Selain Virus Corona, 4 Penyakit Ini Pernah Ditetapkan Darurat oleh WHO

Sorta Tobing
31 Januari 2020, 14:35
gawat darurat virus corona, virus corona, who
ANTARA FOTO/REUTERS/cnsph
Seorang staf medis merawat seorang pasien dengan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona baru di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, di Wuhan, provinsi Hubei, China, Rabu (22/1/2020). Foto diambil tanggal 22 Januari 2020.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan wabah virus corona sebagai kondisi gawat darurat global kemarin, Kamis (30/1). Virus ini telah menewaskan 213 orang di Tiongkok dan menyebar ke 18 negara.

Kekhawatiran utama WHO adalah penyakit ini menyebar ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lemah. “Alasan utama keputusan itu bukan karena apa yang terjadi di Tiongkok tapi di negara lain,” kata Pimpinan WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip dari BBC.com.

Jadi, penetapan kondisi tersebut bertujuan untuk mencegah atau mengurangi penyebaran virus ke lintas negara. Hal ini juga memberikan WHO kemampuan untuk mempercepat respon pemerintah dan lembaga lainnya di dunia untuk secara global bergegas menangani wabah virus corona.

Virus corona pertama kali muncul di sebuah pasar ikan yang menjual satwa ilegal di Wuhan, China. Kota ini beserta beberapa kota sekitarnya sekarang dalam keadaan terisolir untuk mencegah penyebaran virus.

Sebanyak 98 kasus virus corona telah terjadi di 18 negara dan belum ada korban meninggal. Sebagian besar kasus-kasus itu terjadi pada orang yang baru saja mengunjungi China, khususnya Wuhan.

(Baca: Wabah Virus Corona, KBRI Beijing Imbau WNI Tinggalkan Tiongkok)

Langkah WHO ini bukan yang pertama kalinya. Ada empat penyakit lainnya yang sempat mendapatkan status gawat darurat global dalam satu dekade terakhir. Berikut beberapa daftarnya:

1. Flu Babi

Wabah virus H1N1 terjadi pada 2009-2010. Sebuah studi menunjukkan korban tewas akibat flu babi mencapai 151.700 sampai 575.400 orang. Melansir dari CNN.com, penyakit pernapasan ini disebabkan virus influenza tipe A pada babi.

Penularannya berasal dari kontak dekat hewan itu atau benda yang terkontaminasi virus ke manusia. Amerika Serikat sempat mengalami wabah flu babi dengan jumlah korban mencapai 50 juta jiwa dan menewaskan lebih 10 ribu orang

2. Polio

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...