Konflik Iran vs AS, Ini 10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia

Sorta Tobing
16 Januari 2020, 15:50
iran vs as, konflik iran vs amerika, negara dengan militer terkuat di dunia
ANTARA FOTO/REUTERS/John Davi
Tentara Amerika Serikat terlihat di lokasi dimana misil Iran mengenai pangkalan udara Ain al-Asad di provinsi Anbar, Irak, Senin (13/1).

Akeem Ferguson berada di dalam bunker bersama anggota timnya ketika mendengar laporan ada enam rudal milik Iran bergerak ke arahnya. Rudal itu bergerak cepat ke arah pangkalan militer Amerika Serikat di Irak.

Ketika suara ledakan terjadi, Ferguson hanya bisa menunduk dan bernyanyi sambil memikirkan anak perempuannya. “Saya 100% siap untuk mati,” kata sersan tentara AS itu kepada CNN.com, Selasa (14/1).

Advertisement

Peristiwa pada 8 Januari 2019 tersebut membuat lusinan tentara AS mengalami gegar otak. Total ada 15 rudal yang ditembakkan Teheran. Sebanyak 10 rudal merusak pangkalan udara Ayn Al Asad, 1 rudal mengenai pangkalan Erbil, dan empat rudal meleset dari target.

Iran menyebut gempuran itu bernama Operasi Martir Soleimani. Tujuannya memang membalas kematian Jenderal Qasem Soleimani yang tewas akibat serangan pesawat nirawak atau drone tentara AS.

(Baca: Pesawat Tertembak, Ukraina Tuntut Investigasi & Kompensasi dari Iran)

Di balik serangan Iran ternyata ada Rusia yang turut membantu. Rudal-rudal yang diluncurkan Pasukan Garda Revolusi diduga, melansir dari Liputan6.com, memakai teknologi satelit Rusia.

AS pun tak sendirian dalam hal ini. Intelijen Israel membantu memberikan informasi dalam aksi pembunuhan Jenderal Soleimani.

Banyak pula negara lain yang berkepentingan dalam konflik Iran vs AS. Tiongkok diduga membantu Iran karena kedekatan kedua negara tersebut. Pasalnya, Teheran, Beijing, dan Moskow sempat melakukan pelatihan militer bersama pada akhir Desember lalu.

New York Times menyebut AS saat ini memiliki aliansi yang kuat dengan Arab Saudi, Israel, Mesir, dan Uni Emirat Arab. “Mereka tidak ingin memusuhi Iran karena situasi saat ini sangat sulit, begitu terpecah, dan sensitif," kata Khalid Al Dakhil, seorang sosiolog politik di Arab Saudi. 

(Baca: Konflik AS-Iran Mereda, Harga Minyak Kembali Merosot ke US$ 64,9/Barel)

Secara peringkat versi Global Fire Power, AS saat ini berada di posisi puncak negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia. Di posisi berikutnya adalah Rusia. Sementara Iran berada di posisi 14.

Indonesia berada di nomor 16, satu angka lebih tinggi ketimbang Israel. Melansir dari Business Insider, berikut daftar 10 besarnya:

1. Amerika Serikat

Total populasi negara ini 329,26 juta jiwa. AS memiliki 2,14 juta personel militer, 2.362 pesawat tempur (peringkat satu dunia), 6.287 tank tempur (peringkat 3 dunia), 415 aset angkatan laut, 24 kapal induk, dan anggaran pertahanan US$ 716 miliar (sekitar Rp 9.784 triliun).

2. Rusia

Total populasinya 142,12 juta jiwa. Rusia memiliki 3,59 juta personel militer, 869 pesawat tempur (peringkat 3 dunia), 21.932 tank tempur (peringkat satu dunia), 352 aset angkatan laut, 1 kapal induk, dan anggaran pertahan US$ 44 miliar.

3. Tiongkok

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement