Bukan Garbi, Fahri Bentuk Gelora untuk Jadi Partai Politik

Sorta Tobing
8 November 2019, 14:50
partai gelora, garbi jadi gelora, partai politik, fahri hamzah bentuk partai politik
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Fahri Hamzah (kanan) akan mendaftarkan Gelombang Rakyat atau Gelora menjadi partai politik pada akhir tahun ini.

Rencana Fahri Hamzah membentuk partai politik pada akhir tahun ini akhirnya terlaksana. Partai baru besutan mantan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu bernama Partai Gelombang Rakyat (Gelora).

Deklarasi partai akan diadakan pada 10 November nanti. Anis Matta, yang juga pernah menjadi Presiden PKS, akan menjabat ketua umum. Sementara, Fahri bertindak sebagai wakilnya.

Advertisement

Banyak yang mengira Gelora merupakan transformasi organisasi masyarakat Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi). Organisasi ini didirikan oleh Anis pada awal 2019. Banyak kader PKS loyalis Anis dan Fahri bergabung dalam Garbi.

Namun, deklarator Partai Gelora Hammy Wahjunianto membantah hal tersebut. "Garbi berjuang sebagai ormas. Sementara, partai ini melalui politik," katanya pada Selasa lalu (5/11).

Pada 4 November kemarin, Fahri dan sejumlah penggagas partai baru ini telah mendatangi notaris untuk mengurus akta pendirian perkumpulan. Tujunnya, agar mendapatkan status badan hukum partai dari Kementerian Hukum dan HAM.

Penggagas partai ini adalah mantan pimpinan PKS, yaitu Anis Matta, Fahri Hamzah, Mahfudz Siddiq, Rofi Munawar, dan Achmad Rilyadi. Fahri menargetkan partai ini dapat mengikuti Pilkada 2020.

(Baca: Fahri Hamzah Sebut Jokowi Setuju Revisi UU KPK)

Bukan hanya pilkada, namun juga mereka berharap bisa menjadi peserta Pemilu 2024. Untuk itu, pada 2022 Partai Gelora harus sudah terdaftar di KPU.

Kader partai ini didominasi oleh mantan anggota PKS seperti Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, mantan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta,Triwisaksana, dan mantan Ketua Deputi Pendidikan DPW PKS Jatim yang kini menjadi Ketua Garbi Jatim Ahmad Hasan Bashori. Ada pula Ahmad Subhan yang kini menjadi Ketua Garbi Kota Surabaya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement