11 Januari 2020, Gerhana Bulan Penumbra Akan Muncul di Indonesia

Sorta Tobing
9 Januari 2020, 15:07
apa itu gerhana bulan penumbra, pengertian gerhana bulan, gerhana bulan penumbra 2020, lapan, banjir jakarta, air rob, pasang air laut
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Ilustrasi. Gerhana bulan penumbra akan muncul di wilayah Indonesia pada Sabtu (11/1) dini hari.

Gerhana bulan penumbra akan muncul di wilayah Indonesia pada Sabtu (11/1) dini hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG dalam keterangan tertulisnya kemarin mengatakan akan ada tiga fase pada saat kejadian tersebut.

Yang pertama adalah ketika gerhana mulai terjadi, tepatnya pukul 00.05 WIB. Kemudian puncaknya alias bulan tertutup sepenuhnya pada pukul 02.10 WIB. Gerhana lalu berakhir pukul 04.14 WIB. Jadi, total durasinya sekitar 4 jam 9 menit.

Advertisement

Gerhana bulan merupakan peristiwa terhalanginya cahaya matahari oleh bumi. Akibat tertutupnya cahaya surya, bulan akan tampak gelap. “Perisitwa ini hanya terjadi pada saat fase purnama,” tulis BMKG, Rabu (8/1).

Sedangkan gerhana bulan penumbra merupakan peristiwa ketika bulan masuk ke wilayah penumbra bumi. Penumbra adalah bayangan kabur ketika terjadi gerhana.

(Baca: Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Mengamati Gerhana Matahari Hari ini)

Seluruh proses eklips itu dapat diamati di seluruh Indonesia. Beberapa bagian benua juga bisa mengamatinya, seperti Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian timur, sebagian kecil Australia bagian barat, dan Samudera Hindia.

BMKG mengatakan fenomena gerhana penumbra kali ini berasosiasi dengan gerhana sebelumnya pada 30 Desember 2001. “Ini merupakan anggota ke-16 dari 71 anggota pada seri Saros 144 (siklus gerhana),” kata BMKG. Gerhana bulan yang berhubungan dengan seri itu akan terjadi lagi pada 21 Januari 2038.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement