratur, menghindari mengusap atau menyentuh wajah bisa tangan belum bersih, dan memakai masker apabila batuk.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, KBRI juga menganjurkan para WNI untuk mengurangi aktivitas di luar rumah serta menghindar interaksi dengan keramaian publik. Apabila mengalami peningkatan suhu badan disertai kesulitan bernapas, segera ke dokter atau rumah sakit.

WNI yang mengalami masalah darurat di Singapura dapat menghubungi hotline KBRI di sana di nomor +6567377422 atau general inquiry Kementerian Kesehatan Singapura di nomor +6263259220. Dapat pula menghubungi Civil Defence Force Emergency Ambulance di telepon 995.

(Baca: Diserang Corona, Pasar Modal Tiongkok Rontok)

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...