Gempa Jailolo yang Terasa hingga Gorontalo

Sorta Tobing
15 November 2019, 18:12
gempa jailolo, gempa manado, gempa bumi hari ini, bmkg
ANTARA FOTO/Farid Rischy
Tamu hotel berkumpul diluar hotel usai gempa bumi di kawasan Megamas, Manado, Jumat (15/11/2019). Gempa bermagnitudo 7.4 terjadi di perairan laut Maluku Utara dirasakan hingga di wilayah Jailolo, Halmahera, Ternate, Sulawesi Utara hingga Gorontalo.

Dini hari tadi, Jumat (15/11), gempa bumi bermagnitudo 7,4 mengguncang Jailolo, Maluku Utara. Guncangan gempa itu terjadi pukul 00.17 WITA. Pusatnya, mengutip situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, berada di kedalaman 10 kilometer di bawah laut. Warga Bitung dan Manado (Sulawesi Utara), Gorontalo, dan Buol (Sulawesi Tengah) merasakan pula getarannya.

BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami, sebelum mencabutnya pada pukul 02.45 WITA. Tiga titik yang mengalami penambahan ketinggian muka air laut terjadi di Ternate, Jailolo, dan Bitung. Penambahan tertinggi terjadi di Bitung yang mencapai 10 sentimeter.

Advertisement

Lindu susulan bermagnitudo 5,9 terjadi tak lama ketika peringatan itu usai. Total sudah terjadi 18 gempa di susulan hingga pukul 10.12 WIB. Delapan gempa berada di Jailolo, enam gempa di Halmahera, dan empat di Bitung.

Korban luka akibat gempa hari ini mencapai dua orang. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo mengatakan kedua korban berasal dari Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate.

Banyak pula bangunan yang rusak akibat gempa itu. “Rumah dan tempat ibadah mengalami kerusakan ringan,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com.

(Baca: Pemerintah Bakal Bentuk Badan Khusus untuk Kelola Dana Bencana)

Data BNPB pada 2016 menunjukkan sebanyak 72.539 jiwa warga Halmahera Barat berisiko tinggi terhadap gempa bumi. Potensi kerugian ekonomi dan fisiknya masing-masing mencapai Rp 18,10 miliar dan Rp 1,23 triliun. Hal ini membuktikan

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement