Situs BKN Kerap Down, Ini Cara dan Tips Pendaftaran Online CPNS 2019

Seperti tahun lalu, proses pendaftaran CPNS 2019 dilakukan melalui situs https://sscasn.bkn.go.id. Para pelamar sebaiknya mendaftar di jam tidak sibuk.
Image title
Oleh Sorta Tobing
11 November 2019, 17:19
pendaftaran cpns 2019, https://sscasn.bkn.go.id, daftar cpns 2019, cara daftar cpns online 2019
Kominfo
Ilustrasi proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Pemerintah tahun ini membuka 152.250 formasi CPNS yang terbagi untuk 67 kementerian atau lembaga dan 461 pemerintah daerah.

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah dibuka pada hari ini, Senin (11/11). Sama seperti tahun lalu, proses pendaftaran dilakukan melalui situs https://sscasn.bkn.go.id.

Berdasarkan data Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, pemerintah membuka 152.250 formasi CPNS yang terbagi untuk 67 kementerian atau lembaga dan 461 pemerintah daerah. Pendaftaran dibuka mulai hari ini sampai 24 November 2019.

Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut antusiasme masyarakat terhadap pendaftaran CPNS 2019 cukup tinggi. Tercatat, sejak Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SCASN) resmi dibuka pagi tadi, sebanyak 20 ribu calon pelamar telah mengakses laman tersebut.

"Sedikitnya 20 ribu calon pelamar telah mengakses laman tersebut hingga pukul 11.00 WIB," kata Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Paryono di Jakarta.

Ia menyatakan pihaknya terus bersiaga mengantisipasi potensi gangguan pada sistem laman sscasn.bkn.go.id menyusul tingginya antusiasme masyarakat yang mengakses informasi di portal terebut.

"Telkom dan BKN bersiaga untuk mengantisipasi jaringan ini jangan sampai down. Kalau dilihat dari lalu lintas pengakses yang masuk pada pagi hari ini, memang antusiasme cukup besar," ucapnya.

(Baca: Pendaftaran CPNS Dibuka Besok, 8 Kementerian Tawarkan Ribuan Lowongan)

Seperti dikutip dari Antara, alur pendaftarannya sebagai berikut:

  1. Pelamar mengakses portal SSCASN di http://sscasn.bkn.go.id mulai 11 November 2019.
  2. Pelamar membuat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.
  3. Pelamar melakukan log-in menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Pelamar mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun.
  5. Pelamar melengkapi biodata.
  6. Pelamar memilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan.
  7. Pelamar melengkapi data.
  8. Pelamar mengunggah sejumlah dokumen yang diminta. Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN, di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.
  9. Cek Resume, Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2019.
  10. Verifikasi pendaftaran dan seleksi oleh panitia.
  11. Pengumuman kelulusan.

(Baca: 7 Tahapan Seleksi CPNS dan Apa Saja yang Harus Disiapkan)

Pemerintah membuka dua jenis formasi pada tahun ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi.

Tips Siasati Situs sscn.bkn.go.id yang Sedang Down

Pakar keamanan teknologi informatika Pratama Persadha mengatakan ada banyak penyebab mengapa situs tidak bisa diakses. Salah satunya, yaitu banyaknya traffic yang masuk ke situs itu atau kerap disebut viral effect.

"Untuk itu selain kapasitas server yang cukup dan sistem yang baik, juga diperlukan kesiapan tim yang senantiasa standby untuk memastikan sistem dapat berjalan secara lancar," ucap Pratama.

Para pelamar bisa mengakali kondisi ini dengan mengakses situs sscn.bkn.go.id pada waktu-waktu yang tidak populer, misalnya di tengah malam. "Tahun lalu tips ini berhasil mengurangi lonjakan traffic di jam kerja,” katanya.

Selain itu, pjuga disarankan untuk menyiapkan file dalam ukuran yang tidak terlampau besar. Pihak BKN sudah melakukan setting agar proses upload tidak berat dan menjadi salah satu penyebab website down.

(Baca: Ombudsman Terima 2.000 Aduan dari Seleksi CPNS 2018)

Reporter: Antara
Editor: Sorta Tobing

Video Pilihan

Artikel Terkait