Jokowi Harap Infrastruktur Pendukung di 5 Bali Baru Rampung pada 2020

Sorta Tobing
1 Desember 2019, 13:34
lima bali baru, jokowi, destinasi wisata prioritas
Presiden Jokowi berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebelum memimpin rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Kamis (21/11/2019). Ratas tersebut membahas pengembangan lima destinasi prioritas pariwisata "Bali Baru" untuk meningkatkan devisa dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan sejumlah infrastruktur pendukung di lima destinasi wisata “Bali Baru” rampung di 2020. Kelima destinasi itu adalah Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Borobudur (Jawa Tengah), Danau Toba (Sumatera Utara), dan Manado (Sulawesi Utara).

“Saya berharap nanti di akhir 2020 semua infrastruktur – calendar of event, produk ekonomi kreatif, dan cenderamata – yang akan mendukung destinasi wisata baru ini akan selesai,” cuit Jokowi dalam akun Twitternya @Jokowi, Minggu (1/12).

Kalau target itu tercapai, maka langkah selanjutnya adalah melakukan promosi besar-besaran. “Wiasatawan yang datang akan berpromosi sendiri,” katanya.

Segmen untuk kelima spot wisata itu ada yang super premium dan medium. Dalam dua tahun ini pemerintah akan ngebut untuk menyesaikan pembangunannya.

Pemerintah menetapkan lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sebagai Bali Baru. Pembangunannya direncanakan akan terpadu, baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk.

(Baca: Wamen Pariwisata Angela Tanoesoedibjo Fokus Dorong Destinasi Prioritas)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...